GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI RABU TANGGAL 22 JANUARI 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
Hari ini kalian belajar tentang interval nada yang mana kemarin kita telah membahas materi tentang interval nada, Sekarang kalian akan mempraktekkan sebuah lagun daerah yang berjudul Ayam Den Lapeh dnegan menggunakan interval nada yang tepat. Semoga para ananda dpata menyanyikannya dengan baik.
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap yang pantas ditiru dan sikap yang tidak pantas ditiru dari suatu cerita dengan benar.
- Melalui kegiatan mengamati, peserta didik dapat menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila dengan benar.
- Melalui penugasan, peserta didik dapat menuliskan contoh-contoh penerapan nilai-nilai keadilan dengan benar.
- Melalui kegiatan menyanyi, siswa mampu mengidentifikasi interval nada dengan benar.
TEMA 7 : KEPEMIMPINAN
SUBTEMA 3 : AYO, MEMIMPIN
PEMBELAJARAN : 5 DAN 6
MUATAN PPKN (KD. 3.1 DAN 4.1)
Nilai-nilai yang Terkandung dalam Sila kelima Pancasila dengan Benar.
- Menghargai hasil karya teman.
- Memberikan bantuan jika ada teman bermain yang kesusahan.
- Tidak berperilaku buruk kepada teman-teman di sekolah.
- Menghormati hak asasi orang lain beserta kewajibannya.
- Menjunjung tinggi semangat kekeluargaan dan gotong-royong.
Butir-Butir Pengamalan Pancasila Sila ke-5
Sila ke-5 Pancasila yakni Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia memiliki butir-butir pengamalan yang diatur dalam Ketetapan MPR No.II/MPR/1978 dan sudah diperbaharui setelah Reformasi dengan Ketetapan MPR No. I/MPR/2003.
- Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong-royongan.
- Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
- Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
- Menghormati hak orang lain.
- Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.
- Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain.
- Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.
- Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum.
- Suka bekerja keras.
- Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.
- Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.
MUATAN IPA (KD. 3.2 DAN 4.2)
KEGIATAN POSITIF PADA MASA PUBERTAS
Kegiatan positif yang dapat dilakukan untuk mengisi masa pubertas! Berikut di antaranya.
1. Mengikuti Ekstrakurikuler
Ekstrakurikuler merupakan kegiatan di sekolah di luar jam pelajaran. Kegiatan ini bisa dipilih agar para remaja bisa melakukan hal-hal positif. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler juga bisa mengembangkan bakat dan minat.
2. Membaca Buku
Membaca buku adalah salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan. Terlebih lagi buku bisa menambah wawasan remaja. Buku yang dibaca pun bisa beragam selama tidak berisi hal negatif dan sesuai dengan umur.
3. Belajar
Ada banyak hal yang bisa dipelajari di dunia ini. Jadi setelah selesai belajar materi sekolah, para remaja bisa mempelajari hal lain seperti keahlian baru. Proses belajar inipun bisa dilakukan bersama teman atau keluarga.
4. Mengikuti Kegiatan Sosial
Ada banyak orang yang kurang beruntung dan memerlukan bantuan. Oleh sebab itu, para remaja bisa mengikuti kegiatan sosial untuk membantu orang-orang tersebut di masa pubertas.
MUATAN SBDP (KD 3.2 DAN 4.2)INTERVAL NADA
Berikut contoh lagu daerah yang berjudul Ayam Den Lapeh, disimak dengan baik ya nak:
*MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- BUPENA
- LCD
- Video pembeajaran
* METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, demonstrasi
REFLEKSI/KESIMPULAN:
Kegiatan pembelajaran hari ini tidak berjalan dengan kondusif karena para siswa kelas 6 menghadiri acara atau kegiatan one day with SPALGA. Jdi untuk materi hari ini akan dibahas kembali besok hari tapi sebelumnya anak-anak sudah diberitahu untuk mempelajari materi hari ini dengan berupa hafalan materi untuk hari ini.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini::
0 Comments:
Posting Komentar