Minggu, 01 September 2024

TEMA 2 SUBTEMA 3 PB 4 DAN 5

By elfida fida - September 01, 2024

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI SENIN TANGGAL 02 SEPTEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

TEMA 2        : PERSATUAN DALAM PERBEDAAN

SUBTEMA 3    : BERSATU KITA TEGUH

PEMBELAJARAN  : 4 DAN 5

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.4 DAN 4.4)

MELENGKAPI PETA PIKIRAN MENGGUNAKAN KALIMAT EFEKTIF DAN KATA BAKU

Kalimat efektif adalah kalimat yang ditulis dengan memperhatikan kaidah bahasa Indonesia. Kalimat efektif dapat ditulis dengan berpedoman pada PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Dalam menulis kalimat efektif , kita harus menggunakan kata baku. Kata baku dapat ditemukan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

MUATAN PPKN (KD 3.4 DAN 4.4)

PENTINGNYA PERSATUAN DAN KESATUAN DEMI KESEJAHTERAAN RAKYAT

 

“Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh” adalah peribahasa yang mengingatkan kita betapa pentingnya persatuan dan kesatuan demi kemajuan bangsa Indonesia. Untuk mencapai persatuan dan kesatuan, kita perlu memiliki sikap peduli, rela berkorban, mendahulukan kepentingan bersama, dan toleransi. Persatuan dan kesatuan perlu dipupuk dalam berbagai tingkat kehidupan, baik dirumah, sekolah, masyarakat, maupun dalm kehidupan berbangsa dan bernegara.

Persatuan dan kesatuan menjadi alat utama dalam melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan. Kini, kita juga perlu menerapkan nilai persatuan dan kesatuan untuk mempertahankan kemerdekaan dan melaksanakan pembangunan. Pembangunan bangsa yang stabil dan berkesinambungan akan menjamin kesejahteraan rakvat di segala bidang.

Beberapa contoh penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan demi mencapai kesejahteraan rakyat, yaitu sebagai berikut.

 

1. Mencintai dan mengqunakan produk Indonesia

Menggunakan produk dalam negeri berarti kita memberikan kesempatan kepada pengusaha Indonesia untuk maju. Perusahaan dalam negeri pun akan semakin berkembang dan dapat mempekerjakan pegawai dalam negeri pula. Dengan demikian pengangguran akan berkurang dan kesejahteraan rakyat akan meningkat.

2. Rajin belajar untuk membangun bangsa

Sebagai pelajar, kita dapat turut membantu pembangunan dengan cara giat belajar. Pengetahuan sangat penting untuk membuka wawasan. Kita dapat saling bertukar pengetahuan dan wawasan, meskipun berbeda suku bangsa, budaya, atau agama. Pengetahuan yang kita peroleh dapat digunakan untuk pembangunan bangsa.

3. Mempererat kerja sama

Kerja sama diperlukan dalam segala bidang kehidupan, misalnya sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, dan politik. Sebagai contoh, dalam bidang ekonomi antara dua daerah yang memiliki sumber daya alam berbeda dapat saling melengkapi dan menyempurnakan.


MUATAN IPS (KD 3.4 DAN 4.4)

UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PADA MASA AWAL KEMERDEKAAN

Pada masa awal kemerdekaan, perekonomian Indonesia mengalami keterpurukan. Untuk mengatasi masalah perekonomian, pemerintah menerapkan beberapa kebijakan sebagai berikut.

1.       Kebijakan Oeang Republik Indonesia (ORI)

Oeang Republik Indonesia adalah pemberlakuan mata uang Republik Indonesia sebagai alat tukar resmi. Pada 1 Oktober 1946, pemerintah mengeluarkan larangan menggunakan mata uang NICA dan digantikan dengan penggunaan ORI sebagai alat pembayaran yang resmi di Indonesia. Pada 25 Oktober 1946, diberlakukan kebijakan yang mengatur pertukaran uang rupiah Jepang.

2.       Konferensi Ekonomi

Pada tahun 1946, Menteri Kemakmuran, Dermawan Mangunkusumo, mengundang para kepala daerah di Pulau Jawa untuk mengadakan Konferensi Ekonomi. Koferensi ini bertujuan memperoleh kesepakatan dalam mengatasi permasalahan ekonomiyang mendesak. Pada 6 Mei 1946 diadakan Konferensi Ekonomi II yang membahas permasalahan program ekonomi pemerintah, keuangan negara, ketenagakerjaan, kegiatan distribusi, dan pengendalian harga barang.

3.       Pinjaman Nasional

Menteri Keuangan saat itu, Surachman. mengusulkan program pinjaman nasional yang diwujudkan dengan pendirian Bank Tabungan Pos. Tugas Bank Tabugan Pos adalah menyalurkan pinjaman nasional untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Pemerintah juga memberikan pinjaman berjangka melalui rumah gadai. Program ini bertujuan untuk menqumpulkan dana bagi kepentingan perjuangan dan meningkatkan kepercayaan rakvat kepada pemerintah Indonesia.

4.       Badan Perancang Ekonomi (Planning Board)

Pada tahun 1947, Menteri Kemakmuran, A.K. Gani mengusulkan pembentukan Badan Perancang Ekonomi. Badan ini bertugas menyusun rencana pembangunan ekonomi berjangka waktu 2-3 tahun yang kemudian disepakati sebagai Rencana Pembangunan Sepuluh Tahun. Program rencana ini meliputi menasionalkan bangunan umum, perkebunan, dan industri menjadi milik negara serta penyitaan perusahaan milik Jepang sebagai ganti rugi terhadap Indonesia.

5.       Rencana Kasimo

Menteri Urusan Bahan Makanan IJ. Kasimo menyusun sebuah program yang disebut Rencana Kasimo. Program ini merupakan rencana produksi berjangka waktu 3 tahun mengenai usaha swasembada pangan. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan meningkatkan produksi pangan.

 

MUATAN SBdP (KD.3.3 DAN 4.3)

Kamu sudah mengetahui beberana gerakan dan pola lantai pada tari Merak yang dilakukan secara berkelompok. Gerakan tari dalam kelompok harus dilakukan dengan kompak dan memiliki komposisi formasi tarian yang baik. Agar tarian dapat ditampiikan dengan baik, berlatihlah secara rutin dan menaqunakan properti tari yang sesuai.

 

Pada tari Merak, salah satu properti vang diqunakan adalah selendang yang ujungnya dikaitkan ke salah satu jari. 



Berikut beberapa contoh gerakan dalam tari Merak.


MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN

- BUPENA
- LCD
- VIDEO TARI MERAK

REFLEKSI PEMBELAJARAN HARI INI ;

      Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, mengulang materi pembelajaran Tema 2 subtema 3 pembelajaran 4 dan 5 . Setelah materi dijelaskan alhamdulillah para siswa hampir semua memahami materi yang disampaikan, dilihat dari hasil postest para peserta didik.


     Berikut dokumentasi pembelajaran harii ini:









0 Comments:

Posting Komentar

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 20 SEPTEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamuala...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea