Pages

Jumat, 29 September 2023

TEMa 3 SUBTEMA 3 PB 3 DAN 4

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 29 SEPTEMBER 2023



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
Muatan Pembelajaran
I P A KD 3.4
PKn  KD 3.2 

TUJUAN PEMBELAJARAN  

1. Melalui gambar rangkaian listrik, peserta didik mampu membedakan rangkaian terbuka dan tertutup dengan tepat.

2. Peserta didik mampu menceritakan  aliran listrik yang terjadi dalam rangkaian terbuka dan tertutup dengan tept.

3. Setelah membaca teks, peserta didik mampu mengidentifikasi sikap yang muncul dengan benar.

4. Peserta didik mampu menentukan tindakan yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebagai warga negara ketika dijalan raya dengan benar.

 

RANGKAIAN LISTRIK

Rangkaian listrik adalah susunan alat-alat listrik yang dihubungkan dengan sumber listrik ,sehingga menghasilkan arus listrik. Arus listrik adalah aliran muatan . Arus listrik adalah aliran muatan listrik dari kutub positif (tegangan tinggi)ke kutub negative (tegangan rendah). Berdasarkan mengalir tidakya arus rangkaian listrik dibagi menjadi  dua macam yaitu : rangkaian terbuka dan tertutup.

Rangkaian terbuka disebut juga rangkaian terputus sehingga arus listriknya tidak dapat mengalir, sedangkan rangkaian  tertutup yaitu rangkain tidak terputus sehingga arus listrik dapat mengalir. Berdasarkan pemasangannya, rangkaian listrik dibedakan menjadi tiga macam. Ayo coba kalian buka buku nya halaman 130 !(yang ada gambar seperti ini ya)

Rangkaian Campuran


Setelah kamu membaca dan mengamati  rangkaian listrik tertutup  tersebut ,rangkaian apa saja yang kamu temukan ? ( Kalian isikan di kolom kementar blog ibu ya)

Selain di rumah-rumah dan perkantoran, rangkaian paralel  dapat kita jumpai pada lampu lalu lintas. Lampu lalu lintas terdiri atas tiga buah lampu yang dipasang secara paralel. Lampu lalu lintas lalu lintas telah diatur agar menyala pada waktu yang telah ditentukan . Oleh karena itu, kita dapat melihat lampu merah. Kuning dan hijau  menyala secara bergantian sesuai dengan fungsinya.

Berbicara tentang lampu lalu lintas, siapa ya penemunya dan apa manfaatnya.?                                     Ayo kita amati dibawah ini! 

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui bahwa lampu lalu lintas ditemukan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Selain lampu lalu lintas masih banyak lagi rambu-rambu lainya yang mempunyai tujuan masing-masing. Setiap warga Negara ‘mempunyai kewajiban untuk mematuhi rambu-rambu  lalu lintas tersebut agar hak orang lain untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan terjamin.

LATIHAN SOAL :

1.     1.   Sebagai penggguna jalan raya kita harus mengetahui hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak    boleh dilakukan ketika berada dijalan raya, agar kita merasa nyaman ketika menggunakan jalan. Coba kamu sebutkan tiga kewajiban yang harus dilakukan  pengguna jalan ketika berada di jalan raya !

2.      2. Apa pendapatmu tentang kegiatan berikut!Apakan anak-anak tersebut sudah melaksanakan kewajiban dengan baik, berikan alasanmu!


Kesimpulan kegiatan belajar mengajar hari ini alhamdulillah para siswa sudah banyak memahami materi tentang sikap yang benar bila berada di jalan raya sehingga penggunaan jalan raya menjadi tertib, dan para siswa sudah dapat  menentukan tindakan yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebagai warga negara ketika dijalan raya dengan benar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...