Senin, 11 September 2023

PENILAIAN HARIAN TEMA 2 SUBTEMA 3

By elfida fida - September 11, 2023

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI SENIN TANGGAL 11 SEPTEMBER  2023



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

Materi Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1

Pada pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 3 ini terdiri dari 3 muatan pelajaran, antara lain: Bahasa Indonesia, IPA dan IPS. Untuk tujuan pembelajaran pertama ini antara lain:

a. Siswa dapat menemukan ide pokok dengan bantuan diagram.

b. Siswa Siswa mampu menuliskan kesimpulan dengan terperinci. 

c. Dapat menyebutkan cara melestarikan hewan.

d. Siswa mampu menyebutkan kehidupan politik dua negara terkait kondisi geografis dengan benar.

 

Muatan Bahasa Indonesia

Menemukan informasi penting dari Teks yang berjudul BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi menggunakan aspek apa, mengapa, siapa, bagaimana, kapan dan di mana.

Apa 

Apa yang dilakukan BM Diah ketika melihat naskah asli proklamasi dibuang ke tempat sampah?

Jawaban: BM Diah mengambil teks proklamasi dari tong sampah dan menyimpannya.

Mengapa

Mengapa BM Diah mengambil teks asli proklamasi lalu menyimpannya?

Jawaban: Karena BM Diah menilai bahwa teks proklamasi mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Siapa 

Siapa yang mengetik teks proklamasi setelah ditulis tangan oleh Ir. Soekarno?

Jawaban: Sayuti Melik yang mengetik naskah proklamasi agar terlihat rapi.

Bagaimana

Bagaiaman keputusan BM Diah untuk menyimpan naskah asli proklamasi?

Jawaban: keputusan BM Diah untuk menyimpan naskah asli proklamasi sangatlah tepat karena seluruh bangsa Indonesia bisa menikmati naskah asli proklamasi sampai sekarang.

Kapan

Kapan BM Diah menyerahkan naskah asli proklamasi kemerdekaan RI kepada pemerintah?

Jawaban: pada Selasa pagi tanggal 19 Mei 1992 BM Diah menyerahkan Naskah asli proklamasi kepada pemerintah Indonesia.

Di mana

Di mana naskah asli proklamasi sekarang disimpan?

Jawaban: naskah asli proklamasi sekarang disimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia.

Kata baku adalah kata yang digunakan sesuai aturan atau kaidah berbahasa Indonesia yang sudah ditentukan sebelumnya. Biasanya sudah sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan atau EYD. Sedangkan ciri ciri kata baku antara lain:

1. Tidak dipengaruhi bahasa daerah tertentu.

2. Tidak dipengaruhi bahasa asing.

3. Bukan termasuk dalam bahasa percakapan.

4. Pemakaian imbuhan pada kata bersifat eksplisit.

5. Pemakaian kata sesuai dengan konteks kalimat.

6. Kata baku bukan merupakan kata yang rancu

Dan berikut ini beberapa kata tidak baku dan kata baku nya.

aktip (kata tidak baku) – aktif (kata baku)

apotik – apotek.

antri – antre.

analisis – analisa.

jadual – jadwal.

nasehat – nasihat.

praktek – praktik.

aktifitas – aktivitas.

Muatan IPA

Beberapa manfaat hewan bagi manusia dan lingkungan antara lain:

1. Sebagai penghasil bahan pangan
–  Manusia memanfaatkan hewan salah satunya untuk bahan makanan, seperti daging, telur, dan susu.

2. Sebagai penghasil bahan sandang
– Manusia memanfaatkan hewan sebagai bahan sandang, antara lain: kepompong ulat sutra untuk membuat kain sutra dan bulu biri biri untuk membuat kain wool. Kulit hewan seperti sapi dan kerbau digunakan untuk pembuatan jaket.

3. Sebagai penghasil bahan kerajinan
– Manusia memanfatkan kulit sapi dan kambing untuk bahan pembuatan wayang kulit.
– bulu angsa dimanfaatkan untuk membuat kok dan kulit ular dan buaya untuk kerajinan tas dan dompet.

4. Sebagai penghasil pupuk organik
– Manusia memanfaatkan kotoran hewan, seperti sapi, ayam, bebek dan kambing untuk bahan pembuatan pupuk organik yang menyuburkan dan tidak membahayakan lingkungan.

5. Sebagai penghasil tenaga atau energi
– Manusia memanfaatkan kerbau untuk membajak sawah, sapi untuk menarik pedati dan kuda untuk menarik delman.

6. Sebagai bahan energi alternatif

– manusia memanfaatkan kotoran sapi untuk bahan membuat bahan bakar yang sering disebut biogas.

Beberapa manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan antara lain:

1. Sebagai bahan makanan
– Manusia memanfaatkan beberapa bagian dari tumbuhan untuk dijadikan bahan makanan, antara lain: batang, daun, bunga, buah, dan biji.

2. Sebagai bahan sandang
– Serat kapas bisa digunakan untuk membuat kain katun.

3. Sebagai bahan bangunan
– Kayu dari pohon jati, pohon kelapa, dan pohon meranti dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.

4. Sebagai bahan obat-obatan
Banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk bahan obat-obatan, antara lain:
• Jahe untuk mengobati batuk.
• Daun kumis kucing untuk mengobati ginjal.
• Daun jambu biji untuk mengobati diare.

5. Sebagai bahan baku indsutri
Industri banyak memanfaatkan tanaman untuk kebutuhan bahan baku, contohnya:
• Getah karet digunakan dalam pembuatan ban.
• Getah pinus dimanfaatkan sebagian orang dalam industri cat.
• Kayu pinus digunakan dalam industri kertas.
• Buah kelapa sawit dimanfaatkan sebagai bahan dalam industri minyak goreng.

6. Sebagai bahan perwarna alami
– Tanaman bisa kita manfaatkan sebagai pewarna alami:

a. Hijau, di hasilkan dari daun suji dan daun pandan.

b. Kuning, dihasilkan dari kunyit dan labu kuning.

c. Merah, bisa dihasilkan dari buah bit, bunga rosela maupun buah naga.

d. Biru, dapat dihasilkan dari bunga telang dan kubis

e. Jingga, bisa dihasilkan dari bahan wortel.

f. Cokelat, dihasilkan dari gula kelapa.

g. ungu dari bahan ubi ungu.

7. Untuk menjaga kualitas air
– tanaman bakau bisa dijadikan penyaring alami dari air laut menjadi air tawar.

8. Tumbuhan sebagai pencegah erosi, umumnya pohon yang besar memiliki akar yang banyak dan kuat. Bisa bermanfaat untuk mencegah erosi.

9. Sebagai bahan penyedap makanan

– Saat memasak kita membutuhkan bahan bahan dari tumbuhan agar masakan lebih sedap, antara lain: lada bawang putih bawang merah, jahe, serai.

Muatan IPS

Apa pengaruh kemerdekaan bagi petani atau pedagang?

  • Dengan kemerdekaan para petani bebas bercocok tanam berbagai jenis tanaman tanpa perlu takut dan dipaksa untuk menanam tanaman tertentu dan menyerahkan hasil panennya kepada penjajah.
  • Dengan adanya kemerdekaan pedagang bebas memperjualbelikan barang dagangannya kepada siapa saja yang dikehendakinya tanpa takut adanya monopoli dari penjajah.

Apa pengaruh kemerdekaan bagi pelajar?

  • Dengan adanya kemerdekaan, pelajar lebih mudah dalam mendapatkan pendidikan, karena sekolah tidak lagi dibatasi untuk kaum bangsawan, melainkan untuk seluruh bangsa Indonesia. Bahkan sekarang pemerintah memberikan bantuan BOS untuk mensukseskan pendidikan di Indonesia.

Apa yang harus dilakukan rakyat agar hidup sejahtera?

  • yang perlu dilakukan antara lain: hidup saling menghormati, menghargai sesama. Selain itu harus hidup saling menolong tanpa membedakan asal usul, ras, suku, etnis maupun agama.

Materi Pembelajaran 2

Pada pembelajaran 2 ini terdiri dari 2 muatan pelajaran saja, yaitu mupel PPKn dan SBdP. Dengan tujuan pembelajaran sebagai berikut:

a. Siswa dapat menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan.

b. Siswa bisa mengenal Tari Indang dan pola lantainya.

Muatan PPKn

Makna semboyan “Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa Indonesia”

  • Satu Nusa mempunyai makna bahwa setiap orang harus merasa memiliki satu tanah air yang sama, yaitu tanah air Indonesia.
  • Satu Bangsa mempunyai makna bahwa walaupun kita berasal dari suku bangsa yang berbeda, namun kita sejatinya tetap satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.
  • Satu Bahasa mempunyai makna bahwa dalam mewujudkan persatuan bangsa, kita harus menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu antar suku bangsa di Indonesia.

Alasan persatuan dan kesatuan sangat penting dalam mengusir penjajah karena dengan adanya semangat persatuan maka akan timbul perasaan senasib, sebangsa sehingga akan ada keinginan yang kuat untuk bekerja sama dalam mengusir penjajah dari Indonesia.

Apa yang terjadi jika bangsa Indonesia tidak bersatu dan perjuangan hanya bersifat kedaerahan?

  • Jika perjuangan bersifat kedaerahan maka mudah untuk dipatahkan bahkan mudah untuk diadudomba dengan perjuangan dari daerah yang lain. Sehingga kita akan kesulitan dalam mengusir penjajah.

Makna dari peribahasa Bersatu kita Teguh bercerai kita runtuh antara lain: sesuatu akan berhasil kita raih apabila dikerjakan secara bersama sama atau dengan kerjasama.

Beberapa contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

a. ikut melaksanakan kerja bakti tanpa memandang perbedaan yang ada.

b. menjenguk teman atau tetangga yang sedang sakit.

c. menghargai perbedaan pendapat ketika bermusyawarah.

d. mengedepankan sikap saling menghormati antar sesama.

e. Mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Muatan SBdP

Tari Indang sering disebut tari Dindin Badindin.

Tari Indang merupakan salah satu tarian khas dari daerah Pariaman, Sumatra Barat. Dan Tari Indang ini mirip dengan tarian Saman yang berasal dari daerah Aceh.

Alat musik pengiring tari Indang adalah rebana dengan ukuran sekitar 18 sampai 25 cm.

Fungsi dari tarian Indang yaitu awalnya tarian ini sebagai alat untuk berdakwah. Namun berkembangnya jaman tari Indang digunakan sebagai hiburan tapi tetap ada unsur dakwahnya.

Jumlah penari pada tari Indang bervariasi, yaitu antara 9 sampai 25 orang yang penting jumlahnya ganjil.

Pola lantai dari Tari Indang yaitu lurus atau horisontal, yaitu penari berbaris membentuk garis lurus ke samping.

Materi Pembelajaran 3

Pada pembelajaran 3 terdapat 2 muatan pelajaran, yaitu bahasa indonesia dan IPA. Dengan tujuan pembelajaran sebagai berikut ini:

  • siswa dapat membuat poster.
  • siswa dapat menyebutkan cara melestarikan tumbuhan maupun hewan.

Poster adalah sebuah media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau pun gabungan dari keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada orang banyak.

Untuk lebih jelasnya tentang materi poster ini bisa dibaca pada tautan ini.

Sang Saka Merah Putih adalah sebutan bagi bendera nasional Indonesia. Makna dari warna bendera tersebut yaitu: merah berarti berani, dan putih berarti suci. Warna merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan warna putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya sangat penting, dan saling melengkapi serta tidak dapat dipisahkan.

Bendera pusaka merah putih dibuat atau dijahit oleh Ibu Fatmawati, yang merupakan istri Presiden Soekarno. Bendera tersebut dibuat sekitar 1944. Bahan dari bendera ini adalah katun Jepang. Sedangkan ukurannya 276 cm × 200 cm. Sejak tahun 1946 sampai dengan 1968, bendera tersebut hanya dikibarkan pada setiap hari ulang tahun
kemerdekaan RI.

Karena usia yang sudah tua, bendera tersebut akhirnya disimpan di Museum Nasional. Bendera ini terakhir dikibarkan pada tahun 1969. Sebagai gantinya pemerintah membuat bendera duplikat dengan ukuran 300 x 200 cm.

Muatan IPA

Beberapa cara untuk melestarikan hewan agar tidak mengalami kepunahan, antara lain:

1. Membangun daerah suaka margasatwa dengan tujuan melindungi hewan – hewan yang sudah hampir punah.

2. melarang tindakan pemburuan liar, terutama pada hewan yang hampir punah.

3. Tidak mencemari lingkungan dengan berbagai zat buangan dan zat kimia yang dapat mencemari habitat hewan tersebut.

4. Menciptakan inovasi dan penelitian guna menciptakan metode baru agar hewan punah dapat lebih cepat hamil.

5. Tidak memelihara hewan – hewan langka secara pribadi.

Beberapa cara untuk melestarikan tumbuhan, antara lain:

1. Membangun cagar alam dengan tujuan untuk melindungi tumbuh – tumbuhan yang diambang kepunahan.

2. Tidak melakukan penebangan liar atau lebih dikenal illegal logging.

3. Menebang pohon dengan menggunakan sistem tebang pilih.

4. Menggunakan metode kultur jaringan guna memperbanyak tumbuhan yang hampir punah.

5. Menciptakan inovasi kebutuhan alternatif manusia yang sumbernya didapat dari tumbuhan – tumbuhan langka.

Materi kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4

Pada pembelajaran 4 ini terdapat 2 muatan pelajaran yang harus kita kuasai, antara lain: bahasa Indonesia dan PPKn. Dengan tujuan pembelajaran sebagai berikut:

  • Siswa mampu menyampaikan beberapa informasi dari sebuah bacaan dengan menggunakan aspek apa, dimana, siapa, bagaimana, kapan dan mengapa.
  • Siswa dapat menyebutkan contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari hari.

Muatan Bahasa Indonesia

Setelah kita membaca teks yang berjudul “Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesejahteraan Umum?” kita akan mencoba menyampaikan beberapa informasi.

Apa
Apa modal utama dalam mencapai masyarakat sejahtera.
Jawaban: Persatuan dalam keberagaman merupakan modal utama dalam mencapai masyarakat sejahtera.

Mengapa
Mengapa negara yang terpecah belah dan tidak aman dapat mempengaruhi kesejahteraan rakyatnya?
Jawaban: Karena negara yang terpecah belah dan tidak aman, maka pembangunan akan terhambat. Dan pembangunan yang terhambat akan mempengaruhi kesejahteraan rakyat.

Siapa
Siapa yang bertugas menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)?
Jawaban: yang bertugas menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu kita semua atau seluruh warga Indonesia tanpa terkecuali.

Bagaimana
Bagaimana cara menjaga keutuhan NKRI?
Jawaban: Beberapa cara untuk menjaga keutuhan NKRI antara lain: dengan memelihara ketertiban dan keamanan, menghindari pertikaian antarsuku, menumbuhkan sikap toleransi, menghargai perbedaan, menjaga perbatasan Indonesia dengan negara lain, dan menjaga pulau-pulau paling luar dari Indonesia.

Kapan
Kapan pembangunan akan terhambat?
Jawaban: ketika sebuah negara terpecah belah dan tidak aman.

Muatan PPKn

Beberapa usaha atau cara dalam menjaga keutuhan NKRI antara lain:

1. memelihara ketertiban dan keamanan,
2. menghindari pertikaian antarsuku,
3. menumbuhkan sikap toleransi,
4. menghargai perbedaan yang ada di masyarakat,
5. menjaga perbatasan Indonesia dengan negara lain, dan
6. menjaga pulau-pulau paling luar dari Indonesia.

Beberapa contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan antara lain:

1. menciptakan suasana hidup rukun,
2. selalu melaksanakan tanggung jawab,
3. mengedepankan sikap saling menghormati antarsesama,
4. mematuhi peraturan yang berlaku,
5. saling tolong-menolong dengan sesama, dan
6. menghargai teman yang berbeda suku bangsa, agama, dan adat istiadat.

Materi Tema 2 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 5

Untuk pembelajaran 5 pada subtema 3 ini terdiri dari 2 muatan pelajaran, yaitu: IPS dan SBdP. Tujuan pembelajaran 5 ini antara lain:

  • Siswa dapat menyebutkan keadaan ekonomi dalam menuju masyarakat sejahtera.
  • Siswa dapat mengenal pola lantai suatu tarian

Muatan IPS Subtema 3

Pada awal berdirinya Republik Indonesia, keadaan ekonomi Indonesia sangat buruk. Ada beberapa hal yang menyebabkan keadaan ekonomi Indonesia buruk di awal kemerdekaan, antara lain: inflasi yang menyebabkan harga barang-barang mahal dan upaya Belanda memblokade perekonomian Indonesia.

Beberapa upaya bangsa Indonesia dalam untuk meningkatkan kesejahteraan di awal kemerdekaan, antara lain:

1. Melakukan Pinjaman Nasional

Program Pinjaman Nasional ini merupakan sebuah kebijakan dari Menteri Keuangan. lr. Surachman. Dan pinjaman Nasional ini akan dibayarkan selama jangka waktu 40 tahun.

2. Mengadakan Konferensi Ekonomi

Konferensi ekonomi ini dihadiri oleh para cendekiawan, para gubernur, dan juga para pejabat lainnya yang bertanggung jawab langsung mengenai masalah ekonomi di daerah Jawa. Konferensi Ekonomi ini dipimpin oleh Menteri Kemakmuran, yaitu Ir. Darmawan Mangunkusumo. Konferensi Ekonomi ini bertujuan untuk memperoleh kesepakatan yang bulat dalam mengatasi beberapa permasalahan ekonomi yang mendesak, antara lain:
a. masalah produksi dan distribusi makanan, sandang,
b. masalah status dan administrasi perkebunan.

3. Pembentukan Badan Perancang Ekonomi

Gagasan Pembentukan Badan ini merupakan inisiatif dari Menteri Kemakmuran, yaitu dr. A.K. Gani.
Badan Perancang Ekonomi ini adalah badan tetap yang bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi untuk jangka waktu 2 sampai 3 tahun.

4. Rencana Kasimo (Kasimo Plan)

Rencana Kasimi merupakan sebuah program yang disusun oleh Menteri Urusan Bahan Makanan I.J. Kasimo. Program ini berupa Rencana Produksi Tiga Tahun, yaitu untuk tahun 1948 sampai 1950. Salah satu usaha dalam program kasimo ini yaitu usaha swasembada pangan dengan memperhatikan beberapa petunjuk pelaksanaan yang praktis.

Untuk meningkatkan produksi bahan pangan pada program Kasimo ini, dilakukan:
a. menanami tanah-tanah kosong di daerah Sumatra Timur.
b. melakukan intensifikasi dengan cara menanam bibit unggul di daerah Jawa.
c. mencegah penyembelihan hewan-hewan yang berperan penting bagi produksi pangan.
d. membentuk kebun-kebun bibit di setiap desa.
e. melakukan transmigrasi.

5. Mendirikan Organisasi Persatuan Tenaga Ekonomi

Organisasi ini dipimpin B.R. Motik. Organisasi Persatuan Tenaga Ekonomi ini mempunyai tujuan untuk menggiatkan kembali partisipasi pengusaha swasta. Selain itu untuk menghilangkan individualisasi di kalangan organisasi pedagang sehingga bisa memperkokoh ketahanan ekonomi bangsa.

Muatan SBdP

Tarian daerah bisa menjadi pemersatu sekaligus identitas setiap suku di Indonesia.  Berdasarkan jumlah penarinya, tarian dikelompokan menjadi 3 macam, antara lain:

1. Tari tunggal atu solo

Tari tunggal adalah tarian yang dibawakan hanya satu orang penari.
Contoh tari tunggal antara lain:

  • Tari Gatotkaca dari Jawa Tengah.
  • Tari Gambir Anom berasal dari Jawa Tengah.
  • Tari Panji Semirang berasal dr Bali.
  • Tari Gambyong berasal dr Surakarta, Jawa Tengah.
  • Tari Topeng Kelana berasal dari Jawa Barat.

2. Tari berpasangan atau duet

Tari berpasangan adalah tarian yang dibawakan oleh dua orang penari. Tari berpasangan ini biasanya terdiri dari 2 sampai 4 pasangan.
Contoh tari berpasangan antara lain:

  • Tari Kethuk Tilu dari Jawa Barat
  • Tari Jaipong dari Jawa Barat
  • Tari Zapin.
  • Tari Saman dari Aceh.
  • Tari Piring dari Sumatra Barat
  • Tari Serampang Dua Belas dari Sumatra Utara
  • Tari Payung dari Sumatra Barat
  • Tari Legong dari Bali.

Tari kelompok

Tari kelompok adalah tarian yang dibawakan oleh lebih dari dua orang penari. Tarian kelompok biasanya dibawakan oleh 5 sampai 7 orang di dalamnya.
Contoh tari kelompok antara lain:

  • Tari Saman dari Aceh.
  • Bali = Tari Kecak.
  • Sulawesi Selatan = Tari Kipas Pakarena,
  • Yogyakarta = Tari Bedhaya Ketawang.
  • Jawa Tengah = Tari Serimpi.
  • Kalimantan Timur = Tari Gantar.
  • Sulawesi Utara = Tari Maengket.
  • Maluku = Tari Cakalele


Pembelajaran 6

Pada pembelajaran 6 ini terdapat 3 muatan pelajaran, antara lain: IPA, PJOK dan Matematika. Namun yang kami bahas hanyalah muatan IPA.

Apakah kaitan antara ciri khusus makhluk hidup dengan karakteristik habitatnya? Jelaskan!

Habitat merupakan tempat tinggal suatu makhluk hidup. Setiap habitat memiliki kondisi yang berbeda baik struktur alam, sumber makanan, maupun ancaman. Dengan ciri khusus yang dimiliki, setiap makhluk hidup mampu menyesuaikan dan mempertahankan dirinya di habitat tersebut.

Beberapa contoh makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya

  • Ikan lele memili misai berguna untuk mengenali rasa makanannya.
  • Punuk unta yang mampu menyimpan lemak sebagai cadangan air. Selain itu untu juga memiliki bulu mata yang panjang berguna untuk melindungi mata dari debu dan sinar matahari yang menyilaukan mata.
  • Gajah memiliki kulit yang berkerut kerut berguna untuk mengurangi penyerapan panas.
  • Kelelawar mempunyai kemampuan ekolokasi yang berguna untuk mendeteksi keadaan sekitarnya.
  • Serangga, seperti belalang, semut memiliki sepasang antena berguna untuk alat komunikasi dengan kelompoknya.

 

0 Comments:

Posting Komentar

PENILAIAN HARIAN TEMA 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 22 NOVEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaik...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea