MATERI AJAR KELAS V D HARI SENIN TANGGAL 03 APRIL 2023
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Alhamdulillah
pada hari ini kita bertemu lagi pada pelajran Tema 8 Subtema 3
pembelajaran 5 dan 6 Kemarin para siswa kleas VD sudah belajar tentang
materi Tema 8 subtema 3 pembelajaran 3 dan 4. Semoga apa yang sudah
kalian pelajari para
ananda
memahaminya.
Pelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari materi tentang poin-poin penting dari teks bacaan dengan benar.menjelaskan pengaruh kegiatan ekonomi terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat, menceritakan keuntungan dari keragaman
sosial akibat adanya berbagai jenis usaha.
Pada hari ini kita belajar materi tentang :
Pembelajaran
5 dan 6
Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8),
SBdP (KD
3.1 dan KD 4.1), IPA (KD 3.8 dan KD 4.8), PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan membaca materi, peserta didik dapat menjelaskan cara
memelihara ketersediaan air bersih dengan benar., siswa dapat mengidentifikasi
peristiwa dalam teks nonfiksi.
2. Dengan membaca materi, peserta didik mampu menyebutkan langkah-langkah membuat
gambar cerita dengan benar.
3. Dengan membaca materi, peserta didik dapat menjelaskan cara-cara memelihara
ketersediaan air bersih dengan baik.
4.Dengan
membaca materi, pesert didik mampu menyebutkan contoh cerita tentang arti pentingnya
memahami keragaman social budaya masyarakat.
Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8)
Menuliskan Peristiwa dari teks Nonfiksi dalam bentuk Peta
pikiran
Informasi-informasi
yang berkaitan dengan peristiwa dalam teks sebaiknya ditulis secara ringkas dan
jelas agar pembaca dapat memahaminya. Kita dapat menyampaikan peristiwa dalam
teks melalui sebuah peta pikiran. Dengan peta pikiran , kamu dapat menyajikan
gambaran menyeluruh atau suatu hal, dalam waktu yang lebih singkat. Dengan kata
lain, peta pikiran mampu memangkas waktu sehingga lebih efektif. Selain itu,
peta pikiran juga dapat membantu kita untuk banyak hal seperti merencanakan,
berkomunikaasi, menjadi lebih kreatif, menyelesaikan masalah, memusatkan
perhatian, menyusun, dan menjelaskan pikiran-pikiran, mengingat dengan lebih
baik, belajar lebih cepat dan efisien, serta melatih mengingat gambaran teks
keseluruhan. Pada peta pikiran, informasi yang kamu dapat pada sebuah teks
ditulis dalam bentuk kotak-kotak dan saling berkaitan. Informasi dalam peta
pikiran ditulis dengan ringkas dan jelas.
Menuliskan Peristiwa dalam Teks Nonfiksi
Peristiwa
dapat ditemukan dengan membaca keseluruhan isi teks. Saat membaca, kita tentu
akan menemukan gagasan pokok deri setiap paragraph. Gagasan pokok adalah inti
dari pembahasan pada sebuah paragraph. Kita dapat mengetahui peristiwa
berdasarkan gagasan pokok tersebut. Dengan memahami gagasan pokok setiap
paragraf dalam teks, maka kamu akan dapat memahami isi teks secara keseluruhan.
Gagasan pokok terletak pada kalimat
utama. Biasanya, kalimat utama sebuah paragraph terletak pada awal atau akhir
sebuah paragraf.
SBdP (KD 3.1 dan KD 4.1)
Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita
1. Persiapan Bahan dan Alat
Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan
dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering?
Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.
2. Menentukan Tema
Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat.
Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau
pengalaman diri sendiri dan orang lain.
3. Pembuatan Sketsa
Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat
sketsa. Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang
terbaik.
4. Penyelesaian Gambar
Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang
menurutmu paling baik. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang
tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar
tampak lebih hidup. Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi. Kamu dapat
mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering. Pewarnaan dengan teknik basah
menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta. Sebaliknya, pewarnaan dengan
teknik kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.
Tahap Mewarnai Gambar dalam Membuat
Gambar Cerita
Setelah menentukan tema dan membuat sketsa sesuai tema, tahap
berikutnya ialah mewarnai gambar. Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu
pewarnaan basah dan pewarnaan kering. Teknik pewarnaan basah ialah pewarnaan
menggunakan media yang memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat
minyak. Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan
menggunakan media yang tidak memerlukan bahan pengencer,
misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel. Gambar berikut merupakan
gambar dari sebuah cerita tentang seorang anak yang tidak mau bekerja sama
dengan temannya dalam menyelesaikan tugas mewarnai. Saat melihat teman-teman
lain telah menyelesaikan tugas, si anak mau bekerja sama untuk segera
menyelesaikan tugas. Perhatikan gambar sebelum diwarnai dan setelah diwarnai.
Perhatikan gambar-gambar tersebut.
Gambar pertama merupakan gambar sketsa yang telah disempurnakan. Gambar berikutnya
merupakan gambar yang telah diwarnai.
IPA (KD 3.8 dan KD 4.8)
Penghematan Air
Amatilah penggunaan air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi,
mencuci pakaian, memasak, dan mencuci piring. Berapa banyak air yang digunakan
di rumahmu setiap hari?
Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetapi
kita harus menggunakan air secara bijaksana. Menghemat penggunaan air sangat
bermanfaat, terutama jika air diperoleh melalui pompa air listrik atau PDAM.
Semakin sering kita menghidupkan pompa tersebut, semakin besar
tagihan listrik yang harus kita bayar. Demikian juga jika kita
menggunakan air dari PDAM. Semakin banyak air yang kita pakai, tagihan air per
bulannya juga semakin besar. Mungkin kamu belum dapat membayangkan tentang
pemborosan penggunaan air.
PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)
Uniknya Keragaman Budaya Indonesia dalam
Festival Kuwung 2016
Festival Kuwung merupakan acara seni dan budaya sekaligus pesta rakyat
yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya setiap tahun. Festival yang digelar
dalam rangka hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke 245 ini menyuguhkan beragam
tradisi daerah yang dikemas dalam sebuah pertunjukan yang megah. Rakyat
Banyuwangi berpesta, penampilan seluruh peserta mampu
mengundang decak kagum. Berbagai seni daerah tampil dengan sangat menarik dan
menghibur. Tidak hanya para penari dan aksi teatrikal yang tampil dengan
memikat, pawai mobil dengan aneka lampu yang menampilkan miniatur budaya daerah
juga mampu mencuri perhatian.
Ratusan pendukung acara pun tampil dalam balutan kostum yang atraktif. Ditambah
iringan musik tradisional sepanjang acara membuat suasana malam Banyuwangi
begitu meriah. Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
M.Y. Bramuda, Festival Kuwung 2016 mengangkat tema Kembang Setaman Bumi
Blambangan. Tema ini sebagai perlambang keharmonisan hidup masyarakat
Banyuwangi yang terdiri dari berbagai
etnis dan latar belakang budaya. “Di Banyuwangi sendiri beragam etnis seperti
suku Jawa, suku Using, suku Bali, Etnis Madura, Etnis Tionghoa, Etnis Arab
menjadi penduduk
daerah yang telah berpuluh tahun hidup berdampingan dalam kerukunan,” katanya.
Festival Kuwung pun membingkai
keragaman budaya beragam etnis dan suku tersebut dalam rangkaian fragmen yang
menarik. Pembukaan Kuwung menyuguhkan Tradisi Saulak, Suku Mandar. Tradisi
Saulak merupakan tradisi pernikahan khas warga Mandar yang merupakan warga pesisir
pantai. Berikutnya pawai menampilkan etnis Jawa Mataraman membawakan fragmen
berjudul Cungkup Tapanrejo yang mengisahkan babat alas warga Jawa dalam memulai
kehidupan baru. Selain itu, juga ada penampilan suku Using yang menampilkan
Sarine Kembang Bakung. Cerita ini mengisahkan kegigihan dan semangat masyarakat
desa dalam melestarikan budaya adat Using. Sementara itu pawai Etnis Madura
tampil dengan pakaian khas daerahnya. Para penampil membawakan Tari Topeng dan
fragmen yang mengisahkan mata pencaharian mereka sebagai petani kakao. Etnis
Bali menampilkan tradisi Melasti Bali Banyuwangen. Juga tidak ketinggalan
atraksi OgohOgoh yang menjadi ciri khas perayaan Nyepi umat Hindu. Etnis
Tionghoa juga memeriahkan acara dengan menampilkan fragmen bertema Liong
Harmoni Tionghoa. Mereka menampilkan berbagai tarian dengan kostum khasnya.
Suasana semakin meriah dengan penampilan Barongsai. Sebelumnya Festival Kuwung
juga dimeriahkan oleh penampilan defile perwakilan dari beberapa daerah, seperti
kota Bogor, Kediri, Sleman, Probolinggo hingga Sumbawa Barat yang menampilkan
tari Kipas.
Berikut di bawah LINK Rangkuman materi Tema 8 Subtema 3 :
RANGKUMAN MATERI TEMA 8 SUBTEMA 3
Semoga
materi yang ada di blogger ini membantu para siswa untuk menambah
refrensi ilmu pengetahuan dalam belajar. Besok kita akan belajar materi
Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4.
LATIHAN SOAL:
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
Bacaan teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 1 dan 2 !
Meski
terletak di pegunungan, tidak semua kampung di kaki Gunung Sindoro
berkelimpahan air. Lima ratus meter dari dusun, ada mata air yang hanya
muncul di musim hujan. Ketika musim kemarau, tidak ada air. Jika hujan
deras, sumber air keruh.
Di Desa Tlahab,
sekitar empat kilometer dari Desa Yososari, sumber air bisa ditemui
dengan mudah. Tlahab adalah desa di Kecamatan Kledung
yang
terletak di timur Desa Reco dan masuk wilayah Kabupaten Temanggung.
Ketika pengerjaan pondasi pembangunan jembatan di Tlahab, keluar banyak
air.
1. Teks di atas menceritakan bahwa ketika musim kemarau, Desa Yososari ....
a. banyak sumber air
b. tidak ada air
c. berkelimpahan air
d. mengalami banjir
2. Berdasarkan teks di atas, jika hujan deras, sumber air di Desa Yososari ....
a. jernih
b. bersih
c. keruh
d. bening
3. Teks yang berisi cerita yang hanya berdasarkan khayalan atau rekaan disebut ....
a. fiksi
b. non fiksi
c. ilmiah
d. biografi
4. Dengan peta pikiran maka akan ,... mengidentifikasi bacaan.
a. menyulitkan
b. membingungkan
c. memudahkan
d. memperlama
5. Teks bacaan tersebut termasuk teks nonfiksi sebab ....
a. berasal dari khayalan
b. hanya angan-angan saja
c. tidak ada sumbernya
d. berdasarkan peristiwa yang terjadi
8. Berikut yang termasuk judul teks nonfiksi adalah ....
a. Daur Siklus Air
b. Telaga Warna
c. Kancil dan Buaya
d. Burung Gagak dan Semut
7. Teks yang menyebutkan tempat, waktu, dan tahun terjadinya merupakan teks ....
a. fiktif
b. fiksi
c. nonfiksi
d. imajinasi
Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 8-10 !
Polusi lingkungan
Polusi
lingkungan adalah salah satu ancaman utama bagi planet kita. Polusi
merusak lingkungan hidup dan membahayakan keberadaan manusia di Bumi.
Walaupun teknologi menghasilkan banyak manfaat dalam pengembangan
ekonomi. Namun, emisi beracun akibat pekerjaan pabrik, transportasi,
lokasi
konstruksi yang mencemari lingkungan secara substansial. Karena polusi
lingkungan adalah topik yang luas dan terdiri dari banyak sub-isu,
seperti pemanasan global dan polusi udara, mungkin ada banyak pendekatan
untuk membangun teks opini tentang polusi yang konsisten. Misalnya,
esai polusi dapat berkonsentrasi pada berbagai jenis polusi, seperti
polusi suara (polusi suara), polusi air, polusi udara, dan polusi tanah.
8. Teks bacaan di atas termasuk dalam dalam teks ....
a. fiksi
b. nonfiksi
c. cerita
d. fabel
9. Faktor yang paling berpotensi merusak dan membahayakan bumi adalah ....
a. tumbuhan yang hidup di mana-mana
b. manusia yang selalu bertambah
c. air yang menyusut
d. polusi lingkungan
10. Berikut yang menyebabkan munculnya polusi, kecuali ....
a. kendaraan
b. pabrik
c. suara
d. tumbuhan
11. Bacalah paragraf berikut !
Bagi
masyarakat Dayak, rumah betang merupakan pemersatu. Di sanalah mereka
berkerabat dan bertradisi. Di rumah betanglah tradisi Dayak
terpelihara.
Pikiran utama paragraf di atas terdapat pada ....
a. kalimat pertama
b. kalimat kedua
c. kalimat ketiga
d. seluruh kalimat
12. Ciri utama dari teks nonfiksi adalah disusun berdasarkan ....
a. cerita turun menurun
b. khayalan penulis
c. peristiwa yang terjadi
d. imajinasi
13. Berikut yang termasuk teks nonfiksi, kecuali ....
a. biografi
b. karya ilmiah
c. laporan berita
d. kumpulan dongeng
14. Kita lebih mudah mengingat teks bacaan nonfiksi dengan .... teks tersebut.
a. membuat peta pikiran
b. meringkas
c. menulis ulang
d. menulis kembali dengan kalimat kita sendiri
15. Salah satu manfaat membaca intensif adalah ....
a. melatih konsentrasi
b. memahami semua informasi dari teks
c. menarik minat pembaca
d. menambah pengetahuan
Bacalah teks berikut dengan saksama untuk mengerjakan soal nomor 16 dan 17 !
Peristiwa
kekeringan di Indonesia juga terjadi karena minimnya peresapan air.
Peresapan air ini dibentuk ketika kita menanam pohon. Akar tanaman atau
akar pohon akan menyerap air yang turun dari air hujan ke permukaan air
dan menyimpannya sebagai air tanah (baca: ciri-ciri air tanah artesis).
Air yang tersimpan oleh akar-akar pohon ini akan dikunci di bawah tanah
sehingga kita bisa menggunakannya ketika musim kemarau tiba (baca: cara
melestarikan air tanah) maka dari
itulah
di daerah yang mempunyai banyak pohon, keberadaan air akan lebih mudah
ditemukan apabila dibandingkan dengan daerah yang hanya ditanami sedikit
pohon. Maka dari itulah sangat penting bagi kita untuk ikut menanam
pohon demi ketersediaan air yang sangat kita butuhkan.
16. Berdasarkan teks tersebut, penyebab kekeringan yang terjadi di Indonesia karena ....
a. pemakaian yang berlebihan
b. minimnya peresapan air
c. wilayah Indonesia terlalu luas
d. banyaknya kepulauan yang ada di Indonesia
17. Usaha yang dapat dilakukan agar Indonesia terhindar dari kekeringan adalah ....
a. menebangi pohon
b. membuat bangunan
c. menanami pohon
d. membiarkan saja
Bacalah teks berikut untuk nomor 18-20 !
Makin
berkembang tempat wisata makin memacu tumbuhnya tempat-tempat
penginapan (hotel dan wisma), jasa transportasi, dan jasa hiburan.
Banyak penduduk yang bekerja di hotel, menjual jasa transportasi atau
angkutan untuk wisatawan, serta menjual jasa hiburan. Agen perjalanan
wisata yang saat ini bermunculan merupakan dampak perkembangan
pariwisata. Banyak penduduk yang memiliki
mata pencaharian di bidang pariwisata.
18.
Makin berkembang tempat wisata .... tumbuhnya tempat-tempat penginapan
(hotel dan wisma), jasa transportasi, dan jasa hiburan.
a. menghambat
b. menghentikan
c. makin memacu
d. makin mematikan
19. Berikut adalah mata pencaharian penduduk di bidang pariwisata, kecuali ....
a. jasa hiburan
b. pertanian
c. jasa transportasi
d. tempat penginapan
20. Informasi penting yang terdapat pada teks yaitu ....
a. banyak penduduk yang bekerja di hotel
b. majunya teknologi perhotelan
c. ramainya wisatawan yang berwisata
d. berkembangnya agen perjalanan
II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
Bacalah teks berikut dengan saksama untuk mengerjakan nomor 1-3 !
Suatu
hari, ada seekor Gajah. Tubuhnya tinggi, besar, dan gemuk, belalainya
sangat panjang dan kuat. Sepasang gadingnya besar dan kukuh. Gajah itu
sangat baik hati. la selalu memberikan makanan kepada binatang-binatang
yang kelaparan. la pun selalu memberikan pertolongan
kepada mereka yang kesusahan. Binatang yang besar maupun binatang yang kecil, seperti tikus
dan semut, ia tolong.
1.
Tokoh utama pada teks di atas adalah
.................................................................................................
2. Teks di atas menceritakan bahwa Gajah memiliki sifat ........................................................................
3. Berdasarkan teks di atas, Gajah selalu memberikan pertolongan kepada ..........................................
4.
Teks nonfiksi biografi berisi
..................................................................................................................
5.
Salah satu judul teks fiksi adalah
.........................................................................................................
Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 6-8.
Secara
astronomis, Indonesia dilalui oleh garis lintang nol derajat atau garis
khatulistiwa. Sesuai dengan pembagian iklim di dunia, daerah yang
dilalui oleh garis khatulistiwa memiliki iklim tropis atau iklim panas.
Artinya, daerah tersebut akan mendapatkan penyinaran matahari lebih
banyak daripada yang tidak dilalui oleh garis khatulistiwa.
Dengan
mempunyai iklim panas atau tropis tersebut, pembagian musim di
Indonesia hanya terdini dari dua musim saja, yakni musim hujan dan juga
musim kemarau. Hal ini tidak seperti daerah yang memiliki iklim sub
tropis dan sebagainya yang memiliki empat musim yakni musim panas, musim
gugur, musim dingin dan musim semi.
Dua
musim di Indonesia ini mempunyai rasio yang sama, yakni datang
masing-masing 6 bulan sekali. Di sela- sela pergantian musim tersebut
ada musim khusus yang dinamakan musim pancaroba, yakni masa- masa
pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan dan sebaliknya.
6.
Teks di atas termasuk ke dalam teks
...................................................................................................
7.
Secara astronomis, Indonesia dilalui oleh
............................................................................................
8. Untuk negara yang memiliki iklim sub tropis ada 4 iklim yaitu ..............................................................
9. Membaca merupakan kegiatan yang berguna untuk memperoleh ......................................................
10. Sekumpulan fakta yang menggambarkan suatu kejadian atau peristiwa tertentu disebut .................
Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 11 dan 12 !
Jangan sepelekan keran bocor. Jika setiap detik menetes satu tetes air saja dari keran maka dalam
sehari
kita bisa kehilangan 1 ember besar air. Jika ada 5 keran bocor, berapa
ember air yang terbuang percuma? Jadi, segera beri tahu orang tuamu atau
orang dewasa jika ada keran yang bocor, ya !
11. Kita tidak diperbolehkan menyepelekan ................................... karena dapat membuang-buang air.
12. jika di rumahmu ada keran yang bocor, sebaiknya yang kamu lakukan adalah ................................
Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 13-15 !
Budaya Perayaan Sunat pada Masyarakat Betawi
Setiap suku atau adat di Indonesia memiliki ciri khas sendiri-sendiri dalam merayakan sunat atau
Walimatul
Khitan. Di beberapa kawasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, ada yang
melakukan pagelaran kesenian seperti jaranan atau wayang kulit semalam
suntuk. Sementara itu di kawasan Jakarta khusus masyarakat Betawi
merayakan sunat dengan cara yang berbeda.
Di
masyarakat ini, menyunatkan anak laki-laki tidak ubahnya seperti
menyelenggarakan pernikahan. Itulah kenapa istilah pengantin sunat
sering muncul dan digunakan untuk menyebut anak-anak yang
disunat.
13.
Judul bacaan di atas adalah
...............................................................................................................
14.
Budaya perayaan khitan terjadi di daerah
..........................................................................................
15. Pagelaran yang ditampilkan dalam perayaan khitan adalah ..............................................................
18.
Contoh judul teks nonfiksi adalah
.......................................................................................................
17.
Kancil dan Buaya adalah contoh judul teks
........................................................................................
18. Setelah membaca, informasi dapat diuji menggunakan pertanyaan-pertanyaan dengan konsep .....
Bacaan teks berikut untuk menjawab soal nomor 18 dan 20!
Selain
menjadi rumah bagi aneka tumbuhan dan hewan, hutan hujan juga memiliki
banyak manfaat lainnya. Hutan hujan menghasilkan oksigen yang dihirup
oleh banyak makhluk hidup, termasuk kita, manusia. Hutan hujan membuat
iklim dunia stabil dengan menyerap karbondioksida. Pembuangan
karbondioksida ke atmosfer akan membuat pemanasan global.
19.
Berdasarkan teks di atas, selain menjadi rumah bagi aneka tumbuhan dan
hewan, hutan hujan juga menghasilkan
....................................................................................................................................
20. Berdasarkan teks di atas, pembuangan ................. ke atmosfer akan membuat pemanasan global.
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Apa yang dimaksud peta pikiran?
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
2. Apa manfaat membuat peta pikiran?
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
3. Apa isi peta konsep?
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
4. Bagaimana cara menemukan informasi penting?
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
5. Sebutkan ciri-ciri teks nonfiksi !
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
6. Tuliskan 3 judul teks nonfiksi !
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
7. Buatlah teks nonfiksi tentang penggunaan air di sekolahmu !
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
8. Buatlah teks nonfiksi tentang mainan tradisional yang ada di daerahmu !
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
9. Tuliskan 3 judul teks fiksi !
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
10. Bagaimana cara menemukan pokok pikiran pada bacaan ?
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
Bacalah teks berikut ini !
Kualitas air minum yang baik sebenarnya bisa terlihat dengan mudah. Hal pertama untuk
mengetahuinya hanya dengan melihat tingkat kekeruhan air. Jika air keruh, hampir dipastikan
kualitas
air buruk. Kekeruhan air berpengaruh terhadap kualitas air minum karena
menandakan terdapat sejumlah partikel dalam konsentrasi tinggi di air.
Partikel-partikel tersebut bisa berupa material hasil sedimentasi,
berbagai jenis polutan, hingga tanda
keberadaan bakteri.
Tidak
heran, air keruh memastikan kualitas air minum yang buruk. Bahkan, air
keruh bisa membahayakan kesehatan manusia. Air seperti itu berpotensi
mengandung patogen dan mikroba yang dapat memicu sejumlah penyakit.
Untuk itu, pastikan untuk meminum air yang jernih. Lagi pula, selain menjadi tanda kualitas air
minum yang buruk, air yang keruh juga pasti akan menghilangkan selera minum.
11. Tuliskan pokok pikiran pada bacaan di atas !
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 12 dan 13 !
Banyak permainan tradisional di Indonesia yang bukan hanya menyajikan keseruan, tapi juga kaya
akan
kan nilai-nilai. Misalnya di Jawa ada Dingklik Oglak Aglik, di Sunda
ada Parepet Jengkol, dan sebagainya, itu kan mengajarkan bagaimana kita
bersama-sama dengan yang lain. Artinya kita diajarkan toleran dengan
yang lain. Jadi perbedaan bukan menjadi sesuatu yang harus
diperdebatkan, justru itu bisa menjadi suatu keunggulan," kata Zaini.
12. Tuliskan pokok pikiran yang ada pada teks di atas !
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
13. Sebutkan macam-macam permainan tradisional yang ada pada teks bacaan di atas !
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 14 dan 15 !
Pemerintah
Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur setiap tahun menggelar Festival Kuwung
yang menampilkan beragam seni dan budaya asal Banyuwangi. Festival ini
juga akan dimeriahkan perwakilan kesenian dari Kabupaten lain. Festival
Kuwung sebagai ajang kesenian dan tradisi masyarakat Banyuwangi yang
beragam, karena sesuai dengan namanya, Kuwung berasal dari bahasa Osing
yang artinya pelangi. Festival ini diikuti ratusan peserta dari seluruh
penjuru Banyuwangi yang akan membawakan tema sejarah perjuangan para
raja yang pernah bertahta di Bumi Blambangan. Banyak fragmen heroisme
yang dikemas dalam sendratari oleh para peserta.
14. Siapakah penyelenggara Festival Kuwung?
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
15. Apa tema yang dikemas dalam Festival Kuwung?
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 16 dan 17 !
Reboisasi
adalah penghijauan kembali yang dilakukan untuk mengembalikan alam yang
misalnya dalam satu lokasi hutan yang sudah kehilangan banyak pohon
dilakukan penanaman kembali sehingga membuat pohon di hutan kembali
normal dan berfungsi sebagai pelindung manusia
menyediakan udara, air, dan mencegah banjir.
Adapun
manfaat reboisasi adalah untuk menjaga keseimbangan alam karena alam
butuh penyeimbang agar manusia hidup dengan baik, selain itu reboisasi
bermanfaat untuk mencegah terjadinya banjir, akar pohon akan melindungi
tanah dan menahan air agar tidak turun ke bawah dan menyebabkan banjir.
serta mampu mencegah adanya global warming.
16. Tuliskan judul yang tepat untuk teks di atas !
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
17. Apa yang dimaksud reboisasi dan tuliskan manfaatnya?
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
18.
Buatlah satu paragraf teks nonfiksi tentang program penghijauan di
lingkungan sekitarmu ! Jawab Jawab :
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 19- 20 !
Persyaratan
air bersih meliputi tiga komponen yaitu persyaratan secara fisik,
secara kimia, dan kandungan mikroba yang terdapat di dalamnya.
Persyaratan secara fisik, antara lain tidak keruh,
tidak berwarna apa pun, tidak berasa apa pun, tidak berbau apa pun, suhu antara 10°-25° C (sejuk),
dan tidak meninggalkan endapan. Syarat kimiawi, antara lain tidak mengandung bahan kimiawi
yang mengandung racun, tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan, cukup yodium, dan
derajat keasaman (pH) air antara 6,5-9,2. Adapun syarat mikrobiologi adalah tidak mengandung
kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus, dan kolera.
19. Tuliskan pokok pikiran pada bacaan di atas !
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
20. Sebutkan tiga persyaratan air bersih !
Jawab
:
.....................................................................................................................................................
...........................................................................................
0 Comments:
Posting Komentar