Senin, 03 April 2023

TEMA 8 SUBTEMA 3 PB 5 DAN 6

By elfida fida - April 03, 2023

MATERI AJAR KELAS V D HARI SENIN TANGGAL 03 APRIL 2023



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Alhamdulillah pada hari ini kita bertemu lagi pada pelajran Tema 8 Subtema 3 pembelajaran 5 dan 6 Kemarin para siswa kleas VD sudah belajar tentang materi Tema 8 subtema 3 pembelajaran 3 dan 4. Semoga apa yang sudah kalian pelajari para ananda memahaminya.

Pelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari materi tentang poin-poin penting dari teks bacaan dengan benar.menjelaskan pengaruh kegiatan ekonomi terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat, menceritakan keuntungan dari keragaman sosial akibat adanya berbagai jenis usaha.

Pada hari ini kita belajar materi tentang :

Pembelajaran 5 dan 6

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8), SBdP (KD 3.1 dan KD 4.1), IPA (KD 3.8 dan KD 4.8), PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca materi, peserta didik dapat menjelaskan cara memelihara ketersediaan air bersih dengan benar., siswa dapat mengidentifikasi peristiwa dalam teks nonfiksi.
2. Dengan membaca materi, peserta didik mampu menyebutkan langkah-langkah membuat gambar cerita dengan benar.
3. Dengan membaca materi, peserta didik dapat menjelaskan cara-cara memelihara ketersediaan air bersih dengan baik.

4.Dengan membaca materi, pesert didik mampu menyebutkan contoh cerita tentang arti pentingnya memahami keragaman social budaya masyarakat.


Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8)

Menuliskan Peristiwa dari teks Nonfiksi dalam bentuk Peta pikiran

Informasi-informasi yang berkaitan dengan peristiwa dalam teks sebaiknya ditulis secara ringkas dan jelas agar pembaca dapat memahaminya. Kita dapat menyampaikan peristiwa dalam teks melalui sebuah peta pikiran. Dengan peta pikiran , kamu dapat menyajikan gambaran menyeluruh atau suatu hal, dalam waktu yang lebih singkat. Dengan kata lain, peta pikiran mampu memangkas waktu sehingga lebih efektif. Selain itu, peta pikiran juga dapat membantu kita untuk banyak hal seperti merencanakan, berkomunikaasi, menjadi lebih kreatif, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun, dan menjelaskan pikiran-pikiran, mengingat dengan lebih baik, belajar lebih cepat dan efisien, serta melatih mengingat gambaran teks keseluruhan. Pada peta pikiran, informasi yang kamu dapat pada sebuah teks ditulis dalam bentuk kotak-kotak dan saling berkaitan. Informasi dalam peta pikiran ditulis dengan ringkas dan jelas.

 

Menuliskan Peristiwa dalam Teks Nonfiksi

Peristiwa dapat ditemukan dengan membaca keseluruhan isi teks. Saat membaca, kita tentu akan menemukan gagasan pokok deri setiap paragraph. Gagasan pokok adalah inti dari pembahasan pada sebuah paragraph. Kita dapat mengetahui peristiwa berdasarkan gagasan pokok tersebut. Dengan memahami gagasan pokok setiap paragraf dalam teks, maka kamu akan dapat memahami isi teks secara keseluruhan. Gagasan pokok terletak pada kalimat utama. Biasanya, kalimat utama sebuah paragraph terletak pada awal atau akhir sebuah paragraf.

 

SBdP (KD 3.1 dan KD 4.1)

Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita
1. Persiapan Bahan dan Alat
Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.


2. Menentukan Tema
Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain.
3. Pembuatan Sketsa
Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa. Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.


4. Penyelesaian Gambar
Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling baik. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup. Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi. Kamu dapat mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering. Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta. Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.

Tahap Mewarnai Gambar dalam Membuat Gambar Cerita
Setelah menentukan tema dan membuat sketsa sesuai tema, tahap berikutnya ialah mewarnai gambar. Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu pewarnaan basah dan pewarnaan kering. Teknik pewarnaan basah ialah pewarnaan menggunakan media yang memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat minyak. Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan
menggunakan media yang tidak memerlukan bahan pengencer, misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel. Gambar berikut merupakan gambar dari sebuah cerita tentang seorang anak yang tidak mau bekerja sama dengan temannya dalam menyelesaikan tugas mewarnai. Saat melihat teman-teman lain telah menyelesaikan tugas, si anak mau bekerja sama untuk segera menyelesaikan tugas. Perhatikan gambar sebelum diwarnai dan setelah diwarnai.

Perhatikan gambar-gambar tersebut. Gambar pertama merupakan gambar sketsa yang telah disempurnakan. Gambar berikutnya merupakan gambar yang telah diwarnai.

IPA (KD 3.8 dan KD 4.8)

Penghematan Air
Amatilah penggunaan air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, memasak, dan mencuci piring. Berapa banyak air yang digunakan di rumahmu setiap hari?
Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetapi kita harus menggunakan air secara bijaksana. Menghemat penggunaan air sangat bermanfaat, terutama jika air diperoleh melalui pompa air listrik atau PDAM. Semakin sering kita menghidupkan pompa tersebut, semakin besar
tagihan listrik yang harus kita bayar. Demikian juga jika kita menggunakan air dari PDAM. Semakin banyak air yang kita pakai, tagihan air per bulannya juga semakin besar. Mungkin kamu belum dapat membayangkan tentang pemborosan penggunaan air.

 

PPKn (KD 3.3 dan KD 4.3)

Uniknya Keragaman Budaya Indonesia dalam Festival Kuwung 2016
Festival Kuwung merupakan acara seni dan budaya sekaligus pesta rakyat yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya setiap tahun. Festival yang digelar dalam rangka hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke 245 ini menyuguhkan beragam tradisi daerah yang dikemas dalam sebuah pertunjukan yang megah. Rakyat Banyuwangi berpesta, penampilan seluruh peserta mampu
mengundang decak kagum. Berbagai seni daerah tampil dengan sangat menarik dan menghibur. Tidak hanya para penari dan aksi teatrikal yang tampil dengan memikat, pawai mobil dengan aneka lampu yang menampilkan miniatur budaya daerah juga mampu mencuri perhatian.
Ratusan pendukung acara pun tampil dalam balutan kostum yang atraktif. Ditambah iringan musik tradisional sepanjang acara membuat suasana malam Banyuwangi begitu meriah. Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata M.Y. Bramuda, Festival Kuwung 2016 mengangkat tema Kembang Setaman Bumi Blambangan. Tema ini sebagai perlambang keharmonisan hidup masyarakat Banyuwangi yang terdiri dari berbagai
etnis dan latar belakang budaya. “Di Banyuwangi sendiri beragam etnis seperti suku Jawa, suku Using, suku Bali, Etnis Madura, Etnis Tionghoa, Etnis Arab menjadi penduduk
daerah yang telah berpuluh tahun hidup berdampingan dalam kerukunan,” katanya.

Festival Kuwung pun membingkai keragaman budaya beragam etnis dan suku tersebut dalam rangkaian fragmen yang menarik. Pembukaan Kuwung menyuguhkan Tradisi Saulak, Suku Mandar. Tradisi Saulak merupakan tradisi pernikahan khas warga Mandar yang merupakan warga pesisir pantai. Berikutnya pawai menampilkan etnis Jawa Mataraman membawakan fragmen berjudul Cungkup Tapanrejo yang mengisahkan babat alas warga Jawa dalam memulai kehidupan baru. Selain itu, juga ada penampilan suku Using yang menampilkan Sarine Kembang Bakung. Cerita ini mengisahkan kegigihan dan semangat masyarakat desa dalam melestarikan budaya adat Using. Sementara itu pawai Etnis Madura tampil dengan pakaian khas daerahnya. Para penampil membawakan Tari Topeng dan fragmen yang mengisahkan mata pencaharian mereka sebagai petani kakao. Etnis Bali menampilkan tradisi Melasti Bali Banyuwangen. Juga tidak ketinggalan atraksi OgohOgoh yang menjadi ciri khas perayaan Nyepi umat Hindu. Etnis Tionghoa juga memeriahkan acara dengan menampilkan fragmen bertema Liong Harmoni Tionghoa. Mereka menampilkan berbagai tarian dengan kostum khasnya. Suasana semakin meriah dengan penampilan Barongsai. Sebelumnya Festival Kuwung juga dimeriahkan oleh penampilan defile perwakilan dari beberapa daerah, seperti kota Bogor, Kediri, Sleman, Probolinggo hingga Sumbawa Barat yang menampilkan tari Kipas.

 Berikut di bawah LINK Rangkuman materi Tema 8 Subtema 3 :

RANGKUMAN MATERI TEMA 8 SUBTEMA 3

Semoga materi yang ada di blogger ini membantu para siswa untuk menambah refrensi ilmu pengetahuan dalam belajar. Besok kita akan belajar materi Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4.

LATIHAN SOAL:

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

Bacaan teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 1 dan 2 !
Meski terletak di pegunungan, tidak semua kampung di kaki Gunung Sindoro berkelimpahan air. Lima ratus meter dari dusun, ada mata air yang hanya muncul di musim hujan. Ketika musim kemarau, tidak ada air. Jika hujan deras, sumber air keruh. 

Di Desa Tlahab, sekitar empat kilometer dari Desa Yososari, sumber air bisa ditemui dengan mudah. Tlahab adalah desa di Kecamatan Kledung
yang terletak di timur Desa Reco dan masuk wilayah Kabupaten Temanggung. Ketika pengerjaan pondasi pembangunan jembatan di Tlahab, keluar banyak air.

1. Teks di atas menceritakan bahwa ketika musim kemarau, Desa Yososari ....
a. banyak sumber air
b. tidak ada air
c. berkelimpahan air
d. mengalami banjir

2. Berdasarkan teks di atas, jika hujan deras, sumber air di Desa Yososari ....
a. jernih
b. bersih
c. keruh
d. bening

3. Teks yang berisi cerita yang hanya berdasarkan khayalan atau rekaan disebut ....
a. fiksi
b. non fiksi
c. ilmiah
d. biografi

4. Dengan peta pikiran maka akan ,... mengidentifikasi bacaan.
a. menyulitkan
b. membingungkan
c. memudahkan
d. memperlama

5. Teks bacaan tersebut termasuk teks nonfiksi sebab ....
a. berasal dari khayalan
b. hanya angan-angan saja
c. tidak ada sumbernya
d. berdasarkan peristiwa yang terjadi

8. Berikut yang termasuk judul teks nonfiksi adalah ....
a. Daur Siklus Air
b. Telaga Warna
c. Kancil dan Buaya
d. Burung Gagak dan Semut

7. Teks yang menyebutkan tempat, waktu, dan tahun terjadinya merupakan teks ....
a. fiktif
b. fiksi
c. nonfiksi
d. imajinasi

Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 8-10 !
                     Polusi lingkungan
Polusi lingkungan adalah salah satu ancaman utama bagi planet kita. Polusi merusak lingkungan hidup dan membahayakan keberadaan manusia di Bumi. Walaupun teknologi menghasilkan banyak manfaat dalam pengembangan ekonomi. Namun, emisi beracun akibat pekerjaan pabrik, transportasi,
lokasi konstruksi yang mencemari lingkungan secara substansial. Karena polusi lingkungan adalah topik yang luas dan terdiri dari banyak sub-isu, seperti pemanasan global dan polusi udara, mungkin ada banyak pendekatan untuk membangun teks opini tentang polusi yang konsisten. Misalnya, esai polusi dapat berkonsentrasi pada berbagai jenis polusi, seperti polusi suara (polusi suara), polusi air, polusi udara, dan polusi tanah.
8. Teks bacaan di atas termasuk dalam dalam teks ....
a. fiksi
b. nonfiksi
c. cerita
d. fabel

9. Faktor yang paling berpotensi merusak dan membahayakan bumi adalah ....
a. tumbuhan yang hidup di mana-mana
b. manusia yang selalu bertambah
c. air yang menyusut
d. polusi lingkungan

10. Berikut yang menyebabkan munculnya polusi, kecuali ....
a. kendaraan
b. pabrik
c. suara
d. tumbuhan

11. Bacalah paragraf berikut !
Bagi masyarakat Dayak, rumah betang merupakan pemersatu. Di sanalah mereka berkerabat dan bertradisi. Di rumah betanglah tradisi Dayak terpelihara. 
Pikiran utama paragraf di atas terdapat pada ....
a. kalimat pertama 
b. kalimat kedua
c. kalimat ketiga
d. seluruh kalimat

12. Ciri utama dari teks nonfiksi adalah disusun berdasarkan ....
a. cerita turun menurun
b. khayalan penulis
c. peristiwa yang terjadi
d. imajinasi

13. Berikut yang termasuk teks nonfiksi, kecuali ....
a. biografi
b. karya ilmiah
c. laporan berita
d. kumpulan dongeng

14. Kita lebih mudah mengingat teks bacaan nonfiksi dengan .... teks tersebut.
a. membuat peta pikiran
b. meringkas
c. menulis ulang
d. menulis kembali dengan kalimat kita sendiri

15. Salah satu manfaat membaca intensif adalah ....
a. melatih konsentrasi
b. memahami semua informasi dari teks
c. menarik minat pembaca
d. menambah pengetahuan

Bacalah teks berikut dengan saksama untuk mengerjakan soal nomor 16 dan 17 !
Peristiwa kekeringan di Indonesia juga terjadi karena minimnya peresapan air. Peresapan air ini dibentuk ketika kita menanam pohon. Akar tanaman atau akar pohon akan menyerap air yang turun dari air hujan ke permukaan air dan menyimpannya sebagai air tanah (baca: ciri-ciri air tanah artesis). Air yang tersimpan oleh akar-akar pohon ini akan dikunci di bawah tanah sehingga kita bisa menggunakannya ketika musim kemarau tiba (baca: cara melestarikan air tanah) maka dari
itulah di daerah yang mempunyai banyak pohon, keberadaan air akan lebih mudah ditemukan apabila dibandingkan dengan daerah yang hanya ditanami sedikit pohon. Maka dari itulah sangat penting bagi kita untuk ikut menanam pohon demi ketersediaan air yang sangat kita butuhkan.

16. Berdasarkan teks tersebut, penyebab kekeringan yang terjadi di Indonesia karena ....
a. pemakaian yang berlebihan
b. minimnya peresapan air
c. wilayah Indonesia terlalu luas
d. banyaknya kepulauan yang ada di Indonesia

17. Usaha yang dapat dilakukan agar Indonesia terhindar dari kekeringan adalah ....
a. menebangi pohon
b. membuat bangunan
c. menanami pohon
d. membiarkan saja

Bacalah teks berikut untuk nomor 18-20 !
Makin berkembang tempat wisata makin memacu tumbuhnya tempat-tempat penginapan (hotel dan wisma), jasa transportasi, dan jasa hiburan. Banyak penduduk yang bekerja di hotel, menjual jasa transportasi atau angkutan untuk wisatawan, serta menjual jasa hiburan. Agen perjalanan wisata yang saat ini bermunculan merupakan dampak perkembangan pariwisata. Banyak penduduk yang memiliki 
mata pencaharian di bidang pariwisata.

18. Makin berkembang tempat wisata .... tumbuhnya tempat-tempat penginapan (hotel dan wisma), jasa transportasi, dan jasa hiburan.
a. menghambat
b. menghentikan
c. makin memacu
d. makin mematikan

19. Berikut adalah mata pencaharian penduduk di bidang pariwisata, kecuali ....
a. jasa hiburan
b. pertanian
c. jasa transportasi 
d. tempat penginapan

20. Informasi penting yang terdapat pada teks yaitu ....
a. banyak penduduk yang bekerja di hotel
b. majunya teknologi perhotelan
c. ramainya wisatawan yang berwisata
d. berkembangnya agen perjalanan

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
Bacalah teks berikut dengan saksama untuk mengerjakan nomor 1-3 !
Suatu hari, ada seekor Gajah. Tubuhnya tinggi, besar, dan gemuk, belalainya sangat panjang dan kuat. Sepasang gadingnya besar dan kukuh. Gajah itu sangat baik hati. la selalu memberikan makanan kepada binatang-binatang yang kelaparan. la pun selalu memberikan pertolongan
kepada mereka yang kesusahan. Binatang yang besar maupun binatang yang kecil, seperti tikus
dan semut, ia tolong.

1. Tokoh utama pada teks di atas adalah .................................................................................................
2. Teks di atas menceritakan bahwa Gajah memiliki sifat ........................................................................
3. Berdasarkan teks di atas, Gajah selalu memberikan pertolongan kepada ..........................................
4. Teks nonfiksi biografi berisi ..................................................................................................................
5. Salah satu judul teks fiksi adalah .........................................................................................................

Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 6-8.
Secara astronomis, Indonesia dilalui oleh garis lintang nol derajat atau garis khatulistiwa. Sesuai dengan pembagian iklim di dunia, daerah yang dilalui oleh garis khatulistiwa memiliki iklim tropis atau iklim panas. Artinya, daerah tersebut akan mendapatkan penyinaran matahari lebih banyak daripada yang tidak dilalui oleh garis khatulistiwa. 

Dengan mempunyai iklim panas atau tropis tersebut, pembagian musim di Indonesia hanya terdini dari dua musim saja, yakni musim hujan dan juga musim kemarau. Hal ini tidak seperti daerah yang memiliki iklim sub tropis dan sebagainya yang memiliki empat musim yakni musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. 

Dua musim di Indonesia ini mempunyai rasio yang sama, yakni datang masing-masing 6 bulan sekali. Di sela- sela pergantian musim tersebut ada musim khusus yang dinamakan musim pancaroba, yakni masa- masa pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan dan sebaliknya.

6. Teks di atas termasuk ke dalam teks ...................................................................................................
7. Secara astronomis, Indonesia dilalui oleh ............................................................................................
8. Untuk negara yang memiliki iklim sub tropis ada 4 iklim yaitu ..............................................................
9. Membaca merupakan kegiatan yang berguna untuk memperoleh ......................................................
10. Sekumpulan fakta yang menggambarkan suatu kejadian atau peristiwa tertentu disebut .................

Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 11 dan 12 !
Jangan sepelekan keran bocor. Jika setiap detik menetes satu tetes air saja dari keran maka dalam
sehari kita bisa kehilangan 1 ember besar air. Jika ada 5 keran bocor, berapa ember air yang terbuang percuma? Jadi, segera beri tahu orang tuamu atau orang dewasa jika ada keran yang bocor, ya !
11. Kita tidak diperbolehkan menyepelekan ................................... karena dapat membuang-buang air.
12. jika di rumahmu ada keran yang bocor, sebaiknya yang kamu lakukan adalah ................................

Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 13-15 !
Budaya Perayaan Sunat pada Masyarakat Betawi
Setiap suku atau adat di Indonesia memiliki ciri khas sendiri-sendiri dalam merayakan sunat atau 
Walimatul Khitan. Di beberapa kawasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, ada yang melakukan pagelaran kesenian seperti jaranan atau wayang kulit semalam suntuk. Sementara itu di kawasan Jakarta khusus masyarakat Betawi merayakan sunat dengan cara yang berbeda.

Di masyarakat ini, menyunatkan anak laki-laki tidak ubahnya seperti menyelenggarakan pernikahan. Itulah kenapa istilah pengantin sunat sering muncul dan digunakan untuk menyebut anak-anak yang
disunat.
13. Judul bacaan di atas adalah ...............................................................................................................
14. Budaya perayaan khitan terjadi di daerah ..........................................................................................
15. Pagelaran yang ditampilkan dalam perayaan khitan adalah ..............................................................
18. Contoh judul teks nonfiksi adalah .......................................................................................................
17. Kancil dan Buaya adalah contoh judul teks ........................................................................................
18. Setelah membaca, informasi dapat diuji menggunakan pertanyaan-pertanyaan dengan konsep .....
Bacaan teks berikut untuk menjawab soal nomor 18 dan 20!
Selain menjadi rumah bagi aneka tumbuhan dan hewan, hutan hujan juga memiliki banyak manfaat lainnya. Hutan hujan menghasilkan oksigen yang dihirup oleh banyak makhluk hidup, termasuk kita, manusia. Hutan hujan membuat iklim dunia stabil dengan menyerap karbondioksida. Pembuangan karbondioksida ke atmosfer akan membuat pemanasan global.

19. Berdasarkan teks di atas, selain menjadi rumah bagi aneka tumbuhan dan hewan, hutan hujan juga menghasilkan ....................................................................................................................................
20. Berdasarkan teks di atas, pembuangan ................. ke atmosfer akan membuat pemanasan global.

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Apa yang dimaksud peta pikiran?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

2. Apa manfaat membuat peta pikiran?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

3. Apa isi peta konsep?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

4. Bagaimana cara menemukan informasi penting?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

5. Sebutkan ciri-ciri teks nonfiksi !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

6. Tuliskan 3 judul teks nonfiksi !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

7. Buatlah teks nonfiksi tentang penggunaan air di sekolahmu !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

8. Buatlah teks nonfiksi tentang mainan tradisional yang ada di daerahmu !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

9. Tuliskan 3 judul teks fiksi !
 Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

10. Bagaimana cara menemukan pokok pikiran pada bacaan ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

Bacalah teks berikut ini !
Kualitas air minum yang baik sebenarnya bisa terlihat dengan mudah. Hal pertama untuk
mengetahuinya hanya dengan melihat tingkat kekeruhan air. Jika air keruh, hampir dipastikan
kualitas air buruk. Kekeruhan air berpengaruh terhadap kualitas air minum karena menandakan terdapat sejumlah partikel dalam konsentrasi tinggi di air. Partikel-partikel tersebut bisa berupa material hasil sedimentasi, berbagai jenis polutan, hingga tanda
keberadaan bakteri.

Tidak heran, air keruh memastikan kualitas air minum yang buruk. Bahkan, air keruh bisa membahayakan kesehatan manusia. Air seperti itu berpotensi mengandung patogen dan mikroba yang dapat memicu sejumlah penyakit.

Untuk itu, pastikan untuk meminum air yang jernih. Lagi pula, selain menjadi tanda kualitas air
minum yang buruk, air yang keruh juga pasti akan menghilangkan selera minum.

11. Tuliskan pokok pikiran pada bacaan di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 12 dan 13 !
Banyak permainan tradisional di Indonesia yang bukan hanya menyajikan keseruan, tapi juga kaya 
akan kan nilai-nilai. Misalnya di Jawa ada Dingklik Oglak Aglik, di Sunda ada Parepet Jengkol, dan sebagainya, itu kan mengajarkan bagaimana kita bersama-sama dengan yang lain. Artinya kita diajarkan toleran dengan yang lain. Jadi perbedaan bukan menjadi sesuatu yang harus diperdebatkan, justru itu bisa menjadi suatu keunggulan," kata Zaini.
12. Tuliskan pokok pikiran yang ada pada teks di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

13. Sebutkan macam-macam permainan tradisional yang ada pada teks bacaan di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 14 dan 15 !
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur setiap tahun menggelar Festival Kuwung yang menampilkan beragam seni dan budaya asal Banyuwangi. Festival ini juga akan dimeriahkan perwakilan kesenian dari Kabupaten lain. Festival Kuwung sebagai ajang kesenian dan tradisi masyarakat Banyuwangi yang beragam, karena sesuai dengan namanya, Kuwung berasal dari bahasa Osing yang artinya pelangi. Festival ini diikuti ratusan peserta dari seluruh penjuru Banyuwangi yang akan membawakan tema sejarah perjuangan para raja yang pernah bertahta di Bumi Blambangan. Banyak fragmen heroisme yang dikemas dalam sendratari oleh para peserta.

14. Siapakah penyelenggara Festival Kuwung?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

15. Apa tema yang dikemas dalam Festival Kuwung?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 16 dan 17 !
Reboisasi adalah penghijauan kembali yang dilakukan untuk mengembalikan alam yang misalnya dalam satu lokasi hutan yang sudah kehilangan banyak pohon dilakukan penanaman kembali sehingga membuat pohon di hutan kembali normal dan berfungsi sebagai pelindung manusia
menyediakan udara, air, dan mencegah banjir.

Adapun manfaat reboisasi adalah untuk menjaga keseimbangan alam karena alam butuh penyeimbang agar manusia hidup dengan baik, selain itu reboisasi bermanfaat untuk mencegah terjadinya banjir, akar pohon akan melindungi tanah dan menahan air agar tidak turun ke bawah dan menyebabkan banjir. serta mampu mencegah adanya global warming.

16. Tuliskan judul yang tepat untuk teks di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

17. Apa yang dimaksud reboisasi dan tuliskan manfaatnya?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

18. Buatlah satu paragraf teks nonfiksi tentang program penghijauan di lingkungan sekitarmu ! Jawab Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 19- 20 !
Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba yang terdapat di dalamnya. Persyaratan secara fisik, antara lain tidak keruh,
tidak berwarna apa pun, tidak berasa apa pun, tidak berbau apa pun, suhu antara 10°-25° C (sejuk),
dan tidak meninggalkan endapan. Syarat kimiawi, antara lain tidak mengandung bahan kimiawi
yang mengandung racun, tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan, cukup yodium, dan
derajat keasaman (pH) air antara 6,5-9,2. Adapun syarat mikrobiologi adalah tidak mengandung
kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus, dan kolera.
19. Tuliskan pokok pikiran pada bacaan di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

20. Sebutkan tiga persyaratan air bersih !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...........................................................................................

 

0 Comments:

Posting Komentar

PENILAIAN HARIAN TEMA 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 22 NOVEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaik...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea