Pages

Rabu, 05 April 2023

TEMA 9 SUBTEMA 1 PB 1 DAN 2

 

MATERI AJAR KELAS VD UNTUK HARI RABU TANGGAL 05 APRIL 2023



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Pada pelajaran sebelumnya kita sudah melaksanakan penilain harian Tema 8 Subtema 3. Alhamdulillah hasil penilaian harian kemarin ananda mendapatkan nilai yang baik. Bu guru harap dalam penilaian harian selanjutnya sholeh sholeha mendapakan nilai yang lebih baik. Bagi yang sudah mendapatkan nilai yang baik tolong dipertahankan dan bagi nsiswa ynag mendapatkan nilai kurang ananda belajar lebih giat lagi dan lebih rajin membaca buku dan materi yang sudah bu guru berikan. 

Hari ini kita akan belajar materi tentang tema 9 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 yaitu:  

Hari/ Tanggal    :Rabu/ 05 April 2023

Pembelajaran    : 1 dan 2

Muatan Ajar       : Bahasa Indonesia (KD 3.4 dan  4.4), IPA (KD 3.9 dan 4.9), SBdP (KD 3.2 dan 4.2)


Tujuan Pembelajaran :

1.   1,    Setelah membaca materi peserta didik mengamati iklan dalam media cetak, siswa dapat menjelaskan isi iklan, pengertian iklan, serta menemukan arti kata-kata asing dalam iklan dengan tepat.

2.    2.   Setelah membaca materipeserta didik mengamati berbagai gambar benda termasuk dalam zat tunggal, siswa dapat menuliskan pengertian zat tunggal dan mengidentifikasi contoh benda termasuk zat tunggal di lingkungan sekitar dengan benar.

3.    3.   Setelah membaca materi peserta didik mengamati gambar iklan media cetak, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur iklan yang terdapat pada gambar iklan dengan tepat.

4.    4.   Setelah membaca materi peserta didik mengamati berbagai benda pada tabel, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri zat tunggal dan zat campuran dalam kehidupan sehari-hari.

5.     5.  Setelah membaca materi peserta didik tentang tangga nada, siswa dapat menjelaskan pengertian tangga nada, tangga nada mayor, dan tangga nada minor dengan tepat.

 

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.4 dan 4.4)

MENJELASKAN ISI IKLAN DALAM MEDIA CETAK

Iklan adalah informasi untuk mendorong, membujuk, atau memberikan pengaruh kepada pembaca agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan disampaikan dalam bentuk kalimat ajakan dan disajikan dalaam bentuk media cetak dan media elektronik.

Iklan media cetak adalah iklan yang ditulis atau dicetak. Contoh media cetak, yaitu Koran, majalaha, tabloid, brosur, atau baliho. Tampilan iklan di media cetakpun bervariasi. Ada yang menggunakan kombinasi aneka warna, dan menggunakan tinta hitam dan putih. Selain itu ada iklan yang menggunakan gambar dan tulisan, dan juga hanya menggunakan tulisan.

Contoh iklan media cetak :

 

MENJELASKAN UNSUR-UNSUR IKLAN MEDIA CETAK

Iklan merupakan salh satu cara sesorang, lembaga, atau perusahaan dalam menyampaikan informasi atau pesan kepada mayarakat. Iklan menawarkan produk baik berupa barang maupun jasa. Iklan harus disajikan dengan bahasa yang komutattif, informative, mudah dimengerti dan diingat masyarakat, serta menarik perhatian. Iklan dalam media cetak memiliki unsur-unsur sebagai berikut :

1.       Judul  iklan, merupakan bagian paling penting dalam iklan. Judul iklan berisi nama produk dan ditulis dengan huruh lebih besar. Tujuannya agar pembaca tidak salah jika ingin membeli barang tersebut.

2.       Isi iklan, merupakan bagian yang berisi keunggulan produk yang ditawarkan dan biasanya menggunakan jenis huruf yang lebih kecil darin judul iklan.

3.       Sumber iklan, berupa nama penjual , lembaga, atau perusahaan yang menawarkan produk.

4.       Deskripsi produk, yaitu penjelasan tentang produk yang diiklankan yang mencakup keunggulan produk dan harga produk. Deskripsi juga dapat disertai foto atau gambar agar terliaht menarik.

5.       Alamat dan nomor kontak sumber. Hal ini berguna untuk membantu pembaca mencari informasi lebih rinci dari iklan.

 

MUATAN IPA (KD 3.9 dan 4.9)

BENDA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Di sekitar kita baanyak terdapat benda. Ada benda cair, benda padat, dan benda gas. Benda-benda itu menempati ruang dan memiliki massa. Artinya benda-benda itu bias diukur volumenya dan bias ditimbang massanya. Segala sesuatu yang memiliki massa  dan yang menempati ruang disebut materi.

Contohnya :


Gambar balon di atas menunjukkan kalau balon menempati ruang dan memiliki massa.

 

Gambar di atas menunjukkan air menempati ruang dan memiliki massa

Masih banyak contoh materi yang ada dalam kehidupan sehaei-hari, seperti kecap, gula, susu kental manis, garam termasuk materi.

MENJELASKAN CIRI-CIRI ZAT TUNGGAL dan  CAMPURAN dalam KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Pada pelajaran sdebelumnya , kita sudah belajar tentang materi. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi zat tunggal dan campuran , yaitu :

a.       1.Zat tunggal adalah materi yang hanya tersusun atas satu jenis zat. Benda-benda yang termasuk zat tunggal yaitu : emas murni, perak murni, besi, gula, kayu, garam dapur, dan kapur.

Contoh gambar :


b.   2.   Campuran adalah materi berupa kumpulan dari dua zat ataau lebih zat. Dalam campuran , sifat-sifat zat asal masih tetap tampak. Contohnya : air teh manis dan gula pasir. Rasa manis di dalam air the manis tergantung dari jumlah gula yang dicampurkan di dalamnya. Semakin banyak gula yang dilarutkan, maka air teh akan semakin manis.

      Contoh gambar :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...