Pages

Jumat, 31 Maret 2023

PENGOLAHAN DATA

MATERI AJAR KELAS V D HARI JUMAT TANGGAL 31 MARET 2023



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Alhamdulillah pada hari ini kita bertemu lagi pada pelajaran Matematika tentang Pengolahan Data yaitu tentang Mean atau mencari Nilai Rata-rata  . Kemarin para siswa kleas VD sudah belajar tentang pengertian Mean, Median dan Modus.. Semoga apa yang sudah kalian pelajari para ananda memahaminya.

 

Materi Penyajian Data kelas 5

Menyajikan data merupakan proses selanjutnya setelah mengumpulkan data. Ada beberapa macam metode penyajian data. Berikut macam-macam penyajian data beserta contohnya:

1. Penyajian Data Dalam bentuk Daftar

Dalam menyajikan data dalam bentuk daftar, langkah yang pertama dilakukan adalah mengurutkan data kemudian mengumpukan data sesuai dengan kelompoknya. Langkah selanutnya membentuk daftar sesuai dengan data yang dibutuhkan. Contoh:

Berikut data pekerjaan 10 orang tua siswa kelas 5: petani, pedagang, petani, guru, pedagang, petani, petani, polisi, pedagang, pedagang. Sajikanlah data tersebut dalam bentuk daftar!

Daftar pekerjaan 10 orang tua siswa kelas 5

Petani = 4 orang

Pedagang = 4 orang

Guru = 1 orang

Polisi = 1 orang

Itulah contoh metode penyajian data dengan bentuk daftar. Dari daftar data tersebut, akan lebih mudah dipahami dan dimengerti orang yang membaca data tersebut.

2. Penyajian Data Dalam bentuk Tabel

Penyajian data dalam bentuk table merupakan kelanjutan data dalam bentuk daftar. Setelah data di daftar maka bisa diberi garis untuk menampilkan data dalam bentuk table. Untuk lebih mudahnya memahami bisa langung di simak contoh soal di bawah ini:

Hasil ulangan Materi Penyajian Data Kelas V SDN nusantara 1 diperoleh nilai sebagai berikut:

95, 85, 65, 75, 75, 85, 75, 95, 70, 80, 75, 95, 75, 95, 70, 80, 75, 95, 75, 80, 75, 70, 75, 75, 90, 95, 80, 90, 65, 70, 75, 90, 85, 70, 85, 70.

Buatlah tabel frekuensi data tersebut!

Jawab:

penyajian data tabel kelas 5

3. Penyajian Data Dalam Bentuk Diagram Gambar (Piktogram)

Piktogram merupakan penyajian data yang angka tertentu diganti dengan gambar. Untuk lebih mudahnya bisa disimak contoh soal dan penyelesaiannya di bawah ini:

Dayu berkunjung ke perpusatakaan. Mereka belajar bersama di perpustakaan. Perpustakaan sekolah Dayu menyediakan fasilitas meja dan kursi untuk belajar dan setiap siswa diberi kesempatan untuk meminjam  buku di perpustakaan. Berikut data peminjam buku di perpustakaan.

Hari Senin sebanyak 25 siswa. 

Hari Selasa sebanyak 20 siswa. 

Hari Rabu sebanyak 30 siswa. 

Hari Kamis sebanyak 15 siswa. 

Hari Jum’at sebanyak 10 siswa.  

Hari Sabtu sebanyak 45 siswa.

Ubahlah data tersebut dalam bentuk Diagram Gambar!

gambar penyajian data dalam bentuk piktogram

Dalam membuat diagram gambar, langkah pertama yang disiapkan adalah menentukan jumlah data setiap gambar. Seperti gambar di bawah ini. 

4. Penyajian Data Dalam Bentuk Diagram Batang

Diaram batang merupakan bentuk penyajian data yang paling sering dijumpai. Biasanya sekolah, perkantoran, dan beberapa instansi menggunakan diagram batang sebagai slaah satu bentuk penyajian data. 

Dalam menentukan diagram batang, yang harus dilakukan dalah mengelompokkan data atau mengurutkan, atau membuat data dalam bentuk daftar. Kemudian buatlah diagram sumbu X dan Y. Untuk X berisi data yang disajikan, sedangkan sumbu Y berisi banyak dari data yang disajikan. 

Contoh Soal dan penyelesaian:

Siti  mencatat profesi semua orang tua siswa kelas V SD Nusantara 01. Siti menanya satu per satu profesi orang tua siswa kelas V  dan diperoleh data sebagai berikut: Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 8 orang, Petani sebanyak 12 orang, Wiraswasta sebanyak 2 orang, TNI sebanyak 5 orang, Guru sebanyak 3 orang. Ubahlah data tersebut dalam diagram batang!

Penyelesaian:

gambar diagram batang matematika

5. Penyajian Data Dalam Bentuk Diagram Garis

Pada dasarnya diagram garis tidak jauh beda dengan diagram batang. Karena sama sama menggunakan diagram cartesius atau diagram sumbu x dan y.

Namun yang membedakan antara diagram garis dan batang adalah frekuensi datanya. Jika diagram batang berupa batang, sedangkan diagram garus berupa titik titik setiap data yang kemudian ditarik menjadi sebuah garis. Untuk lebih mudahnya bisa langsung disimak contoh soal di bawah ini. 

Tinggi badan Meli juga dicatat secara berkala Pengukuran berat badan juga untuk memant perkembangan anak. Meli memiliki catatan  tinggi badannya selama 5 tahun, yaitu mulai umur 7 tahun hingga umur 11 tahun.

Berdasarkan hasil catatan yang dilakukan secara berkala, diperileh:

Tabel diagram

Penyelesaian 

gambar diagram garis

 Semoga materi yang ada di blogger ini membantu para siswa untuk menambah refrensi ilmu pengetahuan dalam belajar. Hari Senin  kita akan belajar materi Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5 dan 6.

TUGAS :

Untuk menjawab soal no 1-3 simaklah penjelasan berikut ini.

Sebuah data hasil ulangan mataematika kelas 5 SD Cahaya Bangsa sebagai berikut:

70        75        77        82        85

90        70        77        82        90

70        75        75        85        77

1. Berdasarkan data tersebut, berapa anak yang mendapatkan nilai ulangan terkecil?

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4

2. Berdasarkan data tersebut, berapa nilai tertinggi yang didapatkan siswa kelas 5 SD Cahaya Bangsa?

  1. 90
  2. 95
  3. 100
  4. 85

3. Berapa total siswa kelas 5 SD Cahaya Bangsa yang mengikuti ulangan matematika?

  1. 10
  2. 15
  3. 20
  4. 25

Untuk menjawab soal no 4-6 simaklah tabel berikut ini

Data ini merupakan data tinggi badan dari SMP Gemilang 

Tinggi badan

Jumlah

155

5

157

7

160

3

162

6

165

4

Total

25

 

4. Berapa tinggi badan terbanyak di SMP Gemilang?

  1. 155 cm
  2. 157 cm
  3. 162 cm
  4. 165 cm
5. Siswa SMP Gemilang yang memiliki tinggi badan 165 cm berjumlah?
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4

6. Berapa selisih jumlah siswa yang tinggi badan tertinggi dan tinggi badan terendah?

  1. 7
  2. 6
  3. 4
  4. 3

7. Berikut merupakan data hasil ulangan siswa kelas 5 SD Nusa Bangsa

75        80        85        87        77

77        90        95        87        75

80        87        90        90        75

77        80        90        75        87

90        87        85        77        75

Data tersebut jika diubah ke dalam diagram batang ditunjukkan oleh...

  1. image
  2. image
  3. image
  4. image

Untuk menjawab soal no 8-10 simaklah penjelasan berikut ini.

Berikut adalah diagram batang dari penjualan beras di Desa Suka Maju (dalam bentuk ton)

image 

8. Pernyataan yang sesuai dengan diagram diatas adalah...

  1. Tahun 2015 penjualan beras mencapai 19 ton
  2. Tahun 2017 penjualan beras paling banyak dibandingkan tahun-tahun lainnya
  3. Tahun 2018 penjualan beras mencapai 16 ton
  4. Tahun 2015 penjualan beras paling banyak

9. Berapa ton penjualan beras pada tahun 2017?

  1. 16
  2. 15
  3. 13
  4. 12

10. Jika harga 1 kg beras adalah Rp. 9.000,00. Maka pendapatan yang didapatkan petani di tahun 2016 adalah...

  1. Rp. 180.000.000,00
  2. Rp. 171.000.000,00
  3. Rp. 144.000.000,00
  4. Rp. 120.000.000,00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...