Kamis,5 Agustus 2021
Kelas : VD
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh sholeha VD bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria ini semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu.,sima tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran.Setelah membaca materi ini silahkan ananda beri tanggapan dikolom komentar dan kerjakan latihan soal dengan klik link soal yang ada di bagian bawah setelah materi untuk melihat keaktifan dan pemahaman siswa pada materi yang disajikan
Dan Manusia
Sub Tema
3 : Lingkungan
dan Manfaatnya
Pembelajaran
ke : 3 (Mapel PKn KD
3.1, IPS KD 3.1 dan Bahasa Indonesia KD 3.1)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu mengidentifikasi
pengaruh kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan
kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat secara peduli.
2. Siswa mampu membedakan
pengaruh kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan
kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat secara bertanggung
jawab.
3. Siswa menyebutkan perilaku
yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dengan percaya diri.
Materi Ajar
Merupakan negara maritim Apakah negara maritim itu?
Negara maritim adalah negara yang memiliki perairan
yang luas. Selain sebagai negara maritim Indonesia juga dikenal sebagai negara
agraris karena sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani.
Kondisi geografis yang membentang di wilayah Indonesia
membuat banyak terdapat perbedaan dalam pekerjaan maupun kehidupan
masyarakat.
Selain keberagaman geografis Indonesia juga memiliki
keragaman suku bangsa. Selain keberagaman suku Indonesia juga kaya akan keberagaman
bahasa daerah. Bukan menjadi pemisah bagi bangsa Indonesia tetapi menjadi
pemersatu dan mempererat tali persaudaraan.
keragaman budaya tersebut tidak lepas dari
kondisi geografis wilayah Indonesia yang luas. Indonesia merupakan negara
kepulauan yang sangat luas di Asia Tenggara.
Indonesia terdiri dari 17000 pulau, diantaranya adalah
Sumatera Kalimantan Jawa Sulawesi dan Papua.
Ø Cara menentukan ide pokok
Ada beberapa cara menentukan ide pokok secara
sederhana. Dapur Imajinasi menjelaskannya sebagai berikut!
ü Mengambil kalimat utama
Cara ini adalah cara termudah dalam mencari ide pokok.
Ide pokok bisa diambil langsung dari kalimat utama. Namun, ada juga beberapa
kalimat utama yang tidak bisa dijadikan ide pokok. Jadi, kalimat utama bisa jadi
suatu ide pokok, tetapi ide pokok belum tentu kalimat utama.
Nah, inilah paragraf yang ide pokoknya bisa diambil
dari kalimat utama.
Buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Buah ini
bisa dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga bisa dijadikan manisan.
Buah yang rasanya masam ini juga bisa dijadikan obat batuk dengan cara makan
daging buahnya yang sudah dicolek atau dilumuri kecap.
Kalimat utama paragraf di atas adalah kalimat pertama,
yakni “Buah kedondong memiliki berbagai manfaat”.
Ide pokok sama dengan kalimat utama sehingga ide
pokoknya adalah “Buah kedondong memiliki berbagai manfaat”.
ü Mengurangi kata-kata dalam kalimat utama
yang tidak perlu
Dengan cara ini, kita tinggal mencari kalimat utama
kemudian mengurangi kata-kata yang tidak perlu sehingga menjadi lebih ringkas.
Contoh:
Buah kedondong memiliki
berbagai manfaat. Buah ini bisa dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga
bisa dijadikan manisan. Buah yang rasanya masam ini juga bisa dijadikan obat
batuk dengan cara makan daging buahnya yang sudah dicolek atau dilumuri kecap.
Kalimat utama: Buah kedondong memiliki berbagai
manfaat.
Ide pokok: Kedondong memiliki berbagai manfaat
ü Membalik kalimat utama atau menyimpulkan
kalimat utama
Cara ini juga termasuk cara mudah dalam mencari ide
pokok. Kita tinggal mencari kalimat utama kemudian menyimpulkannya menjadi ide
pokok atau bisa juga dengan cara membaliknya.
Contoh:
Buah kedondong memiliki
berbagai manfaat. Buah ini bisa dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga
bisa dijadikan manisan. Buah yang rasanya masam ini juga bisa dijadikan obat
batuk dengan cara makan daging buahnya yang sudah dicolek atau dilumuri kecap.
Kalimat utama: Buah kedondong memiliki berbagai
manfaat.
Ide pokok:
- Manfaat buah
kedondong
- Berbagai manfaat
buah kedondong
- Khasiat buah
kedondong
ü Menyimpulkan isi paragraf
Menyimpulkan isi paragraf digunakan untuk menentukan
ide pokok jika kita tidak bisa menyimpulkan dari kalimat utama.
Berikut contoh mencari ide pokok dengan cara
menyimpulkan isi paragraf.
Ini adalah hewan berkaki
empat. Hewan ini termasuk herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan. Dagingnya
menjadi komoditas pokok di Indonesia. Saat hari Idul Adha, hewan ini sering
dijadikan hewan kurban. Hewan ini adalah sapi.
Kalimat utama: Hewan ini adalah sapi.
Paragraf di atas membahasa tentang ciri-ciri sapi, sehingga
ide pokoknya adalah “ciri-ciri sapi”.
Contoh Perilaku / Sikap Sehari-hari Yang Sesuai
dengan Pengamalan Nilai Luhur Pancasila Sila ke 1,2,3,4,5 : |
1. Ketuhanan yang Maha Esa. |
Sila ke 1 ini berkaitan dengan perilaku kita
sehari-hari sebagai umat beragama.
· Di keluarga
:
ü Selalu bersyukur atas nikmat yang
diberikan Tuhan.
ü Memanjatkan doa-doa baik untuk orang tua
dan keluarga.
ü Menjalankan perintah agama yang di anut
masing-masing keluarga.
ü Berbakti pada kedua orang tua.
ü Beribadah sesuai dengan agama
keyakinannya masing-masing.
· Di
Sekolah :
ü Tidak memaksakan teman untuk menganut
agama tertentu.
ü Menghormati teman yang berbeda agama.
ü Menghargai teman yang sedang beribadah
meskipun berbeda agama.
· Di
Pergaulan Masyarakat :
ü Menghormati pemeluk agama lain.
ü Tetap bergaul meskipun berbeda agama.
ü Tidak memaksakan kehendak orang lain
untuk beribadah sesuai ajarannya.
ü Menjaga keharmonisan antar umat beragama.
2. Kemanusiaan
yang Adil dan Beradab. |
Sila ke 2 ini berkaitan dengan sikap berlaku adil dan
berbudi pekerti yang baik.
· Di
keluarga :
ü Menghormati orang yang lebih tua dari
kita.
ü Menghargai orang yang lebih muda dari
kita.
ü Membantu orang tua.
ü Bekerja sama dengan keluarga.
ü Menjaga nilai-nilai luhur yang ada di
dalam keluarga.
ü Tidak bersikap semena-mena pada adik.
ü Sikap kasih dan sayang dengan seluruh
anggota keluarga.
· Di
Sekolah :
ü Menghormati guru dan menghargai teman.
ü Tidak membeda-bedakan teman karena
berbeda tingkat pendidikan, minat, agama dan lain sebagainya.
ü Mengenakan seragam sekolah yang rapi.
ü Bersikap adil pada teman.
· Di
Pergaulan Masyarakat :
ü Tidak berlaku diskriminatif.
ü Saling membantu ketika tetangga
membutuhkan bantuan.
ü Memberikan bantuan materi maupun non
materi pada warga yang tertimpa musibah.
3. Persatuan
Indonesia. |
Sila ke 3 ini berkaitan dengan sikap kita sebagai
warga negara Indonesia untuk bersatu membangun bangsa.
Di keluarga :
ü Tidak berkelahi dengan saudara, adik
maupun kakak.
ü Menyayangi sesama anggota
keluarga.
ü Membina kerukunan dan
keutuhan keluarga.
ü Bergotong-royong
bersama anggota keluarga.
ü Bersama-sama
saling membantu pekerjaan di rumah.
· Di
Sekolah :
ü Tidak berkelahi dengan teman.
ü Mengerjakan tugas kelompok sekolah
bersama-sama.
· Di
Pergaulan Masyarakat :
ü Menjaga nilai-nilai luhur bangsa
Indonesia.
ü Cinta tanah air dan bangsa Indonesia.
ü Cinta produk buatan Indonesia.
ü Ikut berpartisipasi dalam kegiatan
masyarakat, diantaranya kerjabakti & gotong royong.
ü Tidak menimbulkan perpecahan dalam
bermasyarakat.
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah
kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. |
Sila ke 4 ini berkaitan dengan sikap kita untuk selalu
bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah.
· Di
keluarga :
ü Menghargai pendapat anggota keluarga yang
lain.
ü Tidak memaksakan kehendak anggota
keluarga yang lain.
ü Memberikan saran/nasihat jika diperlukan.
ü Melaksanakan peraturan tata tertib dalam
keluarga yang telah disepakati bersama.
· Di
Sekolah :
ü Menghormati hasil musyawarah dalam
keputusan organisasi sekolah.
ü Tidak memaksakan pendapat teman.
ü Mengikuti jalannya rapat OSIS.
· Di
Pergaulan Masyarakat :
ü Mengutamakan kepentingan masyarakat,
bangsa dan negara.
ü Ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Umum.
ü Menghargai pendapat orang lain.
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh
Rakyat Indonesia. |
Sila ke 5 ini berkaitan dengan sikap kita untuk
menciptakan kesejahteraan bersama serta berlaku adil pada sesama.
· Di
keluarga :
ü Menolong adik yang sedang memerlukan
bantuan.
ü Menghargai hak-hak anggota keluarga
lainnya.
ü Melaksanakan kewajiban sebagai anggota
keluarga yang baik.
· Di
Sekolah :
ü Menghargai hasil karya teman di sekolah.
ü Melaksanakan kewajiban-kewajiban sebagai
siswa sekolah.
ü Tidak pilih kasih dalam berteman.
· Di
Pergaulan Masyarakat :
ü Mendahulukan kepentingan bersama.
ü Menghormati hak dan kewajiban orang lain
dalam hidup bermasyarakat.
ü Taat membayar pajak.
Pusat Pembuatan Gerabah di Dusun Klipoh
Dusun wisata di Klipoh merupakan pusat desa kerajinan
pembuatan gerabah. Dusun tersebut terletak di desa Karanganyar, Kecamatan
Borobudur, Kabupaten Magelang provinsi Jawa Tengah. Dusun klipoh berada tidak
jauh dari objek wisata Candi Borobudur. kegiatan dan proses pembuatan
gerabah yang diwariskan secara turun-temurun terukir pada salah satu relief
Candi Borobudur. Tradisi pembuatan gerabah di Dusun klipoh diperkirakan telah
ada sebelum pembuatan candi Borobudur.
Sejak tahun 2000 Dusun klipoh mulai dikunjungi
wisatawan. Wisatawan dapat mengikuti kegiatan proses pembuatan dan mencoba
sendiri membuat gerabah. Beberapa hotel di sekitar kawasan Candi Borobudur
memiliki paket kunjungan ke dusun klipoh.
Proses pembuatan gerabah di Lippo masih menggunakan
teknik sederhana. Teknik ini berdasarkan pengetahuan yang diwariskan secara
turun temurun. Pembuatan gerabah melalui berbagai proses antara lain
pembentukan gerabah Proses pengeringan dengan menggunakan sinar matahari , dan
proses pembakaran. Sebanyak 80% penduduk klipoh berprofesi sebagai pengrajin
gerabah.
2. Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia
sebagai Negara Maritim terhadap Transportasi Masyarakat
Wilayah Indonesia yang luas, berupa kepulauan, dan
disatukan oleh laut sangat mempengaruhi kondisi transportasi yang ada. Jalur
strategis yang bisa digunakan untuk menghubungkan antara pulau satu dengan
pulau yang lain adalah jalur laut dan jalur udara. Adapun jenis atau moda
transportasi yang efektif digunakan adalah kapal laut dan pesawat terbang.
Adapun jalur darat ada moda transportasi kereta api, bus, dan mobil yang
digunakan untuk menghubungkan daerah satu dengan daerah lain dalam satu pulau.
Penggunaan pesawat sebagai moda transportasi penghubung antarpulau harus
didukung dengan sarana pendukung. Sarana pendukung untuk pesawat adalah
tersedianya bandar udara atau bandara serta lapangan udara. Untuk pulau-pulau
besar dan kota-kota besar dibangunlah bandara yang mampu menampung
pesawat-pesawat besar. Sedangkan di pulau-pulau kecil dibangunlah lapangan udara
yang hanya mampu menampung pesawat-pesawat kecil atau pesawat-pesawat perintis.
Begitu pula dengan penggunaan kapal sebagai moda transportasi penghubung
antarpulau, harus didukung dengan ketersediaan pelabuhan yang memadai.
Ketersediaan pelabuhan yang memadai dan jumlah kapal yang banyak bisa
meningkatkan mobilitas masyarakat antarpulau. Karena penggunaan moda
transportasi kapal dirasa masih lebih murah jika dibandingkan dengan
menggunakan pesawat, sehingga masyarakat lebih banyak memilih untuk menggunakan
kapal untuk bepergian antar pulau.
Ayo Berlatih!
Ayo Berlatih!
Peta di atas adalah peta jalur penerbangan antarpulau di Indonesia. Sekarang sebutkan bandara-bandara dan lapangan udara di tiap-tiap provinsi di Indonesia.
No | Nama Provinsi | Nama Bandara/Lapangan |
1 | Nangroe Aceh Darussalam | Sultan Iskandar Muda |
2 | Sumatera Utara | Kuala Namu |
3 | Riau | Sultan Syarif Kasim II |
4 | Kepulauan Riau | Raja Haji Fisabilillah |
5 | Sumatera Barat | Minangkabau |
6 | Jambi | Sultan Thaha |
7 | Sumatera Selatan | Sultan Mahmud Badaruddin II |
8 | Kep. Bangka Belitung | Depati Amir |
9 | Bengkulu | Fatmawati |
10 | Lampung | Radin Inten II |
11 | Banten | Soekarno Hatta |
12 | DKI Jakarta | Halim Perdanakusuma |
13 | Jawa Barat | Hussein Sastranegara |
14 | Jawa Tengah | Ahmad Yani |
15 | DI Yogyakarta | Adi Sucipto |
16 | Jawa Timur | Juanda |
17 | Bali | I Gusti Ngurah Rai |
18 | Nusa Tenggara Barat | Lombok |
19 | Nusa Tenggara Timur | El Tari |
20 | Kalimantan Utara | Tanjung Harapan |
21 | Kalimantan Barat | Supadio |
22 | Kalimantan Tengah | Tjilik Riwut |
23 | Kalimantan Selatan | Syamsudin Noor |
24 | Kalimantan Timur | Temindung |
25 | Sulawesi Utara | Sam Ratulangi |
26 | Sulawesi Barat | Tampa Padang |
27 | Sulawesi Tengah | Mutiara |
28 | Sulawesi Tenggara | Haluoleo |
29 | Sulawesi Selatan | Sultan Hasanuddin |
30 | Gorontalo | Jalaluddin |
31 | Maluku | Patimura |
32 | Maluku Utara | Sultan Baabullah |
33 | Papua Barat | Rendani |
34 | Papua | Sentani |
Peta di atas adalah peta jalur pelayaran antarpulau di Indonesia. Sekarang sebutkan nama pelabuhan di tiap-tiap provinsi di Indonesia
No | Nama Provinsi | Nama Pelabuhan |
1 | Nangroe Aceh Darussalam | Pelabuhan Yoseph Iskandar |
2 | Sumatera Utara | Pelabuhan Tanjung Balai |
3 | Riau | Pelabuhan Sungai Pakning |
4 | Kepulauan Riau | Pelabuhan Bakong |
5 | Sumatera Barat | Pelabuhan Teluk Bayur |
6 | Jambi | Pelabuhan Talang Duku |
7 | Sumatera Selatan | Pelabuhan Tanjung Api Api |
8 | Kep. Bangka Belitung | Pelabuhan Tanjung Pandan |
9 | Bengkulu | Pelabuhan Samudera Pulau Baai |
10 | Lampung | Pelabuhan Bakaheuni |
11 | Banten | Pelabuhan Merak |
12 | DKI Jakarta | Pelabuhan Sunda Kelapa |
13 | Jawa Barat | Pelabuhan Cirebon |
14 | Jawa Tengah | Pelabuhan Tanjung Mas |
15 | DI Yogyakarta | Pelabuhan Adikarto |
16 | Jawa Timur | Pelabuhan Batu Guluk |
17 | Bali | Pelabuhan Gilimanuk |
18 | Nusa Tenggara Barat | Pelabuhan Poto Tano |
19 | Nusa Tenggara Timur | Pelabuhan Marapokot |
20 | Kalimantan Utara | Pelabuhan Kelapis |
21 | Kalimantan Barat | Pelabuhan Dwikora |
22 | Kalimantan Tengah | Pelabuhan Palangkaraya |
23 | Kalimantan Selatan | Pelabuhan Banjarmasin |
24 | Kalimantan Timur | Pelabuhan Samarinda |
25 | Sulawesi Utara | Pelabuhan Laut Torosik, |
26 | Sulawesi Barat | Pelabuhan Mamuju |
27 | Sulawesi Tengah | Pelabuhan Pantoloan |
28 | Sulawesi Tenggara | Pelabuhan Murhum |
29 | Sulawesi Selatan | Pelabuhan Tanjung Ringgit |
30 | Gorontalo | Pelabuhan Gorontalo |
31 | Maluku | Pelabuhan Batu Merah, |
32 | Maluku Utara | Pelabuhan Tapaleo, |
33 | Papua Barat | Pelabuhan Wasior |
34 | Papua | Pelabuhan Jayapura |
Kemajuan dan perkembangan bidang transportasi
antarpulau akan makin memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena
akan meningkatkan mobilitas antarpulau, sehinga akan memungkinkan terjadinya
persebaran dan pertukaran sistem nilai dan budaya antarpulau. Jika sudah
terjadi hal yang demikian maka setiap pulau termasuk masyarakatnya akan lebih
merasa menjadi satu kesatuan dan menjadi bagian penting yang tak terpisahkan
dari NKRI.
# Bahasa Indonesia
Contoh teks bacaan dalam menentukan ide pokok.
Kapal Phinisi adalah sebuah kapal layar kebanggaan
masyarakat Sulawesi Selatan. Bahkan juga menjadi kapal kebanggaan bangsa
Indonesia. Ketangguhan dan ketenaran kapal ini telah terdengar di seluruh
penjuru dunia. Sudah sejak sekitar abad 14, kapal phinisi berlayar dan
menjelajah samudera di seluruh dunia.
Konon, Phinisi ini diambil dari nama seseorang yang bernama Phinisi. Suatu
ketika dia berlayar melewati pesisir pantai Bira. Dia melihat rentetan kapal di
laut, kemudian dia menegur salah seorang nakhoda kapal tersebut bahwa layar
yang digunakannya masih perlu diperbaiki. Sejak saat itu orang Bira berfikir
dan mendesain layar sedemikian rupa dan akhirnya berbentuk layar Phinisi yang
seperti sekarang ini. Atas teguran orang tersebut, maka orang-orang Bira memberi
layar itu dengan nama Phinisi.
Kapal Phinisi adalah kapal istimewa. Kapal ini dibuat oleh tangantangan ahli
tanpa menggunakan peralatan canggih dan modern. Seluruh bagian kapalnya terbuat
dari kayu dan dirangkai tanpa menggunakan paku. Meskipun demikian, kapal ini
telah membuktikan ketangguhannya dalam mengarungi samudra dan menjelajah
negara-negara dunia.
Banyak upacara atau ritual yang dilakukan dalam membuat kapal Phinisi. Mulai
dari pencarian hari baik untuk memulai pembuatan, upacara atau ritual mengusir
roh jahat saat akan menebang kayu yang akan digunakan untuk membuat Kapal
Phinisi, upacara atau ritual peletakan lunas dan pemasangan
pengapit lunas, kemudian memasuki proses penggabungan dan
pendempulan badan kapal. Pada proses terakhir dilakukan peluncuran,
namun sebelumnya juga diadakan upacara atau ritual selamatan. Semua upacara
atau ritual itu dilakukan semata-mata untuk mengharapkan keselamatan dan
kesejahteraan bagi pembuat, pemilik, dan penumpang kapal Phinisi.
Peluncuran kapal Phinisi dilakukan pada saat air laut pasang dan matahari
sedang naik. Ketika kapal sudah mengapung di laut, barulah tiang dan layar
dipasang. Kapal yang diluncurkan biasanya sudah siap dengan awaknya. Adapun
kepala tukang bertindak sebagai pelaksana utama upacara dan duduk di sebelah
kiri. Doa dan mantra pun diucapkannya.
Walaupun terbuat dari kayu, kapal ini mampu bertahan dari terjangan ombak besar
di laut lepas. Kapal phinisi satu-satunya kapal kayu besar dari sejarah masa lampau
yang masih diproduksi hingga sekarang.
Kapal Phinisi sendiri umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah
layar. Dua tiang layar pada phinisi menyimbolkan dua kalimat syahadat,
sedangkan ketujuh layarnya melambangkan jumlah ayat dalam surat AL-Fatihah.
Ada beberapa jenis kapal Phinisi, tetapi yang pada umumnya Phinisi ada dua
jenis.
Lamba atau lambo. Merupakan Phinisi modern yang
dilengkapi dengan motor diesel (PLM).
Palari. Merupakan bentuk awal Phinisi yang melengkung
dan ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan Lamba.
Kapal Phinisi biasanya digunakan sebagai kapal
pengangkut barang antarpulau, namun di era modern seperti sekarang ini, Phinisi
sebagai kapal barang berubah fungsi menjadi kapal pesiar mewah. Phinisi dibuat
dengan interior yang mewah dan dilengkapi peralatan menyelam, dan peralatan
permainan wisata bahari.
Kapal Phinisi juga dijadikan lambang salah satu
gerakan WWF, yakni SOSharks. Gerakan ini merupakan gerakan untuk penyelamatan
dan pelestarian hiu. Membanggakan bukan?
Muatam PKn
nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila
Pancasila.
1. Sila pertama. sila pertama Pancasila berbunyi
Ketuhanan Yang Maha Esa.
Pada sila pertama warga negara Indonesia berhak untuk
menjalankan dan memeluk agama sesuai dengan keyakinannya.
Pada sila pertama ini pula, terkandung nilai bahwa
setiap warga negara berhak untuk mendapatkan rasa aman dalam menjalankan
ibadahnya. Kita tidak boleh memaksakan suatu agama terhadap orang lain. Hal
tersebut sangat bertentangan dengan pengamalan sila pertama Pancasila.
2. Sila ke-2, Kemanusiaan yang adil dan beradab. Pada
sila ini menunjukkan bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban
sebagai warga negara. Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan secara
seimbang dan adil. Di sini juga diharapkan setiap warga negara memiliki Sikap
tenggang rasa dan toleransi dalam kehidupan sosial.
3. Sila ke-3, Persatuan Indonesia. Pada sila ini kita
dituntut agar selalu mencintai tanah air dan menjaga rasa persatuan dan
kesatuan di dalam kerangka kebhinekaan.
Sikap sikap positif yang harus dilakukan sesuai dengan
sila ketiga Pancasila adalah mencintai produk produk dalam negeri, menghormati
kebudayaan dari daerah lain, menjaga dan melestarikan kebudayaan daerah yang
ada di seluruh Indonesia.
4. Sila ke-4, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
Sikap yang sesuai dengan sila ini adalah senantiasa
menunjukkan sikap musyawarah dalam merencanakan sesuatu.
Musyawarah yang dilakukan tentunya untuk mencapai
mufakat. Ketika kemufakatan tidak tercapai maka dilakukan melalui pemungutan
suara terbanyak atau yang dikenal dengan nama lain voting.
Selain itu pula sikap yang sesuai dengan pengamalan
sila keempat adalah berbicara yang santun saat bermusyawarah, menghormati
perbedaan pendapat di dalam musyawarah, dan menerima hasil musyawarah dengan
lapang dada.
5. Sila ke-5, menunjukkan setiap warga negara harus
memiliki sikap gotong royong dan peduli antar sesama.
Memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan,
merupakan salah satu wujud keadilan sosial Kepada seluruh masyarakat.
SOAL LATIHAN SISWA :
1. Jelaskan pengertian dari negara maritim
!
S 2 Sebutkan nama-nama Bandara dan Pelabuhan yang ada
di provisi :
●DKI Jakarta
●Lampung
●Sumatera Barat!
Silahkan kirimkan tugas melalui voice not
SELAMAT BELAJAR
5 Comments:
Assalamu'alaikum...Bu
Danur Artha.R
Absen :7 (Hadir)
Assalamualaikum....bu
Fairuz aidil ikhsan
Absen 11
Hadir bu
Edgina Ramadhania Maryam hadir Bu EL
Assalamualaikum bu
Nama M.Raffi Rabbani
Kelas 5d
No absen 17
Hadir bu
Assalamu'alaikum...
Dhinea dzakia queenta
5d
08
Hadir ya bu🙏
Posting Komentar