Pages

Kamis, 05 Agustus 2021

Tema 1 sub tema 3 PB 3 dan 4

  Kamis,5 Agustus 2021

 Kelas : VD

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh sholeha VD bagaimana kabarnya di hari Kamis   yang ceria  ini semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat  serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu.,sima tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran.Setelah membaca materi ini silahkan ananda beri tanggapan dikolom  komentar  dan kerjakan latihan soal  dengan klik link soal yang ada di bagian bawah setelah materi untuk melihat   keaktifan dan pemahaman siswa pada materi yang disajikan

 

Dan Manusia

Sub Tema 3                :  Lingkungan dan Manfaatnya

Pembelajaran ke       :  3 (Mapel PKn KD 3.1, IPS KD 3.1 dan Bahasa Indonesia KD 3.1)

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Siswa mampu mengidentifikasi pengaruh kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat secara peduli.

2.    Siswa mampu membedakan pengaruh kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat secara bertanggung jawab.

3.    Siswa menyebutkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dengan percaya diri.

 

Materi Ajar

Merupakan negara maritim Apakah negara maritim itu?

Negara maritim adalah negara yang memiliki perairan yang luas. Selain sebagai negara maritim Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani.

Kondisi geografis yang membentang di wilayah Indonesia membuat banyak terdapat perbedaan dalam pekerjaan maupun kehidupan masyarakat.  

Selain keberagaman geografis Indonesia juga memiliki keragaman suku bangsa. Selain keberagaman suku Indonesia juga kaya akan keberagaman bahasa daerah. Bukan menjadi pemisah bagi bangsa Indonesia tetapi menjadi pemersatu dan mempererat tali persaudaraan.

 

 keragaman budaya tersebut tidak lepas dari kondisi geografis wilayah Indonesia yang luas. Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas di Asia Tenggara.

 

Indonesia terdiri dari 17000 pulau, diantaranya adalah Sumatera Kalimantan Jawa Sulawesi dan Papua.

 

Ø  Cara menentukan ide pokok

Ada beberapa cara menentukan ide pokok secara sederhana. Dapur Imajinasi menjelaskannya sebagai berikut!

ü  Mengambil kalimat utama

Cara ini adalah cara termudah dalam mencari ide pokok. Ide pokok bisa diambil langsung dari kalimat utama. Namun, ada juga beberapa kalimat utama yang tidak bisa dijadikan ide pokok. Jadi, kalimat utama bisa jadi suatu ide pokok, tetapi ide pokok belum tentu kalimat utama.

Nah, inilah paragraf yang ide pokoknya bisa diambil dari kalimat utama.

Buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Buah ini bisa dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga bisa dijadikan manisan. Buah yang rasanya masam ini juga bisa dijadikan obat batuk dengan cara makan daging buahnya yang sudah dicolek atau dilumuri kecap.

Kalimat utama paragraf di atas adalah kalimat pertama, yakni “Buah kedondong memiliki berbagai manfaat”.

Ide pokok sama dengan kalimat utama sehingga ide pokoknya adalah “Buah kedondong memiliki berbagai manfaat”.

ü  Mengurangi kata-kata dalam kalimat utama yang tidak perlu

Dengan cara ini, kita tinggal mencari kalimat utama kemudian mengurangi kata-kata yang tidak perlu sehingga menjadi lebih ringkas.

Contoh:

        Buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Buah ini bisa dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga bisa dijadikan manisan. Buah yang rasanya masam ini juga bisa dijadikan obat batuk dengan cara makan daging buahnya yang sudah dicolek atau dilumuri kecap.

Kalimat utama: Buah kedondong memiliki berbagai manfaat.

Ide pokok: Kedondong memiliki berbagai manfaat

ü  Membalik kalimat utama atau menyimpulkan kalimat utama

Cara ini juga termasuk cara mudah dalam mencari ide pokok. Kita tinggal mencari kalimat utama kemudian menyimpulkannya menjadi ide pokok atau bisa juga dengan cara membaliknya.

Contoh:

        Buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Buah ini bisa dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga bisa dijadikan manisan. Buah yang rasanya masam ini juga bisa dijadikan obat batuk dengan cara makan daging buahnya yang sudah dicolek atau dilumuri kecap.

Kalimat utama: Buah kedondong memiliki berbagai manfaat.

Ide pokok:

-      Manfaat buah kedondong

-      Berbagai manfaat buah kedondong

-      Khasiat buah kedondong

 

ü  Menyimpulkan isi paragraf

Menyimpulkan isi paragraf digunakan untuk menentukan ide pokok jika kita tidak bisa menyimpulkan dari kalimat utama.

Berikut contoh mencari ide pokok dengan cara menyimpulkan isi paragraf.

        Ini adalah hewan berkaki empat. Hewan ini termasuk herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan. Dagingnya menjadi komoditas pokok di Indonesia. Saat hari Idul Adha, hewan ini sering dijadikan hewan kurban. Hewan ini adalah sapi.

Kalimat utama: Hewan ini adalah sapi.

Paragraf di atas membahasa tentang ciri-ciri sapi, sehingga ide pokoknya adalah “ciri-ciri sapi”.

Contoh Perilaku / Sikap Sehari-hari Yang Sesuai dengan Pengamalan Nilai Luhur Pancasila Sila ke 1,2,3,4,5 :

 

1.   Ketuhanan yang Maha Esa.

Sila ke 1 ini berkaitan dengan perilaku kita sehari-hari sebagai umat beragama.

·       Di keluarga :

ü  Selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan.

ü  Memanjatkan doa-doa baik untuk orang tua dan keluarga.

ü  Menjalankan perintah agama yang di anut masing-masing keluarga.

ü  Berbakti pada kedua orang tua.

ü  Beribadah sesuai dengan agama keyakinannya masing-masing.

·        Di Sekolah :

ü  Tidak memaksakan teman untuk menganut agama tertentu.

ü  Menghormati teman yang berbeda agama.

ü  Menghargai teman yang sedang beribadah meskipun berbeda agama.

·        Di Pergaulan Masyarakat :

ü  Menghormati pemeluk agama lain.

ü  Tetap bergaul meskipun berbeda agama.

ü  Tidak memaksakan kehendak orang lain untuk beribadah sesuai ajarannya.

ü  Menjaga keharmonisan antar umat beragama.

 

2.   Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.


Sila ke 2 ini berkaitan dengan sikap berlaku adil dan berbudi pekerti yang baik.

·        Di keluarga :

ü  Menghormati orang yang lebih tua dari kita.

ü  Menghargai orang yang lebih muda dari kita.

ü  Membantu orang tua.

ü  Bekerja sama dengan keluarga.

ü  Menjaga nilai-nilai luhur yang ada di dalam keluarga.

ü  Tidak bersikap semena-mena pada adik.

ü  Sikap kasih dan sayang dengan seluruh anggota keluarga.

·        Di Sekolah :

ü  Menghormati guru dan menghargai teman.

ü  Tidak membeda-bedakan teman karena berbeda tingkat pendidikan, minat, agama dan lain sebagainya.

ü  Mengenakan seragam sekolah yang rapi.

ü  Bersikap adil pada teman.

·        Di Pergaulan Masyarakat :

ü  Tidak berlaku diskriminatif.

ü  Saling membantu ketika tetangga membutuhkan bantuan.

ü  Memberikan bantuan materi maupun non materi pada warga yang tertimpa musibah.

3.   Persatuan Indonesia.

 

Sila ke 3 ini berkaitan dengan sikap kita sebagai warga negara Indonesia untuk bersatu membangun bangsa.

Di keluarga :

ü  Tidak berkelahi dengan saudara, adik maupun kakak.

ü    Menyayangi sesama anggota keluarga.

ü     Membina kerukunan dan keutuhan keluarga.

ü      Bergotong-royong bersama anggota keluarga.

ü      Bersama-sama saling membantu pekerjaan di rumah.

·        Di Sekolah :

ü  Tidak berkelahi dengan teman.

ü  Mengerjakan tugas kelompok sekolah bersama-sama.

·        Di Pergaulan Masyarakat :

ü  Menjaga nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

ü  Cinta tanah air dan bangsa Indonesia.

ü  Cinta produk buatan Indonesia.

ü  Ikut berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat, diantaranya kerjabakti & gotong royong.

ü  Tidak menimbulkan perpecahan dalam bermasyarakat.

 

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Sila ke 4 ini berkaitan dengan sikap kita untuk selalu bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah.

·        Di keluarga :

ü  Menghargai pendapat anggota keluarga yang lain.

ü  Tidak memaksakan kehendak anggota keluarga yang lain.

ü  Memberikan saran/nasihat jika diperlukan.

ü  Melaksanakan peraturan tata tertib dalam keluarga yang telah disepakati bersama.

·        Di Sekolah :

ü  Menghormati hasil musyawarah dalam keputusan organisasi sekolah.

ü  Tidak memaksakan pendapat teman.

ü  Mengikuti jalannya rapat OSIS.

·        Di Pergaulan Masyarakat :

ü  Mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

ü  Ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Umum.

ü  Menghargai pendapat orang lain.

 

5.   Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Sila ke 5 ini berkaitan dengan sikap kita untuk menciptakan kesejahteraan bersama serta berlaku adil pada sesama.

·        Di keluarga :

ü  Menolong adik yang sedang memerlukan bantuan.

ü  Menghargai hak-hak anggota keluarga lainnya.

ü  Melaksanakan kewajiban sebagai anggota keluarga yang baik.

·        Di Sekolah :

ü  Menghargai hasil karya teman di sekolah.

ü  Melaksanakan kewajiban-kewajiban sebagai siswa sekolah.

ü  Tidak pilih kasih dalam berteman.

·        Di Pergaulan Masyarakat :

ü  Mendahulukan kepentingan bersama.

ü  Menghormati hak dan kewajiban orang lain dalam hidup bermasyarakat.

ü  Taat membayar pajak.

 

Pusat Pembuatan Gerabah di Dusun Klipoh

Dusun wisata di Klipoh merupakan pusat desa kerajinan pembuatan gerabah. Dusun tersebut terletak di desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang provinsi Jawa Tengah. Dusun klipoh berada tidak jauh dari objek wisata Candi Borobudur.  kegiatan dan proses pembuatan gerabah yang diwariskan secara turun-temurun terukir pada salah satu relief Candi Borobudur. Tradisi pembuatan gerabah di Dusun klipoh diperkirakan telah ada sebelum pembuatan candi Borobudur.

Sejak tahun 2000 Dusun klipoh mulai dikunjungi wisatawan. Wisatawan dapat mengikuti kegiatan proses pembuatan dan mencoba sendiri membuat gerabah. Beberapa hotel di sekitar kawasan Candi Borobudur memiliki paket kunjungan ke dusun klipoh.

Proses pembuatan gerabah di Lippo masih menggunakan teknik sederhana. Teknik ini berdasarkan pengetahuan yang diwariskan secara turun temurun. Pembuatan gerabah melalui berbagai proses antara lain pembentukan gerabah Proses pengeringan dengan menggunakan sinar matahari , dan proses pembakaran. Sebanyak 80% penduduk klipoh berprofesi sebagai pengrajin gerabah.

 

 

2.   Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Transportasi Masyarakat

Wilayah Indonesia yang luas, berupa kepulauan, dan disatukan oleh laut sangat mempengaruhi kondisi transportasi yang ada. Jalur strategis yang bisa digunakan untuk menghubungkan antara pulau satu dengan pulau yang lain adalah jalur laut dan jalur udara. Adapun jenis atau moda transportasi yang efektif digunakan adalah kapal laut dan pesawat terbang. Adapun jalur darat ada moda transportasi kereta api, bus, dan mobil yang digunakan untuk menghubungkan daerah satu dengan daerah lain dalam satu pulau.

Penggunaan pesawat sebagai moda transportasi penghubung antarpulau harus didukung dengan sarana pendukung. Sarana pendukung untuk pesawat adalah tersedianya bandar udara atau bandara serta lapangan udara. Untuk pulau-pulau besar dan kota-kota besar dibangunlah bandara yang mampu menampung pesawat-pesawat besar. Sedangkan di pulau-pulau kecil dibangunlah lapangan udara yang hanya mampu menampung pesawat-pesawat kecil atau pesawat-pesawat perintis.

Begitu pula dengan penggunaan kapal sebagai moda transportasi penghubung antarpulau, harus didukung dengan ketersediaan pelabuhan yang memadai. Ketersediaan pelabuhan yang memadai dan jumlah kapal yang banyak bisa meningkatkan mobilitas masyarakat antarpulau. Karena penggunaan moda transportasi kapal dirasa masih lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan pesawat, sehingga masyarakat lebih banyak memilih untuk menggunakan kapal untuk bepergian antar pulau.



Ayo Berlatih!




Ayo Berlatih!


Peta di atas adalah peta jalur penerbangan antarpulau di Indonesia. Sekarang sebutkan bandara-bandara dan lapangan udara di tiap-tiap provinsi di Indonesia.

No

Nama Provinsi

Nama Bandara/Lapangan
Udara

1

Nangroe Aceh Darussalam

Sultan Iskandar Muda

2

Sumatera Utara

Kuala Namu

3

Riau

Sultan Syarif Kasim II

4

Kepulauan Riau

Raja Haji Fisabilillah

5

Sumatera Barat

Minangkabau

6

Jambi

Sultan Thaha

7

Sumatera Selatan

Sultan Mahmud Badaruddin II

8

Kep. Bangka Belitung

Depati Amir

9

Bengkulu

Fatmawati

10

Lampung

Radin Inten II

11

Banten

Soekarno Hatta

12

DKI Jakarta

Halim Perdanakusuma

13

Jawa Barat

Hussein Sastranegara

14

Jawa Tengah

Ahmad Yani

15

DI Yogyakarta

Adi Sucipto

16

Jawa Timur

Juanda

17

Bali

I Gusti Ngurah Rai

18

Nusa Tenggara Barat

Lombok

19

Nusa Tenggara Timur

El Tari

20

Kalimantan Utara

Tanjung Harapan

21

Kalimantan Barat

Supadio

22

Kalimantan Tengah

Tjilik Riwut

23

Kalimantan Selatan

Syamsudin Noor

24

Kalimantan Timur

Temindung

25

Sulawesi Utara

Sam Ratulangi

26

Sulawesi Barat

Tampa Padang

27

Sulawesi Tengah

Mutiara

28

Sulawesi Tenggara

Haluoleo

29

Sulawesi Selatan

Sultan Hasanuddin

30

Gorontalo

Jalaluddin

31

Maluku

Patimura

32

Maluku Utara

Sultan Baabullah

33

Papua Barat

Rendani

34

Papua

Sentani

 


Peta di atas adalah peta jalur pelayaran antarpulau di Indonesia. Sekarang sebutkan nama pelabuhan di tiap-tiap provinsi di Indonesia

No

Nama Provinsi

Nama Pelabuhan

1

Nangroe Aceh Darussalam

Pelabuhan Yoseph Iskandar
Pelabuhan Krueng Geukueh

2

Sumatera Utara

Pelabuhan Tanjung Balai
Pelabuhan Belawan

3

Riau

Pelabuhan Sungai Pakning

4

Kepulauan Riau

Pelabuhan Bakong
Pelabuhan Batam Centre
Pelabuhan Batu Ampar

5

Sumatera Barat

Pelabuhan Teluk Bayur
Pelabuhan Muara

6

Jambi

Pelabuhan Talang Duku
Pelabuhan Kuala Tungkal
Pelabuhan Muaro Sabak
Pelabuhan Nipah Panjang

7

Sumatera Selatan

Pelabuhan Tanjung Api Api

8

Kep. Bangka Belitung

Pelabuhan Tanjung Pandan
Pelabuhan Pangkal Balam

9

Bengkulu

Pelabuhan Samudera Pulau Baai

10

Lampung

Pelabuhan Bakaheuni

11

Banten

Pelabuhan Merak

12

DKI Jakarta

Pelabuhan Sunda Kelapa
Pelabuhan Tanjung Priok

13

Jawa Barat

Pelabuhan Cirebon
Pelabuhan Pertiwi
Pelabuhan Pramuka

14

Jawa Tengah

Pelabuhan Tanjung Mas
Pelabuhan Tanjung Intan

15

DI Yogyakarta

Pelabuhan Adikarto

16

Jawa Timur

Pelabuhan Batu Guluk
Pelabuhan Kalianget
Pelabuhan Kalimas
Pelabuhan Kamal
Pelabuhan Ketapang
Pelabuhan Tanjung Perak

17

Bali

Pelabuhan Gilimanuk
Pelabuhan Padangbai
Pelabuhan Benoa

18

Nusa Tenggara Barat

Pelabuhan Poto Tano
Pelabuhan Kayangan

19

Nusa Tenggara Timur

Pelabuhan Marapokot
Pelabuhan Laut Lamakera
Pelabuhan Laut Waiwerang

20

Kalimantan Utara

Pelabuhan Kelapis
Pelabuhan Malundung Tarakan

21

Kalimantan Barat

Pelabuhan Dwikora

22

Kalimantan Tengah

Pelabuhan Palangkaraya

23

Kalimantan Selatan

Pelabuhan Banjarmasin

24

Kalimantan Timur

Pelabuhan Samarinda

25

Sulawesi Utara

Pelabuhan Laut Torosik,
Pelabuhan Laut Tanjung Sidupa,
Pelabuhan Laut Makalehi,
Pelabuhan Laut Melonguane

26

Sulawesi Barat

Pelabuhan Mamuju
Pelabuhan Majene
Pelabuhan Palipi

27

Sulawesi Tengah

Pelabuhan Pantoloan 

28

Sulawesi Tenggara

Pelabuhan Murhum
Pelabuhan Nusantara
Pelabuhan Samudra Kolaka

29

Sulawesi Selatan

Pelabuhan Tanjung Ringgit

30

Gorontalo

Pelabuhan Gorontalo

31

Maluku

Pelabuhan Batu Merah,
Pelabuhan Upisera,
Pelabuhan Lirang,
Pelabuhan Seira,
Pelabuhan Marsela,
Pelabuhan Wolu,
Pelabuhan Adault dan
Pelabuhan Damar.

32

Maluku Utara

Pelabuhan Tapaleo,
Pelabuhan Wayabula, dan
Pelabuhan Bicoli.

33

Papua Barat

Pelabuhan Wasior

34

Papua

Pelabuhan Jayapura

Kemajuan dan perkembangan bidang transportasi antarpulau akan makin memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena akan meningkatkan mobilitas antarpulau, sehinga akan memungkinkan terjadinya persebaran dan pertukaran sistem nilai dan budaya antarpulau. Jika sudah terjadi hal yang demikian maka setiap pulau termasuk masyarakatnya akan lebih merasa menjadi satu kesatuan dan menjadi bagian penting yang tak terpisahkan dari NKRI.

 

# Bahasa Indonesia

 

Contoh teks bacaan dalam menentukan ide pokok.

Kapal Phinisi adalah sebuah kapal layar kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan. Bahkan juga menjadi kapal kebanggaan bangsa Indonesia. Ketangguhan dan ketenaran kapal ini telah terdengar di seluruh penjuru dunia. Sudah sejak sekitar abad 14, kapal phinisi berlayar dan menjelajah samudera di seluruh dunia.

Konon, Phinisi ini diambil dari nama seseorang yang bernama Phinisi. Suatu ketika dia berlayar melewati pesisir pantai Bira. Dia melihat rentetan kapal di laut, kemudian dia menegur salah seorang nakhoda kapal tersebut bahwa layar yang digunakannya masih perlu diperbaiki. Sejak saat itu orang Bira berfikir dan mendesain layar sedemikian rupa dan akhirnya berbentuk layar Phinisi yang seperti sekarang ini. Atas teguran orang tersebut, maka orang-orang Bira memberi layar itu dengan nama Phinisi.

Kapal Phinisi adalah kapal istimewa. Kapal ini dibuat oleh tangantangan ahli tanpa menggunakan peralatan canggih dan modern. Seluruh bagian kapalnya terbuat dari kayu dan dirangkai tanpa menggunakan paku. Meskipun demikian, kapal ini telah membuktikan ketangguhannya dalam mengarungi samudra dan menjelajah negara-negara dunia.

Banyak upacara atau ritual yang dilakukan dalam membuat kapal Phinisi. Mulai dari pencarian hari baik untuk memulai pembuatan, upacara atau ritual mengusir roh jahat saat akan menebang kayu yang akan digunakan untuk membuat Kapal Phinisi, upacara atau ritual peletakan lunas dan pemasangan pengapit lunas, kemudian memasuki proses penggabungan dan pendempulan badan kapal. Pada proses terakhir dilakukan peluncuran, namun sebelumnya juga diadakan upacara atau ritual selamatan. Semua upacara atau ritual itu dilakukan semata-mata untuk mengharapkan keselamatan dan kesejahteraan bagi pembuat, pemilik, dan penumpang kapal Phinisi.

Peluncuran kapal Phinisi dilakukan pada saat air laut pasang dan matahari sedang naik. Ketika kapal sudah mengapung di laut, barulah tiang dan layar dipasang. Kapal yang diluncurkan biasanya sudah siap dengan awaknya. Adapun kepala tukang bertindak sebagai pelaksana utama upacara dan duduk di sebelah kiri. Doa dan mantra pun diucapkannya.

Walaupun terbuat dari kayu, kapal ini mampu bertahan dari terjangan ombak besar di laut lepas. Kapal phinisi satu-satunya kapal kayu besar dari sejarah masa lampau yang masih diproduksi hingga sekarang.

Kapal Phinisi sendiri umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar. Dua tiang layar pada phinisi menyimbolkan dua kalimat syahadat, sedangkan ketujuh layarnya melambangkan jumlah ayat dalam surat AL-Fatihah.


Ada beberapa jenis kapal Phinisi, tetapi yang pada umumnya Phinisi ada dua jenis.

Lamba atau lambo. Merupakan Phinisi modern yang dilengkapi dengan motor diesel (PLM).

Palari. Merupakan bentuk awal Phinisi yang melengkung dan ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan Lamba.

Kapal Phinisi biasanya digunakan sebagai kapal pengangkut barang antarpulau, namun di era modern seperti sekarang ini, Phinisi sebagai kapal barang berubah fungsi menjadi kapal pesiar mewah. Phinisi dibuat dengan interior yang mewah dan dilengkapi peralatan menyelam, dan peralatan permainan wisata bahari.

 

Kapal Phinisi juga dijadikan lambang salah satu gerakan WWF, yakni SOSharks. Gerakan ini merupakan gerakan untuk penyelamatan dan pelestarian hiu. Membanggakan bukan?

 

Muatam PKn

nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila.

1. Sila pertama. sila pertama Pancasila berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pada sila pertama warga negara Indonesia berhak untuk menjalankan dan memeluk agama sesuai dengan keyakinannya. 

Pada sila pertama ini pula, terkandung nilai bahwa setiap warga negara berhak untuk mendapatkan rasa aman dalam menjalankan ibadahnya. Kita tidak boleh memaksakan suatu agama terhadap orang lain. Hal tersebut sangat bertentangan dengan pengamalan sila pertama Pancasila.

 

2. Sila ke-2, Kemanusiaan yang adil dan beradab. Pada sila ini menunjukkan bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban sebagai warga negara. Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan secara seimbang dan adil. Di sini juga diharapkan setiap warga negara memiliki Sikap tenggang rasa dan toleransi dalam kehidupan sosial.

 

3. Sila ke-3, Persatuan Indonesia. Pada sila ini kita dituntut agar selalu mencintai tanah air dan menjaga rasa persatuan dan kesatuan di dalam kerangka kebhinekaan. 

 

Sikap sikap positif yang harus dilakukan sesuai dengan sila ketiga Pancasila adalah mencintai produk produk dalam negeri, menghormati kebudayaan dari daerah lain, menjaga dan melestarikan kebudayaan daerah yang ada di seluruh Indonesia. 

4. Sila ke-4, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. 

Sikap yang sesuai dengan sila ini adalah senantiasa menunjukkan sikap musyawarah dalam merencanakan sesuatu.

Musyawarah yang dilakukan tentunya untuk mencapai mufakat. Ketika kemufakatan tidak tercapai maka dilakukan melalui pemungutan suara terbanyak atau yang dikenal dengan nama lain voting. 

 

Selain itu pula sikap yang sesuai dengan pengamalan sila keempat adalah berbicara yang santun saat bermusyawarah, menghormati perbedaan pendapat di dalam musyawarah, dan menerima hasil musyawarah dengan lapang dada.

5. Sila ke-5, menunjukkan setiap warga negara harus memiliki sikap gotong royong dan peduli antar sesama.

Memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, merupakan salah satu wujud keadilan sosial Kepada seluruh masyarakat.

 

SOAL LATIHAN SISWA : 

1.  Jelaskan pengertian dari negara maritim !

S 2 Sebutkan nama-nama Bandara dan Pelabuhan yang ada di provisi :

●DKI Jakarta 

●Lampung 

●Sumatera Barat!

 

Silahkan  kirimkan tugas melalui voice not

 SELAMAT BELAJAR

5 komentar:

  1. Assalamu'alaikum...Bu
    Danur Artha.R
    Absen :7 (Hadir)

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum....bu
    Fairuz aidil ikhsan
    Absen 11
    Hadir bu

    BalasHapus
  3. Edgina Ramadhania Maryam hadir Bu EL

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum bu
    Nama M.Raffi Rabbani
    Kelas 5d
    No absen 17

    Hadir bu

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum...
    Dhinea dzakia queenta
    5d
    08
    Hadir ya bu🙏

    BalasHapus

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...