MATERI AJAR KELAS V.D UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 06 AGUSTUS 2021
Assalamualaikum wr.wb
Tabikpun....
Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWTAamiin. Sebelum memulai belajar, marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Ibu guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.
Silahkan absen pada link berikut :
Pada hari kita akan belajar pelajaran Matematika dimulai dengan materi tentang Operasi Hitung Pecahan. Semoga materi yang Bu Guru berikan dapat kalian pahami dengan baik dan benar. Disimak dan dipahami ya nak materi di bawah ini :
MATERI : OPERASI HITUNG PECAHAN
TUJUAN PEMBELAJARAN : 1. Peserta didik bisa membedakan antara bilangan desimal dan pecahan desimal
2.Dengan menyimak video dari guru peserta didik dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan pecahan desimal
A. PENJUMLAHAN PECAHAN
Penjumlahan Pecahan Desimal
Pengertian Bilangan Desimal dan Pecahan Desimal
~Bilangan desimal adalah bilangan yang terdiri dari bilangan bulat dan bilangan pecahan
Contohnya : -0,5
0,25
1,5 dan lainnya
~Pecahan desimal adalah bentuk pecahan bilangan desimal dengan konsep sepersepuluh,perseratus,perseribu
Contohnya : 0,5 = 5 = 1 àpersepuluh
10 2
0,75 = 75 = 75% =3 à perseratus (persen)
100 4
0,125= 125 = 1 à perseribu ( permil)
1000 8
~Penjumlahan pecahan desimal lebih mudah dilakukan dengan cara bersusun ke bawah.
~Jumlahkan setiap angka sesuai nilai tempatnya dengan cara meluruskan tanda koma.
Contoh :
1. 0,56 + 0,2 = ….
0 , 56
0 , 2 +
0 , 76
2. 0,4 + 25 % + 1,652 = ….
0, 4
0, 25
1 ,652 +
2,302
3. 4 ½ + 1,5 = 6,0 = 6
4,5
1,5
6,0
~ Penjumlahan berbagai bentuk pecahan dilakukan dengan cara mengubah pecahan tersebut menjadi bentuk yang sama terlebih dahulu.
Contoh :
0,15 + 1 =
2
Cara 1 : pecahan disamakan menjadi bentuk desimal
1/2 = 0,5
0,15 + 0,5 =
0,15
0,5 +
0,65
Cara 2 : pecahan disamakan menjadi pecahan biasa Contoh :
0,15 =15 disederhanakan menjadi 15: 5 = 3
100 100: 5 20
3 + 1 = 3 x 1 + 1x10 = 3 + 10 = 13
20 2 20x1 2x10 20 20 20
Untuk lebih memahami materi ini silahkan ananda simak video pembelajaran di bawah ini :
Bagaimana nak materi hari ini semoga anak-anak paham semua ya! Jika kurang jelas dapat bertanya di grup WA!
Agar ananda lebih paham dengan materi di atas kerjakan latihan di bawah ini dengan benar :
Latihan Soal
1 Rafi mempunyai tiga utas tali dengan panjang 4,25 m, 2,8 m, dan 0,75 m. Panjang tali Rafi semuanya adalah .... m
2.14,06 +5,86 = ....
3. 3 + 0,25 = ...
4
4. 2 ½ + 0,5 = ...
5. 25 % + 0,75 = ...
Kerjakan dengan teliti !
Tetep jaga kesehatan, shalat 5 waktu dan selalu semangat walaupun belajarnya dari rumah.
Wassalamualaikum.wr.wb.
Dokumentasi kegiatan para siswa kelas VD hari Kamis :
3 Comments:
Assalamualaikum bu
Nama M.Raffi Rabbani
Kelas 5d
No absen 17
Hadir bu
Assalamu'alaikum Bu El..Danur hadir
Assalamualikum
Dhinea dzakia queenta
5d
08
Hadirbu
Posting Komentar