Jumat, 06 Agustus 2021

PECAHAN

By elfida fida - Agustus 06, 2021

 

 MATERI AJAR KELAS V.D UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 06 AGUSTUS 2021

 


 


 Assalamualaikum wr.wb

Tabikpun....

Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWTAamiin. Sebelum memulai belajar, marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Ibu guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.

Silahkan absen pada link berikut :

ABSEN SISWA KELAS VD 

 

Pada hari kita akan belajar pelajaran Matematika dimulai dengan materi tentang Operasi Hitung Pecahan. Semoga materi yang Bu Guru berikan dapat kalian pahami dengan baik dan benar. Disimak dan dipahami ya nak materi di bawah ini :

 

MATERI : OPERASI HITUNG PECAHAN

TUJUAN PEMBELAJARAN : 1. Peserta didik bisa membedakan antara bilangan desimal dan pecahan desimal

2.Dengan menyimak video dari guru peserta didik dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan pecahan desimal

A. PENJUMLAHAN PECAHAN

Penjumlahan Pecahan Desimal

 

Pengertian Bilangan Desimal dan Pecahan Desimal

~Bilangan desimal adalah bilangan yang terdiri dari bilangan bulat dan bilangan pecahan

Contohnya : -0,5

0,25

1,5      dan lainnya

 

~Pecahan desimal adalah bentuk pecahan bilangan desimal dengan konsep sepersepuluh,perseratus,perseribu

Contohnya :  0,5 = 5 =  1            àpersepuluh

      10     2 

                          0,75 = 75    = 75% =3     à perseratus (persen)

        100                 4  

 

0,125= 125 = 1       à perseribu ( permil)

   1000   8

~Penjumlahan pecahan desimal lebih mudah dilakukan dengan cara bersusun ke bawah.

~Jumlahkan setiap angka sesuai nilai tempatnya dengan cara meluruskan tanda koma.

Contoh :

1. 0,56 + 0,2 = ….

0 , 56

0 , 2   +

0 , 76

 

2.  0,4 + 25 % + 1,652 = ….

0, 4

0, 25

1 ,652 +

2,302

 

3.  4 ½ + 1,5 = 6,0 = 6

 

4,5

1,5

6,0

 

 ~ Penjumlahan berbagai bentuk pecahan dilakukan dengan cara mengubah pecahan tersebut menjadi bentuk yang sama terlebih dahulu.

Contoh :

0,15 +  1 =

             2

Cara 1 : pecahan disamakan menjadi bentuk desimal

 1/2  = 0,5            

0,15 + 0,5 = 

 

0,15

0,5   +

0,65

 

Cara 2 : pecahan disamakan menjadi pecahan biasa Contoh :

0,15 =15  disederhanakan menjadi 15: 5    =   3

          100                                       100: 5       20

3  + 1  = 3 x 1  + 1x10  =  3 + 10  = 13    

20    2        20x1      2x10        20     20       20               

 Untuk lebih memahami materi ini silahkan ananda simak video pembelajaran di bawah ini :

 

Bagaimana nak materi hari ini semoga anak-anak paham semua ya!  Jika kurang jelas dapat bertanya di grup WA! 

Agar ananda lebih paham dengan materi di atas kerjakan latihan di bawah ini dengan benar :

Latihan Soal

1  Rafi  mempunyai tiga utas tali dengan panjang 4,25 m, 2,8 m, dan 0,75 m. Panjang tali Rafi semuanya adalah .... m

 

 2.14,06 +5,86 = ....

 

3.  3 + 0,25  = ...

     4

4. 2  ½ + 0,5 = ...

 

5. 25 % + 0,75 = ...

Kerjakan dengan teliti !

Tetep jaga kesehatan, shalat 5 waktu dan selalu semangat walaupun belajarnya dari rumah.

Wassalamualaikum.wr.wb.

Dokumentasi kegiatan para siswa kelas VD hari Kamis :


 













 

       

 

 

3 Comments:

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum bu
Nama M.Raffi Rabbani
Kelas 5d
No absen 17

Hadir bu

Yulinda mengatakan...

Assalamu'alaikum Bu El..Danur hadir

Unknown mengatakan...

Assalamualikum
Dhinea dzakia queenta
5d
08
Hadirbu

Posting Komentar

PENILAIAN HARIAN TEMA 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 22 NOVEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaik...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea