Pages

Jumat, 06 Agustus 2021

PECAHAN

 

 MATERI AJAR KELAS V.D UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 06 AGUSTUS 2021

 


 


 Assalamualaikum wr.wb

Tabikpun....

Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWTAamiin. Sebelum memulai belajar, marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Ibu guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.

Silahkan absen pada link berikut :

ABSEN SISWA KELAS VD 

 

Pada hari kita akan belajar pelajaran Matematika dimulai dengan materi tentang Operasi Hitung Pecahan. Semoga materi yang Bu Guru berikan dapat kalian pahami dengan baik dan benar. Disimak dan dipahami ya nak materi di bawah ini :

 

MATERI : OPERASI HITUNG PECAHAN

TUJUAN PEMBELAJARAN : 1. Peserta didik bisa membedakan antara bilangan desimal dan pecahan desimal

2.Dengan menyimak video dari guru peserta didik dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan pecahan desimal

A. PENJUMLAHAN PECAHAN

Penjumlahan Pecahan Desimal

 

Pengertian Bilangan Desimal dan Pecahan Desimal

~Bilangan desimal adalah bilangan yang terdiri dari bilangan bulat dan bilangan pecahan

Contohnya : -0,5

0,25

1,5      dan lainnya

 

~Pecahan desimal adalah bentuk pecahan bilangan desimal dengan konsep sepersepuluh,perseratus,perseribu

Contohnya :  0,5 = 5 =  1            àpersepuluh

      10     2 

                          0,75 = 75    = 75% =3     à perseratus (persen)

        100                 4  

 

0,125= 125 = 1       à perseribu ( permil)

   1000   8

~Penjumlahan pecahan desimal lebih mudah dilakukan dengan cara bersusun ke bawah.

~Jumlahkan setiap angka sesuai nilai tempatnya dengan cara meluruskan tanda koma.

Contoh :

1. 0,56 + 0,2 = ….

0 , 56

0 , 2   +

0 , 76

 

2.  0,4 + 25 % + 1,652 = ….

0, 4

0, 25

1 ,652 +

2,302

 

3.  4 ½ + 1,5 = 6,0 = 6

 

4,5

1,5

6,0

 

 ~ Penjumlahan berbagai bentuk pecahan dilakukan dengan cara mengubah pecahan tersebut menjadi bentuk yang sama terlebih dahulu.

Contoh :

0,15 +  1 =

             2

Cara 1 : pecahan disamakan menjadi bentuk desimal

 1/2  = 0,5            

0,15 + 0,5 = 

 

0,15

0,5   +

0,65

 

Cara 2 : pecahan disamakan menjadi pecahan biasa Contoh :

0,15 =15  disederhanakan menjadi 15: 5    =   3

          100                                       100: 5       20

3  + 1  = 3 x 1  + 1x10  =  3 + 10  = 13    

20    2        20x1      2x10        20     20       20               

 Untuk lebih memahami materi ini silahkan ananda simak video pembelajaran di bawah ini :

 

Bagaimana nak materi hari ini semoga anak-anak paham semua ya!  Jika kurang jelas dapat bertanya di grup WA! 

Agar ananda lebih paham dengan materi di atas kerjakan latihan di bawah ini dengan benar :

Latihan Soal

1  Rafi  mempunyai tiga utas tali dengan panjang 4,25 m, 2,8 m, dan 0,75 m. Panjang tali Rafi semuanya adalah .... m

 

 2.14,06 +5,86 = ....

 

3.  3 + 0,25  = ...

     4

4. 2  ½ + 0,5 = ...

 

5. 25 % + 0,75 = ...

Kerjakan dengan teliti !

Tetep jaga kesehatan, shalat 5 waktu dan selalu semangat walaupun belajarnya dari rumah.

Wassalamualaikum.wr.wb.

Dokumentasi kegiatan para siswa kelas VD hari Kamis :


 













 

       

 

 

3 komentar:

  1. Assalamualaikum bu
    Nama M.Raffi Rabbani
    Kelas 5d
    No absen 17

    Hadir bu

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum Bu El..Danur hadir

    BalasHapus
  3. Assalamualikum
    Dhinea dzakia queenta
    5d
    08
    Hadirbu

    BalasHapus

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...