MATERI AJAR KELAS V.F UNTUK HARI RABU TANGGAL 03 MARET 2021
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha V.F,apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. setelah selesai silahkan absen pada link berikut :
Pada minggu kemarin kita sudah belajar tentang materi bangun ruang tabung dan jaring-jaringnya, dan sekarang kita akan belajar masih tentang penyajian data. Disimak ya nak materi di bawah ini :
Hari : Rabu,3 Maret 2021
Materi : Penyajian Data
Tujuan Pembelajaran :
1. Mengumpulkan data dengan langsung dan dengan lembar isian
2. Menentukan informasi dari sumber –sumber yang tepat
Mengenal Data
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), data adalah keterangan yang
benar dan nyata yang diperoleh dari proses pengamatan,wawancara, atau penelitian. Data dapat berwujud suatu
keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol
lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, objek,
kejadian ataupun suatu konsep.
DATA BERAT DAN TINGGI BADAN
NO |
NAMA SISWA |
TINGGI BADAN |
BERAT BADAN |
1 |
ANI |
130 |
40 |
2 |
DITA |
138 |
42 |
3 |
AFI |
147 |
48 |
4 |
TINA |
150 |
50 |
5 |
LINA |
140 |
45 |
Data di atas diperoleh secara langsung tentang pengukuran tinggi badan dan berat
badan. Data seperti di atas disebut data primer.
Lina ingin memperoleh data golongan darah teman-temannya. Ia tidak mungkin
memeriksa sendiri golongan darah teman-temannya. Data golongan darah semua
siswa didapatkan dari buku catatan di ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Beni
datang ke ruang UKS untuk mencatat data golongan darah teman-temannya.
DATA |
GOLONGAN |
DARAH |
NO |
NAMA SISWA |
GOLONGAN DARAH |
1 |
ANI |
O |
2 |
DITA |
B |
3 |
AFI |
O |
4 |
TEA |
A |
5 |
LINA |
AB |
Data golongan darah di atas diperoleh Lina tidak secara langsung. Ia
mendapatkan dari UKS. Data seperti di atas disebut data sekunder.
Itu tadi materi yang dapat kalian pelajari ya nak jika ada pertanyaan terkait materi yang ibu guru berikan silahkan tanyakan di WA grup atau tinggalkan komentar di blog serta kirimkan tugas dokumentasi rangkuman di grup WA kita ya nak!
LATIHAN :
1. Buatlah tabel seperti contoh diatas ukuran sepatu anggota keluarga dirumah ,di buku latihan !
PEMBAHASAN SOAL PENILAIAN HARIAN TEMA 8 SUBTEMA 2
PPKn
1. Perilaku budaya dan aturan-aturan yang diterapkan dalam masyarakat secara turun temurun disebut….
a. Kebiasaan
b. Hukum adat
c. Adat istiadat
d. Aturan khas daerah
Kunci jawaban : c. Adat istiadat
2. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghargai adat istiadat yang berasal dari nenek moyang yaitu....
a. Mematuhi aturan dalam adat istiadat di tiap daerah
b. Malas mempelajari adat istiadat daerah yang akan kita kunjungi
c. Melanggar aturan dalam adat istiadat daerah yang akan dikunjungi
d. Melakukan hal-hal yang dilarang dalam adat istiadat daerah tertentu.
Kunci jawaban : a. Mematuhi aturan dalam adat istiadat di tiap daerah
3. Yang dapat kita lakukan untuk melestarikan kebudayaan dan adat istiadat daerah di Indonesia yaitu….
a. Melakukan upacara adat sesuai keinginan sendiri
b. Malu menggunakan pakaian adat saat acara-acara tertentu
c. Melanggar berbagai aturan adat di suatu daerah
d. Membeli berbagai hasil kebudayaan daerah seperti kain, patung dan lain-lain
Kunci jawaban : d. Membeli berbagai hasil kebudayaan daerah seperti kain, patung dan lain-lain
4. Pelestarian adat istiadat di tiap daerah di Indonesia memiliki tujuan sebagai berikut, kecuali....
a. Memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa
b. Memelihara kelestarian dan keseimbangan lingkungan alam
c. Menumbuhkan semangat kebersamaan dan kegotong-royongan
d. Melindungi dan membina adat istiadat serta nilai sosial budaya masyarakat
Kunci jawaban : a. Memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa
5. Adat istiadat di tiap daerah mengajarkan kita berbagai nilai luhur kehidupan seperti berikut ini, kecuali….
a. Kejujuran
b. Perselisihan
c. Kesederhanaan
d. Bergotong royong
Kunci jawaban : b. Perselisihan
BAHASA INDONESIA
Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal no. 6 - 7!
Yayasan Sukma Bangsa Bireuen di Aceh menggelar lomba seni tari kreasi nusantara. Lomba ini diikuti oleh sembilan grup tari dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bireuen, Aceh. Anak-anak dari PAUD tampil lucu dengan seragam unik. Penampilan mereka benar-benar menyedot perhatian ratusan pengunjung.
Kebanyakan peserta lomba menampilkan Tari daerah Aceh. Di antara peserta ada yang menampilkan Tari Ranup Lam Puan, Bungong Jeumpa, dan Tarek Pukat. Namun, ada pula beberapa peserta menampilkan seni tari dari provinsi lain di Indonesia. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang.
Anak-anak dari PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari Cublak-Cublak Suweng dari Jawa. Tujuh anak laki-laki menyajikan tarian. Mereka mengenakan kostum yang sederhana. Namun, gaya kocak anak-anak dalam menampilkan tarian berhasil memukau para penonton.
(Sumber: http://edukasi.kompas.com)
6. Gagasan pokok pada paragraf ketiga terletak pada kalimat ke….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Kunci jawaban : a. 1
7. Bacaan di atas menginformasikan tentang….
a. Anak-anak dari PAUD Tun Sri Lanang mengenakan kostum yang lucu
b. Tujuh anak perempuan menyajikan tarian Cublak-Cublak Suweng dari Jawa
c. Yayasan Sukma Bangsa Bireuen di Aceh menggelar lomba menyanyi lagu daerah
d. Anak PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari Cublak-Cublak Suweng dari Jawa
Kunci jawaban : d. Anak PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari Cublak-Cublak Suweng dari Jawa
Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal no. 8 - 10!
Siklus Air dan Bencana Kekeringan
Peristiwa siklus air merupakan peristiwa sehari-hari yang sering tidak disadari oleh manusia. Siklus air menghasilkan air bersih yang berguna untuk kehidupan manusia. Manusia memerlukan air bersih antara lain untuk keperluan rumah tangga, keperluan industri, dan juga pertanian.
Siklus air menghasilkan air bersih. Pada saat proses penguapan, kotoran pada air tidak ikut menguap. Uap air yang menguap adalah uap air yang bersih. Pada saat turun hujan, air yang dihasilkan pun adalah air bersih dan siap digunakan untuk berbagai keperluan.
Air hujan yang jatuh, sebagian akan diserap oleh tanah, lalu menjadi air tanah. Air tanah adalah air yang mengalir di bawah permukaan tanah. Air ini biasanya lebih jernih dan bersih, karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Untuk mendapatkan air tanah, manusia membuat sumur dengan cara menggali lubang.
Air hujan yang tidak terserap oleh tanah, akan terus mengalir menjadi air permukaan. Lalu, air itu menuju tempat yang lebih rendah seperti sungai, danau, dan laut. Air permukaan adalah air hujan yang tak dapat diserap oleh tanah tetapi diserap oleh permukaan tanah, sehingga mengalir di atas permukaan tanah dan kemudian menguap kembali. Air ini biasanya lebih kotor, karena mengandung lumpur. Air ini juga biasanya membawa berbagai macam material dari proses erosi.
Pada musim kemarau, air hujan yang turun menjadi berkurang. Air hujan yang turun biasanya langsung diserap oleh tanah menjadi air tanah. Jika air sungai dan danau surut akan menyebabkan berkurangnya penguapan air sebagai pembentuk titik-titik air di awan. Akibat dari semakin sedikitnya awan adalah semakin berkurangnya curah hujan. Oleh karena itu, sumur-sumur penduduk pun menjadi kering. Di saat inilah biasanya terjadi kelangkaan airm bersih. Jika kelangkaan air bersih terjadi dalam waktu yang panjang, bencana kekeringan akan terjadi. Mari kita biasakan menghemat penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari.
(Sumber: Scott Foresman. 2010. Science. Illinois)
8. Di bawah ini merupakan peristiwa yang dijelaskan pada teks “Siklus Air dan Bencana Kekeringan” kecuali....
a. Proses siklus air menghasilkan air yang bersih
b. Akibat dari musim kemarau yang panjang
c. Perbedaan air tanah dengan air permukaan
d. Faktor-faktor yang memengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah
Kunci jawaban : d. Faktor-faktor yang memengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah
9. Berdasarkan teks, air hujan yang tak dapat diserap oleh tanah tetapi diserap oleh permukaan tanah, sehingga mengalir di atas permukaan tanah dan kemudian menguap kembali disebut…
a. Air tanah
b. Air hujan
c. Air sumur
d. Air permukaan
Kunci jawaban : d. Air permukaan
10. Gagasan pokok pada paragraf kedua adalah....
a. Siklus air menghasilkan air bersih
b. Manusia memerlukan air bersih untuk berbagai keperluan
c. Air hujan yang turun menjadi berkurang pada musim kemarau
d. Air permukaan biasanya lebih kotor karena mengandung lumpur
Kunci jawaban : a. Siklus air menghasilkan air bersih
IPA
11. Evaporasi mengubah air berwujud cair menjadi air berwujud….
a. Gas
b. Cair
c. Beku
d. Padat
Kunci jawaban : a. Gas
12. Berikut ini yang tidak termasuk faktor yang memengaruhi air tanah adalah....
a. Curah hujan
b. Material batuan
c. Keberadaan hewan
d. Lereng pegunungan
Kunci jawaban : c. Keberadaan hewan
13. Fungsi hutan terkait dengan siklus air adalah....
a. Membasahi permukaan bumi
b. Membantu tanah menyimpan air
c. Sumber air minum bagi mahluk hidup
d. Sumber air bagi hewan-hewan perairan
Kunci jawaban : b. Membantu tanah menyimpan air
14. Musim kemarau yang berlangsung terus menerus dapat menyebabkan hal-hal berikut, kecuali....
a. Ketersediaan sumber air minum tetap terjaga
b. Gagal panen karena banyak tumbuhan yang layu dan mati.
c. Persawahan menjadi kering dan tanah menjadi retak-retak.
d. Banyak hewan yang akan mati karena tidak mendapatkan sumber air.
Kunci jawaban : a. Ketersediaan sumber air minum tetap terjaga
15. Air yang mengalir di bawah permukaan tanah disebut....
a. Air tanah
b. Air hujan
c. Air sumur
d. Air permukaan
Kunci jawaban : a. Air tanah
IPS
16. Usaha ekonomi yang dikelola sendiri secara sederhana dan memiliki modal terbatas disebut….
a. Usaha ekonomi mandiri
b. Usaha ekonomi bersama
c. Usaha ekonomi kelompok
d. Usaha ekonomi perorangan
Kunci jawaban : d. Usaha ekonomi perorangan
17. Berikut ini merupakan salah satu contoh usaha ekonomi perorangan adalah....
a. CV
b. Firma
c. Koperasi
d. Pertanian
Kunci jawaban : d. Pertanian
18. Ciri usaha ekonomi kelompok adalah….
a. Modal usaha terbatas
b. Dikelola secara bersama
c. Dikelola secara sederhana
d. Modal usaha milik pribadi
Kunci jawaban : b. Dikelola secara bersama
19. Tokoh yang mendapat julukan Bapak Koperasi Indonesia adalah….
a. Moh Yamin
b. Ir. Soekarno
b. Drs. Moh. Hatta
d. Ahmad Soebarjo
Kunci jawaban : b. Drs. Moh. Hatta
20. Jenis usaha kelompok yang modalnya berupa kumpulan saham adalah....
a. CV
b. PT
c. Firma
d. Koperasi
Kunci jawaban : b. PT
SBdP
21. Iringan tari merupakan salah satu unsur pertunjukan tari. Di bawah ini iringan tari yang berasal dari tubuh manusia, kecuali….
a. Siulan
b. Alat musik
c. Hentakan kaki
d. Tepukan tangan
Kunci jawaban : b. Alat musik
22. Bentuk pola lantai di bawah ini menunjukkan bahwa....
a. Penari bergerak melalui garis diagonal
b. Penari bergerak melalui garis lingkaran
c. Penari bergerak melalui garis horizontal
d. Penari bergerak melalui garis lurus ke depan
Kunci jawaban : a. Penari bergerak melalui garis diagonal
23. Unsur utama pada sebuah tarian adalah….
a. Kostum
b. Tata rias
c. Gerak tari
d. Lagu pengiring
Kunci jawaban : c. Gerak tari
24. Secara umum, pola lantai berupa garis lurus atau garis lengkung. Bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi pola lantai....
a. Zig-zag
b. Diagonal
c. Segi lima
d. Angka delapan
Kunci jawaban : d. Angka delapan
25. Tari Jaran Kepang yang berasal dari Yogyakarta berdasarkan bentuk koreografinya termasuk dalam jenis tari….
a. Klasik
b. Kreasi
c. Rakyat
d. ModernKunci jawaban : c. Rakyat
Di bawah ini dokumentasi hasil pembelajaran Daring sholeh sholeha VF hari Selasa:
0 Comments:
Posting Komentar