MATERI AJAR UNTUK HARI SELASA TANGGAL 09 PEBRUARI 2021
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha V.F,apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. setelah selesai silahkan absen pada link berikut :
Pada pelajaran sebelumnya kita sudah melaksanakan penilian harian tema 7 subtema 2 yaitu tentang : Peristiwa-peristiwa Penting Seputar Proklamasi Kemerdekaan, Mengelompokkan Informasi Teks Narasi Sejarah Menggunakan Peta Pikiran, Kalor Mengubah Suhu dan Wujud Benda, Gerak Tari dengan Pola LantaiTindakan Heroik Mendukung Proklamasi, Proses Pembentukan NKRI, Mengidentifikasi Teks Narasi sejarah melalui Pertanyaan, Menuliskan Kesimpulan Teks Narasi Sejarah, Bhineka Tunggal Ika dalam Hidup Bermasyarakat, Unsur-Unsur pola tari Mempresentasikan Informasi Penting Teks Narasi sejarah, Menentukan Informasi Penting Teks Narasi Sejarah, Faktor yang Memengaruhi Perubahan wujud Benda, Makna Kepahlawanan dalam lagu “Perjuangan”, Pola Lantai.
Alhamdulillah hasil penilaian harian kemarin ananda mendapatkan nilai yang baik. Bu guru harap dalam penilaian harian selanjutnya sholeh sholeha mendapakan nilai yang lebih baik. Bagi yang sudah mendapatkan nilai yang baik tolong dipertahankan dan bagi nsiswa ynag mendapatkan nilai kurang ananda belajar lebih giat lagi dan lebihbrajin membaca buku dan materi yang sudha bu guru berikan.
Hari ini kita akan belajar materi tentang tema 7 subtema 3 pembelajaran 1 dan 2 yaitu:
Tema 7 : Peristiwa dalam Kehidupan
Sub Tema 3 : Peristiwa Mengisi Kemerdekaan
Pembelajaran ke- : 1 dan 2
Muatan Terpadu : IPA ( KD 3. 7, 4.7), Bahasa Indonesia (KD 3.9, 4. 9), IPS (KD 3. 4, 4.4), SBdP (KD 3. 3, 4. 3)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat membuat undangan dengan penggunaan ejaan yang tepat dengan penuh percaya diri.
2. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat mengamati perubahan wujud benda yang dipengaruhi oleh kalor atau panas dengan penuh tanggung jawab.
3. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik mengidentifikasi kegiatan-kegiatan dalam mengisi kemerdekaan dengan penuh kepedulian.
IPA ( KD 3. 7, 4.7)
PERUBAHAN WUJUD BENDA
perubahan wujud benda dapat digolongkan menjadi beberapa peristiwa:
1. Membeku
Membeku merupakan peristiwa perubahan wujud benda dari cair menjadi padat. Dalam peristiwa ini, zat melepaskan energi panas. Pendinginan yang cepat akan berdampak pada temperatur kriogenik. Kriogenik ini adalah ilmu yang mempelajari materi dengan temperatur sangat rendah. Ini dapat menyebabkan suatu zat membeku di bawah titik bekunya. Contoh benda pada sifat ini bisa dengan air yang didiinginkan yang dimasukan ke dalam freezer. Benda itu akan membeku dan menjadi es batu.
2. Mencair
Mencair adalah perubahan wujud dari padat menjadi cair. Peristiwa ini memerlukan energi panas dengan suhu tinggi. Benda yang telah mencair itu sepenuhnya disebut sebagai benda cair. Air Terjun Niagara Membeku Contoh benda mencair itu air yang membeku (es) dipanaskan dan berubah menjadi air.
3. Menguap
Menguap merupakan peristiwa wujud air menjadi gas. Pada proses ini bagaimana zat memerlukan energi panas. Contoh proses menguap ini dengan air yang direbus jika dibiarkan lama-kelamaan akan habis. Bensin yang dibiarkan berada pada tempat terbuka lama-lama akan habis berubah menjadi gas.
4. Mengembun
Mengembun ini adalah peristiwa perubahan wujud dari gas mencair cair. Pada proses ini zat memerlukan energi panas. Es Hilang dalam Sehari Contoh pada proses ini saat es batu disimpan dalam sebuah gelas, maka bagian luar jadi basah.
5. Menyublim
Menyublim ini proses perubahan wujud dari padat menjadi gas. Proses ini zat memerlukan energi. Contoh penyubliman bisa dilihat pada kapur barus yang disimpan pada lemari. Kapur lama-lama akan habis.
6. Mengkristal
Mengkristal ini suatu proses perubahan gas menjadi padat dan peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh dari proses ini bisa dilihat berubahnya uap menjadi salju.
Bahasa Indonesia (KD 3. 5, 4. 5)
Mengidentifikasi Surat Undangan
Surat undangan merupakan surat yang berisi pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. Kalimat yang digunakan dalam undangan haruslah efektif, yaitu singkat, padat, dan jelas. Tujuannya agar orang yang membacanya dapat segera mengerti isinya.
Surat undangan dibedakan atas 3 jenis, yaitu sebagai berikut.
1. Undangan resmi
Undangan yang mengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan. Biasanya dipergunakan untuk kepentingan kedinasan.
2. Undangan setengah resmi
Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi.
3. Undangan tidak resmi
Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun, undangan perayaan kelahiran.
Bagian bagian dari Surat Resmi
1. Kepala Surat
2. Nama dan alamat tujuan
3. Isi Surat
4. Penutup Surat
5. Tempat dan Tanggal Surat
6. Pembuat Surat
Pengertian Surat Undangan Resmi
Disini surat undangan resmi merupakan surat undangan yang dikeluarkan oleh pihak organisasi yang biasanya ditunjukan kepada organisasi lain atau perseorangan. Selain itu juga anda harus memahami apa fungsi surat.
[Contoh] Surat Undangan yang Resmi
Terdapatnya perbedaan dengan surat yang tidak resmi bahwa, dalam penulisan surat resmi ini penulisannya harus memakai Bahasa baku dan penulisannya juga harus sesuai dengan EYD.
Kriteria Surat Undangan Resmi
Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi dalam pembuatan surat undangan resmi yakni sebagai berikut :
Kop surat
Tanggal pembuatan surat
Nomor surat
Hal (undangan)
Lampiran
Alamat tujuan
Salam pembuka
Isi surat
Salam penutup
Pengirim
Tembusan
Inisial
Contoh Undangan Tidak Resmi
Surat Udangan Ulang Tahun
Semarang 21 Oktober 2018
Buat. Diana
Di Tempat
Salam Sejahtera
Teman-temanku yang cantoh dan tampan aku mengundang kalian untuk datang ke pesta ulang tahunnku yang akan dilaksanakan pada:
Hari, Tanggal : Sabtu, 24 Oktober 2018
Waktu : 08.00
Tempat : Dirumahku Jalan Soedirman 24, Lampung
Acara : Merayakan Pesata Ulang Tahun
Aku Menunggu Kedatangan Kalian Semua
Temanmu,
Karmin
IPS (KD 3. 4, 4.4)
Kegiatan Pembangunan untuk Mengisi Kemerdekaan
Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan
Cara generasi muda mengisi kemerdekaan adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat, baik untuk diri kita juga orang lain. Saya yakin, para pelajar tahu mana yang baik dan mana yang buruk, cuma rasa malas yang saat ini hinggap di pikiranmu, mengalahkan jiwa patriot yang seharusnya kamu pupuk sampai akhir hayat.
Para pahlawan dengan alat-alat perang sederhana (bambu runcing) bisa mengalahkan senjata yang sudah modern saat itu, bukan karena keberuntungan, tapi karena tekad dan kemauan yang kuat.
Kegiatan positif mengisi kemerdekaan di Rumah
Berikut ini adalah contoh yang dilakukan generasi muda di rumah:
Sadar untuk mengerjakan pekerjaan rumah (ngepel, nyuci, nyapu, dll), tanpa harus di suruh orang tua. Sekarang ini sudah tidak zamannya lagi malu atau malas.
Memanfaatkan waktu luang di rumah untuk belajar an kegiatan positif lainnya
Saling membantu jika ada anggota dalam kesusahan.
Menjaga hubungan dengan tetangga
Menghormati satu sama lain adalah wujud patriot sejati.
Patuh terhadap perintah orang tua.
Bersikap baik dan saling mernghormati kepada orang tua dan saudara
Pandai membagi waktu, antara bermain dan belajar.
Melaksanakan perintah yang diberikan orang tua.
Rajin membantu dan berbakti kepada orang tua
Menjaga kebersihan rumah, misalnya dengan menaata barang dengan rapi
Kegiatan positif mengisi kemerdekaan di Sekolah
Sebagai pelajar yang baik, berikut ini contoh kegiatan positif pelajar dalam mengisi kemerdekaan di sekolah:
Disiplin dan khidmat ketika mengikuti upacara.
Memberanikan diri menjadi petugas upacara.
Mematuhi ketentuan dan tata tertib sekolah dan kelas
Belajar dengan rajin dan tekun tidak bersikap malas
Aktif dalam kegiatan pramuka sekolah, paskibra, PMR dan kegiatan ekstra kulikuler atau organisasi lain (OSIS).
Tidak menjelek-jelekkan nama sekolah dengan berperilaku buruk.
Bersikap baik terhadap teman
Sopan terhadap guru, baik dalam berbicara maupun dalam bertutur kata
Menjaga kerapian dan kebersihan lingkungan sekolah
Kegiatan positif mengisi kemerdekaan di Masyarakat
Berikut ini adalah cara mengisi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari di Masyarakat.
Menjadi panitia atau mengikuti lomba 17 Agustus di lingkungan sekitar.
Aktif dalam berbagai acara di masyarakat, baik tentang kemerdekaan, acara keagamaan, atau pelayanan masyarakat lainnya.
Menghargai satu sama lain dengan menjaga sopan dan santun dalam bermasyarakat
Ikut aktif dalam kegiatan di masyarakat, seperti kerja bakti atau pertemuan RT dan RW
Menjaga hubungan dengan anggota masyarakat lainya
Menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan tempat kita tinggal
Tidak melakukan diskriminasi, terhadap warga masyarakat yang berbeda suku bangsa atau berbeda agama
Mengikuti peringatan hari kemerdekaan Indonesia setiap tangga 17 Agustus.
SBdP (KD 3. 3, 4. 3)
Karya Seni Rupa Daerah
Seni Rupa Daerah yang Menjadi Daya Tarik Internasional
Setelah mengerti apa saja jenis seni rupa daerah dan contoh-contoh beserta asalnya, saatnya mengetahui seni rupa daerah apa yang sampai sekarang ini memiliki daya tarik bagi warga dunia. Ternyata, tidak hanya satu atau dua kesenian dari Indonesia saja yang berhasil menarik perhatian mereka, melainkan ada cukup banyak. Hal ini pun wajar karena memang setiap seni rupayang berasal dari Indonesia memiliki keunikan masing-masing.
Berikut adalah beberapa seni rupa dari Indonesia yang berhasil menarik perhatian warga dunia dan beberapa memang sudah didistribusikan ke negara lain untuk dikenalkan.
Batik
Contoh gambar batik :
Itu tadi materi yang dapat kalian pelajari ya nak jika ada pertanyaan terkait materi yang ibu guru
berikan silahkan tanyakan di WA grup atau tinggalkan komentar di blog serta kirimkan tugas
dokumentasi rangkuman di grup WA kita ya nak!
LATIHAN :
Buatlah salah satu contoh Surat Undangan Resmi !
Di tulis di buku latihan Tematik !
Jika tugas kalian sudah selesai dapat kirimkan dokumentasi kalian ke Bu Guru ya nak!
Terimakasih
anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan setia membimbing sholeh/sholeha bu Guru..tetap semangat dan jaga
kesehatan
Wassalamualaikum.wr.w
PEMBAHASAN SOAL PENILAIAN HARIAN TEMA 7 SUBTEMA 2
PPKn
1. Salah satu wujud nyata adanya kerukunan dan persatuan di masyarakat adalah tradisi….
a. kesenian
b. kekerabatan
c. upacara adat
d. gotong royong
Kunci jawaban : d. gotong royong
2. Keberagaman suku yang ada di Indonesia harus dimaknai sebagai….
a. kekayaan bangsa
b. kelemahan Negara
c. perpecahan bangsa
d. kemunduran Negara
Kunci jawaban : a. kekayaan bangsa
3. Salah satu unsur budaya yang ada di Indonesia adalah...
a. kerajinan
b. kesenian
c. keragaman
d. kekerabatan
Kunci jawaban : b. kesenian
4. Berikut ini merupakan contoh kegiatan yang dapat mempertahankan persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat kecuali….
a. kerja bakti memperbaiki jalan yang rusak
b. gotong royong membersihkan lingkungan
c. bersama tetangga membicarakan kejelekan orang lain
d. membantu tetangga yang sedang mengalami musibah
Kunci jawaban : c. bersama tetangga membicarakan kejelekan orang lain
5. Rasa Syukur sebagai bentuk cinta tanah air dapat dilakukan dengan....
a. memilih teman yang satu suku saja
b. tidak memakai produk dalam negeri
c. mengolok-olok teman yang berbeda suku
d. menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
Kunci jawaban : d. menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
BAHASA INDONESIA
Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal no. 6 - 9!
Setelah mendengar berita Jepang menyerah kepada Sekutu, bangsa Indonesia mempersiapkan dirinya untuk merdeka. Perundingan-perundingan diadakan di antara para pemuda dengan tokoh-tokoh tua, maupun di antara para pemuda sendiri. Walaupun demikian, antara tokoh pemuda dan golongan tua sering terjadi perbedaan pendapat. Akibatnya, terjadilah “Peristiwa Rengasdengklok”. Pada tanggal 16 Agustus pukul 04.00 WIB, Bung Hatta dan Bung Karno beserta Ibu Fatmawati dan Guntur Soekarno Poetra dibawa pemuda ke Rengasdengklok agar tidak terpengaruh oleh Jepang. Tujuannya mendesak golongan tua untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.
Setelah melalui perdebatan dan ditengahi Ahmad Soebardjo, menjelang malam hari, kedua tokoh, Bung Hatta dan Bung Karno, akhirnya kembali ke Jakarta. Rombongan Soekarno-Hatta sampai di Jakarta pada pukul 23.00 WIB. Soekarno dan Hatta setelah singgah di rumah masing masing, lalu bersama rombongan lainnya menuju rumah Laksamana Maeda di Jalan Imam Bonjol No. 1 Jakarta (tempat Ahmad Soebardjo bekerja). Di tempat itu, mereka akan merumuskan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Perumusan sampai dengan penandatanganan teks Proklamasi Kemerdekaan baru selesai pada pukul 04.00 WIB dini hari pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada saat itu juga, disepakati bahwa teks Proklamasi akan dibacakan di halaman rumah Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta pada pukul 10.00 WIB.
6. Informasi berikut yang tidak ditemukan dalam teks di atas adalah….
a. teks Proklamasi akan dibacakan pada pukul 10.00 WIB.
b. teks Proklamasi akan dibacakan di halaman rumah Ir. Soekarno
c. Bung Hatta dan Bung Karno dibawa pemuda ke Rengasdengklok
d. Ahmad Soebarjo dikenal sebagai tokoh perumus naskah Proklamasi
Kunci jawaban : d. Ahmad Soebarjo dikenal sebagai tokoh perumus naskah Proklamasi
7. Pertanyaan berikut dapat diajukan untuk mendapatkan informasi dalam teks, kecuali....
a. Kapan Peristiwa Rengasdengklok terjadi?
b. Julukan apa yang diberikan kepada Ir. Soekarno?
c. Siapakah yang memelopori Peristiwa Rengasdengklok?
d. Apa hasil kesepakatan pada Peristiwa Rengasdengklok?
Kunci jawaban : b. Julukan apa yang diberikan kepada Ir. Soekarno?
8. Tokoh yang menjadi penengah dalam perdebatan antara tokoh pemuda dan golongan tua adalah….
a. Ibu Fatmawati
b. Ahmad Soebardjo
c. Laksamana Maeda
d. Guntur Soekarno Poetra
Kunci jawaban : b. Ahmad Soebardjo
9. Berdasarkan teks, tujuan Bung Hatta dan Bung Karno beserta Ibu Fatmawati dan Guntur Soekarno Poetra dibawa pemuda ke Rengasdengklok adalah....
a. penandatanganan teks Proklamasi Kemerdekaan
b.merumuskan teks Proklamasi kemerdekaan Indonesia
c. menuju rumah Laksamana Maeda di Jalan Imam Bonjol No. 1 Jakarta
d. mendesak golongan tua untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.
Kunci jawaban : d. mendesak golongan tua untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.
10. Meyampaikan kembali keseluruhan informasi yang disajikan menggunakan bahasa sendiri adalah cara….
a. menuliskan Kesimpulan Teks
b. mengelompokkan informasi teks
c. menentukan informasi penting dalam teks
d. mempresentasikan informasi penting dalam teks
Kunci jawaban : d. mempresentasikan informasi penting dalam teks
IPA
11. Secara umum, mengetahui adanya kalor yang dimiliki oleh benda dapat dilakukan dengan cara mengukur….
a. Suhu benda
b. Bentuk benda
c. Keadaan benda
d. Memegang benda
Kunci jawaban : a. Suhu benda
12. Di bawah ini merupakan salah satu contoh perubahan wujud karena penguapan adalah….
a. lilin yang dipanaskan.
b. memanaskan mentega.
c. Logam yang dipanaskan pada suhu tinggi.
d. Minyak kayu putih dibiarkan di dalam botol terbuka.
Kunci jawaban : d. Minyak kayu putih dibiarkan di dalam botol terbuka.
13. Peristiwa perubahan wujud benda padat menjadi benda cair karena adanya pemanasan disebut….
a. mencair
b. menguap
c. menyublim
d. mengkristal
Kunci jawaban : a. mencair
14. Di bawah ini yang bukan contoh peristiwa mencair sebagai bentuk perubahan wujud benda karena kalor atau panas adalah…
a. Lilin dipanaskan.
b. Mentega dipanaskan.
c. Bensin dibiarkan di tempat terbuka
d. Logam dipanaskan pada suhu tinggi
Kunci jawaban : c. Bensin dibiarkan di tempat terbuka
15. Salah satu contoh perubahan wujud benda yang terjadi karena benda-benda yang berubah menyerap kalor dari lingkungan sekitar (dipanaskan atau didiamkan) yaitu….
a. menguap
b. membeku
c. mengkristal
d. mengembun
Kunci jawaban : a. menguap
IPS
16. Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dibacakan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 diketik oleh….
a. Soekarno
b. Moh. Hatta
c. Sayuti melik
d. Ahmad Soebarjo
Kunci jawaban : d. Sayuti melik
17. Setelah mendengar berita Jepang menyerah kepada sekutu, Bangsa Indonesia mempersiapkan dirinya untuk merdeka. Walaupun demikian, antara tokoh pemuda dan golongan tua sering terjadi perbedaan pendapat. Akibatnya terjadi peristiwa...
a. Rengasdengklok
b. Bandung Lautan Api
c. Pertempuran Ambarawa
d. Pertempuran 10 November 1945
Kunci jawaban : a. Rengasdengklok
18. Perjanjian Renville diadakan pada tanggal….
a. 17 April 1949
b. 17 Januari 1948
c. 9 Desember 1949
d. 10 November 1946
Kunci jawaban : b. 17 Januari 1948
19. Insiden bendera di Hotel Yamato yang terjadi pada tanggal 19 September 1945 merupakan salah satu peristiwa heroik yang terjadi di daerah….
a. Bali
b. Aceh
c. Surabaya
d. Semarang
Kunci jawaban : c. Surabaya
20. Dalam peristiwa pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ada dua tokoh penting yang mewakili seluruh rakyat Indonesia dan dikenal sebagai pahlawan proklamator yaitu….
a. Suwiryo dan dr. Muwardi
b. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
c. Sayuti melik dan Ahmad Soebarjo
d. Ahmad Soebarjo dan Ir. Soekarno
Kunci jawaban : b. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
SBdP
21. Garis-garis di lantai yang dilalui oleh penari dari perpindahan tempat satu ke tempat lain pada saat melakukan gerak tari disebut….
a. gerak tari
b. pola lantai
c. iringan musik
d. lagu pengiring
Kunci jawaban : b. pola lantai
22. Menurut jenisnya, ada tiga bentuk karya tari yaitu....
a. sendiri, berdua, banyak
b. tunggal, berdua, kelompok
c. tunggal, berpasangan, banyak
d. tunggal, berpasangan, kelompok
Kunci jawaban : d. tunggal, berpasangan, kelompok
23. Gambar di atas merupakan gerakan penari membentuk pola lantai….
a. vertikal
b. diagonal
c. horizontal
d. garis melengkung
Kunci jawaban : b. diagonal
24. Tarian berikut ini yang merupakan salah satu contoh bentuk karya tari tunggal adalah....
a, Tari Piring
b. Tari Janger
c. Tari Gatotkaca
d. Tari Rampak Srigati
Kunci jawaban : c. Tari Gatotkaca
25. Jenis tarian yang tidak menutup kemungkinan bisa berbentuk drama tari/sendratari merupakan bentuk karya tari….
a. tunggal
b. berdua
c. berpasangan
d. berkelompok
Kunci jawaban : d. berkelompok
Di bawah ini dokumentasi hasil pembelajaran Daring sholeh sholeha VF hari Senin:
0 Comments:
Posting Komentar