MUATAN MATEMATIKA
BANGUN RUANG
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1.Sebuah prisma mempunyai alas berbentuk segitiga siku-siku yang ukuran alasnya 9 cm dan tinggi 6 cm. Jika tinggi prisma 14 cm, tentukan volume prisma tersebut !
a. 360 cm³
b. 378 cm³
c. 406 cm³
d. 756 cm³
Pembahasan :
Vprisma = Luas alas x tprisma
= (½ x a x t) x tprisma
= (½ x 9 x 6) x 14
= 27 x 14
= 378 cm³
2. Perhatikan gambar berikut !
Volume prisma belah ketupat tersebut adalah....
a. 3.600 cm³b. 3.780 cm³
c. 4.060 cm³
Pembahasan :
Vprisma = Luas alas x tprisma
= (½ x d1 x d2) x tprisma
= (½ x 24 x 10) x 30
= 3.600 cm³
3. Luas permukaan prisma no.2 adalah...
A. 1.780 cm²
B. 1.800 cm²
C. 1.920 cm²
D. 2.040 cm²
Pembahasan :
Luas prisma = (2 x L alas) + (K alas x t)
= (2 x ½ x 24 x 10) + (4 x 13 x 30)
= 240 + 1.560
= 1.800 cm²
4. Sebuah limas mempunyai alas berbentuk persegi dengan panjang sisi 24 cm. Jika tinggi limas tersebut 50 cm, berapa volume limas?
a. 9.600 cm³b. 14.400 cm³
c. 19.200 cm³
Pembahasan :
Vlimas = ⅓ x Luas alas x tlimas
= ⅓ x 24 x 24 x 50
= 9.600 cm³
5. Perhatikan gambar berikut !
Panjang prisma di atas adalah....
a. 18 cm
b. 20 cm
c. 24 cm
d. 25 cm
Vprisma = Luas alas x tprisma
1.200 = (½ x 12 x 8) x t
1.200 = 48 x t
t = 1.200 : 48
= 25 cm
6. Luas permukaan prisma pada nomer 5 adalah...
a. 800 cm²
b. 848 cm²
c. 896 cm²
d. 924 cm²
Pembahasan :
Luas prisma = (2 x L alas) + (K alas x t)
= ( 2 x ½ x 12 x 8) + ((12 + 10 + 10) x 25)
= 96 + 800
= 896 cm²
7. Jumlah sisi dan jumlah rusuk dari tabung adalah....
a. 0 dan 1
b. 2 dan 2
c. 2 dan 3
d. 3 dan 2
Pembahasan :
Sisi tabung = lingkaran atas, lingkaran alas dan selimut
= 3
Rusuk tabung = keliling alas dan keliling bawah
= 2
8. Perhatikan gambar berikut !
Volume tabung tersebut adalah....
a. 1.256 cm³
b. 2.512 cm³
c. 4.400 cm³
d. 8.800 cm³
Pembahasan :
Vtabung = π x r x r x t
= ²²/₇ x 10 x 10 x 28
= 8.800 cm³
9. Sebuah kaleng memiliki jari-jari 8 cm dan tinggi 12 cm. Luas permukaan kaleng tersebut adalah....
A. 620,8 cm²
B. 942,0 cm²
C. 1.004,8 cm²
D. 1.024,8 cm²
Pembahasan :
Luas permukaan tabung = (2 x π x r²) + (2 x π x r x t)
= ( 2 x 3,14 x 8²) + ( 2 x 3,14 x 8 x 12)
= 401,92 + 602,88
= 1.004,8 cm²
10. Volume kerucut pada gambar berikut adalah....
A. 2.772 cm³
B. 2.727 cm³
C. 2.277 cm³
D. 2.227 cm³
Pembahasan :
Vkerucut = ⅓ x π x r x r x t
= ⅓ x ²²/₇ x 10,5 x 10,5 x 24
= 2.772 cm³
11. Sebuah tabung tanpa tutup memiliki diameter 14 cm dan tinggi 15 cm. Luas permukaan tabung tersebut adalah....
A. 660 cm²
B. 814 cm²
C. 968 cm²
D. 1.004 cm²
Pembahasan :
Luas permukaan tabung tanpa tutup = (π x r²) + (2 x π x r x t)
= (²²/₇ x 7 x 7) + (2 x ²²/₇ x 7 x 15)
= 154 + 660
= 814 cm²
12. Sebuah kontainer plastik berbentuk balok dengan ukuran panjang 75 cm, lebar 60 cm dan tinggi 45 cm akan diisi kotak-kotak mainan. Jika kotak mainan yang akan dimasukkan berbentuk kubus dengan rusuk 15 cm, berapa banyak kotak mainan yang dapat mengisi kontainer plastik tersebut?
A. 15 buah
B. 25 buah
C. 50 buah
D. 60 buah
Pembahasan :
V kontainer = p x l x t
= 75 x 60 x 45
= 202.500 cm³
V kotak = s x s x s
= 15 x 15 x 15
= 3.375 cm³
Jumlah kotak mainan yang dapat dimasukkan = V kontainer : V kotak
= 202.500 : 3.375
= 60 buah
13.Atap suatu rumah berbentuk limas. Alasnya berbentuk persegi panjang dengan panjang 20 m dan lebar 10 m. Jika tinggi limas 2 m, berapa meter kubik udara yang ada dalam ruangan atap tersebut ....
a. 200m
b. 250 m
c. 350m
d. 400m
Penyelesaian :Dari soal, diperoleh :
Alas berbentuk persegipanjang dengan p = 20 m dan l = 10 m
Tinggi limas = 2 m
Maka, luas alas nya adalah = p x l
= 20 m x 10 m
= 200 m2
Kemudian, kita masukkan ke rumus Volume limas, yakni :
V = Lalas x tinggi
= 200 m2 x 2 m
= 400 m3
Jadi, udara yang ada dalam atap tersebut adalah sebanyak 400 m3
14. Volume sebuah bola adalah 38.808 cm³. Panjang diameternya adalah .... cm
a. 40b. 42
c. 44
d. 46
Diketahui V = 38.808 cm³
Ditanyakan diameter ?V = 4/3 x π x r³
38.808 = 4/3 x 22/7 x r³
38.808 = 88/21 x r³
r³ = 38.808 : 88/21 = 38.808 x 21/88
r³ = 9.261
r = 21 cm
d = 2r
d = 2 x 21 cm = 42 cm
Jawaban : b
a. 2.464
b. 2.466
c. 2.474
d. 2.478
Ditanyakan luas permukaan ?
L = 4 x π x r²
L = 4 x 22/7 x 142
L = 2.464 cm²
Jawaban : a
MUATAN SBdP TENTANG TANGGA NADA DAN INTERVAL NADA
Interval (musik) adalah sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. baik jarak nada ke atas atau jarak nada ke bawah. Interval memiliki beberapa nama yaitu:
- 1. Prim: yaitu interval nada dari nada satu ke nada yang sama. Misal: dari nada do ke do
- 2. Sekon: yaitu interval nada dari nada satu ke nada kedua di atas atau di bawahnya. Misal nada do ke re
- 3. Terts: yaitu interval nada dari nada satu ke nada ketiga: Misal nada do ke mi
- 4. Quart/Kuart: yaitu interval dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misal nada do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb.
- 5. Quin/Kuint: adalah interval lima nada.
- 6. Sekt: adalah interval enam nada.
- 7. Septim: adalah interval tujuh nada.
- 8. Oktaf: adalah interval delapan nada, dalam musik diatonis oktav mengidentifikasikan pengulangan nada yang sama hanya dalam tingkatan yang lebih tinggi. Misal nada do rendah ke nada do tinggi, sol bawah ke sol tinggi, dsb.
TANGGA NADA
Tangga nada diatonis mayor memiliki 7 nada yang formulanya dapat ditulis dengan :
1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 - 1
Tangga nada tersebut memiliki interval sebagai berikut :
1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2
Tangga nada diatonis minor memiliki 7 nada yang formulanya dapat ditulis dengan :
1 - 2 - b3 - 4 - 5 - b6 - b7 - 1
Tangga nada tersebut memiliki interval sebagai berikut :
1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2 - 1
2. Tangga nada pentatonis mayor memiliki 5 nada yang formulanya dapat ditulis dengan :
1 - 2 - 3 - 5 - 6 - 1
Tangga nada tersebut memiliki interval sebagai berikut :
1 - 1 - 1 1/2 - 1 - 1 1/2
Tangga nada pentatonis minor memiliki 5 nada yang formulanya dapat ditulis dengan :
1 - b3 - 4 - 5 - b7 - 1
Tangga nada tersebut memiliki interval sebagai berikut :
1 1/2 - 1 - 1 - 1 1/T2 - 1
MUATAN BAHASA INDONESIA TENTANG ISI TEKS PIDATO
Pidato merupakan sebuah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyatakan pendapat, atau memberikan gambaran mengenai suatu hal. Nah, sebelum berpidato biasanya pembicara akan membuat teks pidato terlebih dahulu sebagai panduan saat berbicara di depan umum. Setelah mengetahui maknanya, sekarang kita akan mulai membedah teks pidato. Apa saja unsur dan struktur teks pidato yaitu :
A. Pembukaan
1. Salam Pembuka
Struktur pertama yang terdapat pada teks pidato adalah pembukaan. Pada bagian pembukaan, terdapat salam pembuka. Salam pembuka pasti terletak pada bagian awal teks pidato yang menjadi awalan atau pembukaan pidato.
Contoh salam pembuka:
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua siswa dan guru SMA 1 Bandung.
2. Ucapan Penghormatan
Bagian selanjutnya dalam pembukaan adalah ucapan penghormatan. Biasanya ucapan penghormatan dimulai dari penyebutan orang dengan jabatan tertinggi yang hadir dalam kegiatan pidato. Misalnya, jika pidato dilakukan di sekolah ucapan penghormatan dapat dimulai dari penyebutan kepala sekolah yang memiliki jabatan tertinggi di sekolah, kemudian bapak dan ibu guru pengajar, dan terakhir teman-teman yang hadir.
Contoh ucapan penghormatan:
Yang saya hormati, Ibu Kepala SMA Negeri 1 Bandung, Ibu Nanan Nurhanani S.Pd. Yang saya hormati, bapak dan ibu guru beserta staf SMA Negeri 1 Kota Bandung, dan juga teman-teman seperjuangan saya yang saya cintai.
3. Ucapan syukur
Bagian pembukaan selanjutnya adalah ucapan syukur. Pada bagian ini, biasanya orator (orang yang berpidato) mengucapkan syukur karena dapat hadir dan berkumpul dengan para pendengar yang datang.
Contoh ucapan syukur:
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat hadir dan berkumpul di sini. Tak lupa, salawat serta salam kita sampaikan kepada nabi besar Nabi Muhammad SAW. Tidak lupa juga para sahabatnya serta kita umatnya di akhir zaman.
B. Isi Pidato
Struktur yang kedua setelah pembukaan adalah isi pidato. Pada bagian isi pidato, pembicara akan menyampaikan inti dari topik pidato yang disampaikan.
Contoh isi pidato:
Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato tentang manfaat teknologi. Pada era ini, sudah banyak teknologi – teknologi canggih yang diciptakan untuk mempermudah cara hidup kita di zaman ini. Dengan kecanggihannya, kita dapat mempersingkat waktu dan mempercepat penyelesaian kerja. Namun, tetap ada yang menerima dan meresponnya secara negatif dengan berbagai alasan. Seperti dengan alasan teknologi – teknologi yang sudah ada secara tidak langsung telah menyingkirkan budaya – budaya sehari – hari yang telah ada.
Hadirin sekalian, sebenarnya banyak manfaat yang telah dan akan kita dapatkan dengan penggunaan teknologi – teknologi. Sebagai contoh, kita dapat berkomunikasi dengan kerabat atau keluarga kita di tempat yang jauh dengan menggunakan telefon genggam. Kita juga dapat mempermudah hal dalam urusan rumah tangga, seperti mencuci baju dengan mesin cuci ataupun memasak nasi dengan penanak nasi listrik atau biasa disebut rice cooker. Bahkan internet pun sudah sangat akrab dengan kehidupan sehari – hari kita. Biasanya dimanfaatkan untuk dimanfaatkan untuk mencari informasi atau menghilangkan penat, seperti bermain permainan yang disediakan internet.
Pada kutipan teks di atas, dapat kita lihat bahwa kedua paragraf tadi sudah masuk ke dalam hal penting yang ingin disampaikan, yaitu mengenai manfaat teknologi.
C. Penutup
Struktur terakhir adalah penutup. Pada bagian penutup akan disampaikan kesimpulan tentang topik utama pidato. Terkadang, pembicara juga akan menyampaikan saran-saran untuk orang lain.
Contoh penutup:
Baik buruknya teknologi itu sendiri, bergantung kepada orang yang memanfaatkannya. Saya berharap, kita dapat memanfaatkan teknologi itu sesuai dengan manfaat dan tujuan teknologi itu sendiri dibuat. Supaya tidak terjadi penyalahgunaan yang dapat merugikan kita sendiri dan orang lain.
Demikian pidato ini saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf bila ada salah kata. Wabillahitaufiq walhidayah. Assalammualaikum Wr. Wb.
MUATAN IPA TENTANG PERAN ORANG TUA PADA MASS PUBERTAS
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menyikapi anak yang menjelang masa remaja awal, yaitu:
1. Menjalin komunikasi dua arah
Sebagai orang tua, kita tidak selamanya tahu apa yang anak inginkan dan lakukan pada pergaulannya. Apalagi sebagai remaja awal (adolescence) yang memiliki banyak keinginan. Namun kita tidak usah hawatir tentang hal tersebut, menjalin komunikasi dua arah adalah solusi terbaik untuk mengetahui sebagian besar hal tentang mereka.
Berilah kesempatan buat mereka untuk bercerita dan mencurahkan isi hatinya, karena remaja cenderung suka bercerita dibanding mendengarkan. Nah. setelah mereka bercerita, kita sebagai pendengar bisa sedikit demi sedikit memberikan masukan dengan nada bercerita pula. Hal itu agar mereka tidak merasa seperti dihakimi atau dinasihati.
2. Bekerja sama dengan guru
Bagi orang tua yang mempunyai sedikit waktu untuk bisa berkomunikasi intensif dengan anak, guru di sekolahan menjadi solusi. Artinya orang tua bisa memberikan otoritas kepada sekolah untuk bisa mendidik dan mengarahkan anaknya dengan kesepakatan tertentu. Dengan adanya kesepakatan antara orang tua dan guru, maka pihak sekolah atau guru akan lebih leluasa untuk mengatur dan mengontrol perilaku si anak remaja.
3. Menghilangkan persepsi “pacaran adalah penyemangat belajar”
Maraknya perilaku pacaran berlebihan di kalangan pelajar seringkali karena alasan, “pacaran adalah penyemangat belajar”. Sebenarnya itu suatu pembohongan kepada publik, karena tidak ada sejarah yang mengatakan “pelajar sukses berkat pacaran di sekolah”, mungkin yang relevan adalah “pelajar stress berkat pacaran di sekolah”.
Mengapa demikian? Pacaran di sekolah bukannya membuat semangat si anak, hal itu malah justru akan membuat mereka tidak fokus pelajaran karena terlalu memikirkan si pacar. Apalagi jika keduanya pada suatu saat memutuskan hubungan, semua bisa menjadi berantakan.
4. Memperkenalkan anak pada ajaran, norma dan nilai agama
Memperkenalkan norma dan nilai agama menjadi hal penting dalam membentengi remaja dari pergaulan yang melampaui batas. Sebab dalam agama, ada batasan-batasan yang mengatur bagaimana etika bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain, terutama lawan jenis.
Memperkenalkan anak pada ajaran agama dapat memberikan kesibukan positif bagi mereka seperti rajin salat, mengaji dan berorganisasi sosial keagamaan. Sedangkan memperkenalkan mereka pada norma dan nilai agama dapat membatasi mereka dalam berperilaku.
5. Mengawasi mereka dalam penggunaan telepon pintar, tablet dan menonton televisi.
Maraknya acara televise yang tidak mendidik menjadi tantangan besar bagi orang tua. Ditambah lagi dengan kemudahan akses dunia maya yang memberikan peluang besar bagi para remaja untuk melakukan hal positif maupun Sudah tidak mungkin lagi bagi remaja yang mempunyai alat komunikasi canggih (smartphone) untuk tidak melihat content dewasa yang seharusnya bukan konsumsi mereka.
Bahkan tanpa harus dicari, tawaran-tawaran tentang konten-konten dewasa sudah banyak bertebaran. Hal tersebut menjadi kewajiban tambahan orang tua untuk selalu bisa memberikan pengawasan bagi anak remaja mereka (termasuk mengecek penggunaan media sosial), terutama tentang apa yang mereka tonton dan komunikasikan dengan orang lain di dunia maya.
MUATAN PPKN TENTANG MAKNA SILA PERTAMA PANCASILA DAN PENERAPANNYA SEHARI-HARI
Makna Sila ke 1 Pancasila
Contoh Penerapan Sila Ke 1
MUATAN IPS TENTANG PERAN INDONESIA DI ASEAN DALAM BIDANG EKONOMI
ASEAN adalah sebuah organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang dibentuk guna menjalin kerjasama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.
Pembahasan
Indonesia selaku pelopor organisasi ASEAN, memiliki peran penting di dalam organisasi ini, salah satunya dalam bidang ekonomi.
Berbagai peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN, antara lain :
1.Mendukung terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
2.Ikut serta berperan dalam lumbung padi ASEAN.
Ikut serta dalam melakukan kerjasama di sektor Industri, salah satunya ASEAN Aceh Fertilizer Project.
Indonesia sebagai salah satu pelopor dan pendiri Organisasi kerja sama ekonomi antarnegara.
Tuan rumah KTT ASEAN.
Berperan aktif dalam AFTA (ASEAN Free Trade Area)
MUATAN BAHASA INDONESIA TENTANG MENGIDENTIFIKASI TEKS PIDATO
Adapun beberapa langkah-langkah di dalam menyusun atau membuat pidato antara lain :
1. Menentukan tema atau pokok pembicaraan yang disesuaikan dengan tujuan pidato.
2. Mendaftar pokok-pokok yang akan disampaikan dalam pidato.
3. Menyusun kerangka pidatoSecara umum dalam proses pembuatan atau kerangka pidato mengandung tiga bagian pokok sebagai berikut :
a. Pendahuluan
Bagian ini biasanya berisi salam pembuka, ucapan syukur kepada Tuhan, atau ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang terkait. Selain itu, dalam bagian ini juga secara tidak langsung menyampaikan tujuan pidato. ( baca pada tujuan pidato ).
b. Isi
Isi pidato harus sesuai dengan tujuan dan tema atau pokok pembicaraan yang telah ditentukan sebelumnya.
c. Penutup
Penutup merupakan kunci keseluruhan isi pidato. Bagian ini biasanya berupa reruan umuk membangkitkan semangat, saran, harapan-harapan, ringkasan penting, ucapam terimakasih, permohonan maaf, dan salam penutup.
4. Menyusun atau mengembangkan kerangka pidato menjadi naskah atau teks pidato dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami.
0 Comments:
Posting Komentar