Rabu, 24 Juli 2024

TEMA 1 SUBTEMA 1 PB 3

By elfida fida - Juli 24, 2024

 GURU KELAS : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK RABU 24 JULI 2024



 


Selamat pagi,,,,

Assalamualaikum.wr.wb anak shalih/sholeha VI. A bagaimana kabarnya hari ini Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Jangan lupa sebelum belajar mendengarkan tausiah dan merangkum isinya kemudian tadarus dan sholat duha.

TEMA 1. SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP

SUBTEMA 1. TUMBUHAN SAHABATKU  (PB 3)

A.Beban Belajar :
- Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1 
- IPA KD 3.1 dan 4.1 


B. TUJUAN BELAJAR

1. Setelah mengamati dan mencari informasi, peserta didik mampu mengidentifikasi cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dan manfaatnya dengan benar.

2. Setelah berdiskusi, peserta didik mampu menyampaikan cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dan manfaatnya melalui tabel dengan benar.

3. Setelah membaca teks tentang "Sumber Kehidupan Kehidupan", peserta didik mampu menemukan ide pokok dengan bantuan diagram.


MUATAN IPA (KD.3.1 DAN 4.1)

MENJELASKAN PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN SECARA VEGETATIF

Beberapa tumbuhan ada yang berkembang biak secara vegetatif. Perkembangabiakan secara vegetatif tanpa adanya peleburan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Perkembangbiakan secara vetatif bertujuan untuk menghasilkan tumbuhan baru atau tumbuhan sifat baru. Perkembangbiakan vegetatif dapat terjadi secara alami maupun buatan.

1. Perkembangbiakan vegetatif alami dapat terjadi dengan:

   Berikut ini adalah macam-macam perkembangan vegetatif alami pada tumbuhan:

1. Umbi

Perkembangbiakan tumbuhan yang berumbi dilakukan melalui umbi itu sendiri. Umbi tersebut akan ditanam untuk menghasilkan tumbuhan baru setelahnya. Ada tiga jenis perkembangbiakan melalui umbi. Umbi lapis, umbi batang dan umbi akar. 

2. Tunas

Perkembangbiakan vegetatif alami selanjutnya adalah tunas. Tunas umumnya akan tumbuh pada ketiak daun, ruas-ruas batang, bagian ujung batang. Selain itu, tunas juga dapat tumbuh liar seperti yang tumbuh di atas daun cocor bebek.

Tunas yang tumbuh seperti itu diberi nama tunas adventif. Jika tunas tumbuh pada sekitar induk, maka bentuknya akan rumpun. Bentuk tersebut adalah kumpulan dari tanaman induk dan tunas-tunas anaknya.

Contoh vegetatif alami tunas dapat terjadi pada tumbuhan pisang dan bambu. Selain itu, sukun dan tebu juga berkembangbiak melalui tunas. Tunas akan tumbuh di dalam salah satu bagian tanaman-tanaman tersebut.

3. Akar tinggal

Apa itu akar tinggal? Akar tinggal adalah salah satu macam vegetatif alami yang terjadi pada tumbuhan. Akar tinggal atau rumpang adalah sebuah batang yang tumbuh di dalam tanah.

Batang tersebut akan tumbuh dengan posisi mendatar. Bentuknya bersisik dan berbuku-buku. Umumnya, akar tinggal akan berbentuk seperti berdaging.

Pada bagian bawa sisik, akan terlihat seperti kuncup tunas. Kuncup tersebut akan tumbuh menjadi sebuah tanaman yang baru. Contoh dari akar tinggal ini adalah temulawak, jahe, kunyit, kencur, dan lengkuas.

4. Geragih

Geragih atau stolon adalah sebuah batang yang tumbuh secara menjalar. Batang ini dapat tumbuh di dalam tanah atau di atas permukaan tanah. Geragih akan tumbuh seperti berbuku-buku. Bagian ujungnya juga akan ditumbuhi tunas. Tunas tersebut akan bertumbuh menjadi tanaman baru. Contoh vegetatif alami geragih adalah eceng gondok, stroberi, rumput teki, arbei, dan pegagan.

5. Rimpang

Rimpang adalah sebuah batang yang tumbuh ke dalam lapisan tanah. Rimpang adalah vegetatif alami yang tumbuh secara horizontal. Pada batang tumbuhan itu, akan tumbuh tunas. Selain tunas, akar baru juga akan bertumbuh disana. Contoh tanaman yang berkembangbiak secara rimpang adalah kunyit, temulawak, dan jahe.

6. Stolon

Stolon juga termasuk perkembangbiakan vegetatif alami. Stolon ini hampir sama seperti rimpang. Akan tetapi, perbedaannya terletak pada bagaimana ia akan bertumbuh.

Pada stolon, batang akan tumbuh secara horizontal mengarah ke atas tanah. Ketika batang menyentuh bagian akar, maka akan terbentuk tunas serta akar tumbuhan yang baru. Koneksi di antara tanaman induk tidak akan putus.

Walaupun tanaman baru sudah tumbuh secara mandiri. Contoh dari stolon ini adalah tumbuhan stolon. Selain itu, tumbuhan stroberi juga termasuk ke dalam vegetatif alami stolon.

7. Spora

Spora adalah perkembangan vegetatif yang dilakukan dengan pembentukan 

Simak video pembelajaran di bawah ini :


2. Perkembangbiakan vegetatif buatan

Silahkan simak video di bawah ini :



MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.1 DAN 4.1)

Ide Pokok Teks Laporan

Setiap teks laporan mempunyai gagasan utama. Gagasan pokok dalam teks laporan bisa lebih dari satu. Namun gagasan pokoknya disajikan dalam beberapa paragraf.

Ide pokok dalam sebuah paragraf dapat ditemukan dengan langkah-langkah berikut.

1. Bacalah isi paragraf dengan cermat.

2. Temukan kalimat utama dan kalimat penjelas.

3. Temukan informasi yang terdapat pada kalimat utama.

Gagasan pokok yang telah ditemukan dapat dituliskan dalam bentuk diagram. Hal ini untuk memudahkan memetakan informasi yang terkandung dalam teks laporan secara keseluruhan.

Berikut adalah contoh penyajian gagasan pokok dalam bentuk diagram.


SOAL LATIHAN :

1. Apa yang dimaksud dengan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif ?

2. Mengapa umbi batang dapat digunakan untuk berkembang biak ?

3. Jelaskan kembali langkah-langkah dalam membutat ide pokok dalam paragraf ?


0 Comments:

Posting Komentar

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 20 SEPTEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamuala...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea