MATERI AJAR KELAS VD UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 14 JANUARI 2022
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Anak
sholeh dan sholeha kelas V.D...Kita ketemu lagi dalam pembelajaran
daring, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam
menjalankan kegiatan daring ini. Sebelum anak-anak belajar Matematika tentang Bangun Ruang, pastikan ananda sudah melaksanakan
sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah dan mengisi absen pada link
di bawah ini:.
MATERI : BANGUN RUANG
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh soal dan pembahsan volume kubus dan balok. Contoh soal dan pembahasan ini juga disertai dengan contoh soal cerita yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh soal dan pembahasan ini diambil dari kelas 5 SD (untuk Sekolah Dasar kelas 5 SD).
1. Yusuf membawa kado ulang tahun untuk Aisyah. Kado tersebut berbentuk kubus. Panjang rusuk kado tersebut adalah 20 cm. Hitunglah volume kado tersebut !
Jawab
S = 22
V = s x s x s
V = 20x 20x 20
V = 8.000 .
Jadi, volume kado tersebut adalah 8.000 cm3
2. Akuarium dirumah Rafi berbentuk balok. Panjang 6 m, lebar 4 m, dan tinggi 5 m. berapa liter kapasitas akuarium tersebut ?
Jawab
1 m = 10 dm
p = 6 x 10 = 60 dm
l = 4 x 10 = 40 dm
t = 5 x 10 = 50 dm
V = p x l x t
V = 60 x 40 x 50
V = 120.000
= 120.000 liter
Bagaimana nak materi hari ini semoga anak-anak paham semua ya! Jika kurang jelas dapat bertanya di grup WA!
Agar ananda lebih paham dengan materi di atas kerjakan latihan di bawah ini dengan benar :
Soal Latihan :
1. 1. Ali membuat enam potongan kertas berbentuk persegi. Ukuran persegi tersebut adalah 15 cm. Ali merekatkannya menjadi kubus. Volume kubus yang dibuat Ali adalah ....
2. 2. Pak Rudi memiliki kolam berbentuk balok berukuran panjang 8 m, lebar 6 m, dan tinggi 4 m. Banyak air maksimal yang dapat ditampung adalah .... liter.
Kerjakan dengan teliti !
Tetep jaga kesehatan, shalat 5 waktu dan selalu semangat walaupun belajarnya dari rumah.
Wassalamualaikum.wr.wb.
0 Comments:
Posting Komentar