MATERI AJAR KELAS VD UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 18 NOVEMBER 2021
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin. Sebelum memulai belajar tentang TEMA 5 SUBTEMA 23PEMBELAJARAN 3 DAN 4 yaitu tentang EKOSISTEM, yang mana materi ini masih berkaitan dengan Tema 4 yang sudah kita pelajari minggu kemarin. Marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Ibu guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.
Silahkan absen pada link berikut :
Tema 5 : Ekosistem
Subtema 3 : Keseimbangan Ekosistem
Pembelajaran : 3 dan 4
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPS, dan PPKn
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mencermati gambar kegiatan gotong royong dengan saksama, siswa mampu menjelaskan hal-hal yang memengaruhi peristiwa serupa secara tepat.
2. Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menentukan pikiran utama dari setiap paragraf berikut kosakata barunya dan siswa mampu menyimpulkan hasil diskusi ke dalam bentuk peta pikiran secara tepat.
3. Dengan memahami manfaat kegiatan gotong royong yang merupakan salah satu bentuk pengaruh letak geografis terhadap kehidupan sosial dan budaya masyarakat, siswa mampu mengolah informasi yang mereka dapatkan mengenai kegiatan sosial masyarakat budaya daerah di sekitar tempat tinggal mereka secara benar.
Pengaruh Letak Geografis Indonesia
terhadap Kehidupan Sosial Budaya
Masyarakat
Letak
geografis Indonesia sangat menguntungkan karena berada di tengah-tengah jalur
perdagangan dunia. Secara
geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua.Di sebelah barat
laut, Indonesia berbatasan dengan Benua Asia.Di sebelah tenggara, Indonesia berbatasan
dengan Benua Australia.Di sebelah barat daya, wilayah Indonesia berbatasan
dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur laut berbatasan dengan Samudra
Pasifik.Batas-batas geografis ini memberi sejumlah pengaruh bagi Indonesia
sebagai sebuah negara dengan kebudayaan yang beragam.Perhatikanlah gambar di
bawah ini.
Pikiran Utama dan Informasi Penting
Kesimpulan
Berdasarkan
bacaan tersebut atau sumber informasi lainnya, jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Bagaimana bangsa Indonesia memandang keberadaan negara-negara lain di
sekitar?
2. Apa sajakah pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial masyarakat?
3. Bagaimana pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan budaya masyarakat?
4. Apakah yang dimaksud dengan kebudayaan daerah?
5. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerah Indonesia!
Masyarakat Bali yang Bersatu
Banyak bangsa mengagumi kehidupan masyarakat Indonesia yang sangat beragam, tetapi dapat hidup berdampingan dengan damai.Banyaknya pulau mencerminkan juga banyaknya kehidupan sosial dan budaya yang ada.Setiap suku yang yang hidup di suatu daerah mempunyai kehidupan sosial dan budaya yang khas dan unik.Belum lagi banyaknya bahasa yang digunakan oleh masyarakat tersebut.Akan tetapi ternyata, perbedaan itu justru menjadi kekuatan dan kekayaan bangsa Indonesia.Perbedaan tersebut justru mempererat masyarakat untuk tetap berada dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Menurutmu, mengapa para pecalang itu mau menjaga keamanan umat Islam?
Apakah manfaat yang mereka dapatkan dengan membantu masyarakat Muslim
manjalankan ibadah agamanya?
Bagaimana materi yang sudah bu guru jelaskan, kalau masih ada yang belum paham
silakan Ananda tanya lewat WA grup atau berikan komentar dikolom komentar blog ini ya nak.
SOAL LATIHAN :
Kerjakan latihan di buku Modul pelajaran PPKN Hal.103 dan IPS Hal 104.
Tulis jawaban yang benar saja dan kirimkan secara japri ke WA Bu Guru!
Terimakasih anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan setia membimbing sholeh/sholeha bu Guru..tetap semangat dan jaga kesehatan
Wassalamualaikum.wr.wb
0 Comments:
Posting Komentar