Pages

Rabu, 10 November 2021

TEMA 5 SUBTEMA 2 PB 1 DAN 2

 

MATERI AJAR KELAS VD UNTUK HARI RABU TANGGAL 10 NOVEMBER 2021

 


 

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!! 

Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin. Sebelum memulai belajar tentang TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 DAN 2 yaitu tentang EKOSISTEM, yang mana materi ini masih berkaitan dengan Tema 4 yang sudah kita pelajari minggu kemarin. Marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Ibu guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.

Silahkan absen pada link berikut :

ABSEN SISWA KELAS VD

Tema 5                  : Ekosistem

Subtema 2              Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Pembelajaran                   :1 dan 2

Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia, IPA dan SBdP

 

 

Tujuan Pembelajaran :

 

1.     Setelah mencermati teks nonfiksi yang dibagikan pada blogger, peserta didik dapat menemukan ide pokok yang terdapat dalam teks bacaan dengan tepat.

2.    Melalui video gambar tentang rantai makanan, peserta didik dapat menjelaskan rantai makanan yang terdapat dalam suatu ekosistem secara baik dan benar.

3.    Melalui menyimak video youtube tentang properti tari daerah, peserta didik mampu mencari informasi tambahan mengenai tarian daerah lain di Nusantara yang menggunakan property tari secara tepat.

 

Bahasa Indonesia

Mengembangkan Ide Pokok

Menjadi Kalimat Utama

 

Setiap teks mempunyai gagasan dasar dalam pembuatannya. Gagasan dasar yang terkandung dalam teks disebut juga ide pokok.  Ide pokok biasanya terdapat pada setiap paragraf dalam teks yang disajikan. Ide pokok berisi gagasan dasar mengenai suatu hal atau kejadian  yang  ingin  disampaikan  pembuat  teks.ide pokok tersebut dijadikan dasar dalam pembuatan teks, termasuk pada teks non fiksi.

Untuk mengembangkan ide pokok dari teks yang disajikan, lakukan hal-hal berikut:

1.           Membaca teks non fiksi dengan saksama.

2.         Menentukan ide pokok dari teks non fiksi.

3.         Membuat kalimat baru yang berisi ide pokok tersebut menggunakan bahasa sendiri.

4.         Menggunakan diksi dan ejaan yang tepat saat mengembangkan ide pokok menjadi kalimat-kalimat utama.

Ayo kita baca!



Meskipun sering dianggap sebagia hewan penggangu, belalang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia. Menurut beberapa penelitian, dalam tubuh bellang terdapat berbagai jenis kandungan nutrisi, seperti protein, vitamin, asam lemak esensial, dan mineral. Seekor belalang mengandung kurang lebih 20-40 persen protein

serta 25-30 persen vitamin A dalam tubuhnya. Selain itu, pada kulit belalang juga terdapat zat kotisan seperti pada udang. Semua nutrisi tersebut sangat bermnfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia.


 Setelah kalian membaca teks non fiksi di atas, sekarang kita dapat mengetahui kalimat utama dalam teks tersebut yaitu pada kalimat pertama: 
Meskipun sering dianggap sebagia hewan penggangu, belalang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia” 
Dari kalimat itu baru ide pokok dapat ditentukan yaitu
“Belalang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.” 
untuk mengembangkan ide pokok menjadi kalimat utama, kalian bisa membuat sebuah kalimat baru yang berisi ide pokok. Pastikan kalimatmu berbeda dengan kalimat ada teks non fiksi yang asli. Misalnya: 

Belalang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.”

 

RANTAI MAKANAN

Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan dimakan antar mahluk hidup untuk kelangsungan hidupnya.

Setiap mahluk hidup dalam rantai makanan mempunyai peran masing-masing.

Secara umum terdapat tiga peran mahluk hidup dalam rantai

makanan, yaitu sebagai berikut:

1.            Produsen

·        Produsen adalah mahluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Contohnya: rumput, padi, jagung, dan semua tumbuhan hijau.

·        Produsen mampu mengubah energi dari energi cahaya matahari menjadi energi kimia.

2.            Konsumen

·        Konsumen adalah mahluk hidup yang tidak dapat membuat makannya sendiri sehingga mendapatkan energi dari mahluk hidup lain. Contoh konsumen adalah hewan.

·        Di dalam rantai makanan, konsumen dapat dikelompokan menjadi:

a. Konsumen tingkat I, yaitu kelompok hewan yang memakan tumbuhan (produsen). Konsumen tingkat I merupakan hewan herbivora.

Contoh: rusa, kelinci, belalang.

b. Konsumen tingkat II, yaitu kelompok hewan yang memakan hewan lain (konsumen I). Konsumen II merupakan kelompok hewan karnivora atau omnivor. Contoh: katak, ular, tikus, dan ayam

H  c. Konsumen puncak, yaitu kelompok hewan karnivor yang tidak ada   pemamgsanya.

Contohnya : singa , elang, harimau

        3.       Pengurai

Pengurai adalah mahluk hidup yang mengurai sisa-sisa tubuh mahluk hidup lain yang telah mati. Pengurai tersebut menghasilkan zat-zat kimia dan nutrisi yang dibutuhkan produsen.

Contoh pengurai : cacing tanah, jamur, dan bakteri

Untuk lebih memahami rantai makanan, perhatikan gambar rantai makanan di bawah ini:

 

                  

 

 

Gambar di atas menunjukan rantai makanan pada ekosistem sawah. Rantai  makanan  tersebut dimulai  dari  padi. Tanaman padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, ular di makan elang, dan elang mati tubuh elang akan diuraikan oleh pengurai seperti jamur untuk dijadikan nutrisi bagi tumbuhan.

 

BAHAN AJAR SBDP

Tari Tradisional Caping Nganca





 

 

Tari Tradisional Caping Ngancak yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur menceritakan tentang kehidupan petani. Tari ini menggambarkan para petani yang sedang bekerja mulai dari menanam, merawat, hingga memanen padi. Seperti  petani  sebenarnya,  para  penari  juga mengenakan caping. Caping merupakan penutup kepala yang biasa dikenakan petani saat bekerja di sawah. Caping berbentuk kerucut terbuat dari anyaman bambu.


TARI ALANG BABEGA





Tari Alang Babega dari Minangkabau, Sumatera Barat, merupakan sebuah tarian khas daerah yang menggambarkan burung elang yang melayanglayang di udara. Burung

Elang ini mengepakkan sayapnya, mencari mangsa, kemudian menukik dan menyambar mangsa tersebut.

 

Setiap tarian daerah memerlukan perlengkapan (properti) yang dikenakan penari pada saat menarikannya. Properti tari bisa jadi berbeda antara satu tarian dengan tarian yang lain. Properti yang digunakan menjadi ciri khas tersendiri tarian tersebut. Bahkan, beberapa properti tari dijadikan sebagai nama bagi tarian tersebut. Misal payung yang digunakan dalam Tari Payung atau caping yang digunakan dalam Tari Caping Ngancak.

Bagaimana materi yang sudah bu guru jelaskan, kalau masih ada yang belum paham

silakan Ananda tanya lewat WA grup atau berikan komentar dikolom komentar blog ini 

ya nak. 

SOAL LATIHAN :

1.Tari yang menggambarkan para petani yang sedang bekerja mulai dari menanam, merawat, hingga memanen padi disebut …

2. Mengapa dalam sebuah teks bacaan pembaca harus mengetahui pokok pikiran?

3. Apa yang dimaksud dengan kalimat utama?

4. Jelaskan mengenai rantai makanan berdasarkan gambar berikut!

5. Apa fungsi pengurai bagi tanah? 

Terimakasih anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan setia membimbing sholeh/sholeha bu Guru..tetap semangat dan jaga kesehatan

Wassalamualaikum.wr.wb

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...