MATERI AJAR KELAS V.F UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 25 FEBRUARI 2021
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha V.F,apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. setelah selesai silahkan absen pada link berikut :
Pada pelajaran sebelumnya kita sudah melaksanakan penilain harian Tema 8 Subtema 1.Alhamdulillah hasil penilaian harian kemarin ananda mendapatkan nilai yang baik. Bu guru harap dalam penilaian harian selanjutnya sholeh sholeha mendapakan nilai yang lebih baik. Bagi yang sudah mendapatkan nilai yang baik tolong dipertahankan dan bagi nsiswa ynag mendapatkan nilai kurang ananda belajar lebih giat lagi dan lebihbrajin membaca buku dan materi yang sudha bu guru berikan.
Hari ini kita akan belajar materi tentang tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 dan 2 yaitu:
Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita
Sub Tema 2 : Perubahan Lingkungan
Pembelajaran ke- : 1 dan 2
Muatan Terpadu : IPA ( KD 3. 8, 4. 8), Bahasa Indonesia (KD 3. 8, 4. 8), SBdP (KD 3. 3, 4. 3)
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, siswa dapat menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi dengan benar.
2. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, siswa dapat mengidentifiksi faktor-faktor yang mempengaruhi siklus air dengan benar.
3. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, siswa dapat mengidentifiksi berbagai bentuk pola lantai tari dengan baik.
Bahasa Indonesia (KD 3. 8, 4. 8)
Mengidentifikasi Urutan Peristiwa dalam Teks Nonfiksi
Cara mengidentifisasi urutan peristiwa dalam teks nonfiksi :
ü Baca teks dengan saksama dari awal hingga akhir teks.
ü Temukan kalimat utama atau gagasan pokok pada setiap paragraf.
ü Tandai kata atau kalimat yang kamu anggap sebagai kata kunci.
ü Mancatatnya dalam bentuk peta konsep atau diagram alir.
Contoh diagram alir :
Mengidentifikasi Peristiwa Penting dalam teks Nonfiksi dengan Menjawab Pertanyaan
Peristiwa penting dapat diketahui dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks.
Berikut fungsi kata tanya :
No. |
Kata Tanya |
Fungsi Kata Tanya |
1 |
Apa |
Menanyakan keadaan, perilaku, atau penjelasan isi teks. |
2 |
Di mana |
Menanyakan tempat suatu peristiwa berlangsung, lokasi yang akan dituju, serta tempat yang sedang digunakan dalam teks. |
3 |
Kapan |
Menanyakan waktu terjadinya suatu keadaan atau peristiwa (jam, hari, tanggal, bulan, tahun ataupun lamanya sebuah kejadian) dalam teks |
4 |
Siapa |
Menanyakan pelaku yang terkait atau turut serta dalam suatu peristiwa kejadian dalam teks |
5 |
Mengapa |
Menanyakan alasan atau sebab sebuah peristiwa terjadi dalam teks |
6 |
Bagaimana |
Menanyakan cara atau proses sebuah peristiwa berlangsung, serta untuk menanyakan keadaan atau kejelasan satu hal dalam teks |
7 |
Berapa |
Menanyakan banyak, jumlah, atau satuan dan berupa angka |
IPA (KD 3. 8, 4. 8)
Faktor-faktor yang Memengaruhi Siklus Air dalam Tanah
Tanah memiliki kemampuan menyimpan air. Dalam siklus air, tanah berperan penting dalam menyimpan air. Air tanah sangat berguna saat menghadapi musim kemarau. Air masuk ke dalam tanah melalui pori-pori tanah. Proses masuknya airke dalam pori-pori tanah dinamakan infiltrasi. Proses infiltrasi secara lambat akan membawa air tanah kembali ke laut. Air tanah biasanya lebih jernih dan bersih karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan perakaran tumbuhan.
Faktor-faktor yang memengaruhi air tanah adalah sebagai berikut :
1. Curah hujan
Curah hujan berpengaruh pada tanah karena sumber air tanah berasal dari curah hujan yang turun. Semakin banyak curah hujan yang turun, semakin banyak pula cadangan air tanah yang tersimpan.
2. Material batuan
Air menyerap ke dalam batuan melalui celah batuan. Lapisan tanah yang mengandung banyak batuan akan menyimpan air sehingga air bertahan lebih lama di dalam tanah.
3. Lereng pegunungan
Air tanah akan mudah disimpan di lingkungan yang datar atau tingkat kemiringan yang rendah. Jika air diserap di lahan yang sangat miring, air tersebut akan tetap mengalir sehingga air yang tersimpan hanya sedikit.
4. Keberadaan tumbuhan (vegetasi)
Tumbuhan berperan dalam menggemburkan tanah sehingga air hujan dapat terserap dan tersimpan dengan baik di dalam tanah. Air tanah yang tersimpan di daerah pegunungan akan bertahan lebih lama sehingga menjadi cadangan air pada musim kemarau.
Apa yang akan terjadi jika semakin banyaknya pembangunan permukiman, gedung, dan jalan raya?
Hal tersebut akan mengganggu peranan tanah dalam menyerap dan menyimpan air. Jika air tidak tersimpan, kita tidak memiliki cadangan air saat menghadapi musim kemarau. Selain itu, banjir dan tanah longsor juga dengan mudah terjadi karena berkurangnya daerah resapan air.
Pengaruh Siklus Air pada Musim Kemarau (1)
Air bermanfaat bagi kehidupan mahluk hidup di Bumi. Adanya siklus air menyebabkan ketersediaan air di daratan tetap terjaga. Siklus air dipengaruhi oleh suhu lingkungan, cuaca, hujan, dan keseimbangan lingkungan. Salah satu tahap siklus air adalah evaporasi. Evaporasi adalah penguapan air dari Bumi menuju atmosfer.
Evaporasi mengubah air berwujud cair menjadi air berwujud gas. Semakin tinggi panas matahari, maka jumlah air yang menjadi uap air dan yang naik ke atmosfer juga semakin banyak. Pada musim kemarau, uap air yang diuapkan jauh lebih banyak sehingga berdampak pada permukaan bumi.
Musim kemarau yang berlangsung terus menerus dapat menyebabkan hal-hal berikut :
ü Berkurangnya sumber air minum.
ü Persawahan menjadi kering dan tanah menjadi retak-retak.
ü Banyak hewan yang akan mati karena tidak mendapatkan sumber air.
ü Gagal panen karena banyak tumbuhan yang layu dan mati.
ü Penambak tidak dapat membudidayakan ikan dan hewan air lainnya.
Untuk mengatasi hal itu, sebaiknya kita bijak dalam memanfaatkan air, misalnya menutup keran air jika tidak digunakan atau membuat penampungan air. Selain itu, pada musim kemarau petani juga dapat menanam tanaman palawija, seperti jagung yang tidak banyak memerlukan air.
SBdP (KD 3. 3, 4. 3)
Pola Lantai Gerak Tari
Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai. Pola lantai merupakan garis imajiner yang dibuat oleh formasi penari kelompok. Secara umum, pola lantai berupa garis lurus atau garis lengkung. Bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima. Bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang.
Perhatikan gambar-gambar berikut:
Latihan dijawab dengan voice note ya nak :
1. Jelaskan faktor² yang memengaruhi ketersediaan air tanah
2. Jelaskan kembali pengertian pola lantai menggunakan bahasamu sendiri
Jika tugas kalian sudah selesai dapat kirimkan dokumentasi kalian ke Bu Guru ya nak!
Terimakasih
anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan
setia membimbing sholeh/sholeha bu Guru..tetap semangat dan jaga
kesehatan
Wassalamualaikum.wr.wb
Di bawah ini dokumentasi hasil pembelajaran Daring sholeh sholeha VF hari Rabu:
Soal Penilaian Harian Tema 8 Sub Tema 1
1. Betang, Joglo dan Gadang adalah contoh kergaman budaya Indonesia berupa ….
a. Pakaian adat
b. Tarian daerah
c. Lagu daerah
d. Rumah adat
Kunci Jawaban : d Rumah Adat
2. Tari Serampang Dua Belas dan Tari Tor-Tor berasal dari provinsi ….
a. Sulawesi Utara
b. Jawa Timur
c. Papua Barat
d. Sumatra Utara
Kunci jawaban : d Sumatera Utara
3. Contoh keberagaman yang ada di Indonesia salah satunya adalah keberagaman Suku. Suku asmat terdapat pada daerah . . .
a. Kalimantan
b. Jawa
c. Papua
d. Nusa Tenggara
Kunci Jawaban : c Papua
4.
Keberagaman budaya di Indonesia akan tetap terjaga
apabila ditanamkan sikap......
a. Toleransi
b. Merendahkan budaya lainnya
c. Sombong
d. Kerja sama
Kunci Jawaban : a Toleransi
5. Rumah panjang uluk palin terletak di daerah . . .
a. Kalimantan
b. Sulawesi
c. NTT
d. Jawa
Kunci Jawaban : a Kalimantan
6. . . . kita harus menjaga kelestarian air?
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut . . .
a. Apa
b. Mengapa
c. Alasan
d. Bagaimana
Kunci Jawaban : b Mengapa
Bacalah Teks dibawah ini !
Warga
Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara
sulit mencari air bersih. Mereka
harus menempuh perjalanan hingga sejauh 15 kilometer dari
tempat tinggalnya untuk mendapatkan air bersih. Mereka
terpaksa mengambil air bersih di Kelurahan
Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio. Mereka biasanya menumpang
mobil dan membawa beberapa jeriken ukuran 15 liter. Jeriken
itu digunakan untuk menampung air yang mengalir dari aliran
sebuah anak sungai di Kelurahan Kaisabu Baru.
Letak Kelurahan Waborobo berada di
dataran tinggi. Di daerah itu air tanah sulit
didapat. Kalau pun ada, air hanya sedikit. Daerah itu
juga belum mendapatkan akses aliran air bersih, karena pipa-pipa PDAM
belum mencapai ke daerah sana. Warga Kelurahan Waborobo sangat
membutuhkan air dan sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah
untuk keperluan tersebut.
7.
Berapa jauh jarak warga dengan sumber mata air
bersih.....
a. 5 Kilometer
b. 10 Kilometer
c. 15 Kilometer
d. 25 Kilometer
Kunci Jawaban : c 15 Kilometer
8.
Apa yang menyebabkan warga kelurahan waborobo
kesulitan mendapatkan air bersih.....
a. Karena rumah warga dekat dengan dengan mata
air
b. Pipa PDAM telah mengairkan air
c. Posisi kelurahan waborobo berada di dataran
Tinggi
d. Banyak warga buang sampah sembarangan
Kunci Jawaban : c. Posisi kelurahan waborobo berada di dataran Tinggi
9. Perhatikan Langkah – langkah menentukan urutan peristiwa :
a. catatlah kejadian yang terjadi secara urut
b. cermatilah tiap-tiap paragraf
c. perhatikan waktu serta kejadian
d. Bacalah teks dengan seksama
Pernyataan diatas langkah – langkah menentukan urutan peristiwa yang benar adalah . . .
a. a, b, d, a
b. b, c, d, a
c. b, c, a, d
d. d, b, c, a
Kunci Jawaban : d. d, b, c, a
10. Teks yang dibuat berdasarkan fakta, realita atau hal – hal yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari disebut teks . . .
a. Teks Fiksi
b. Teks Nonfiksi
c. Teks Narasi
d. Teks Deskripsi
Kunci Jawaban : b. Teks Nonfiksi
11.
Apakah manfaat air bagi tumbuhan ...
a. Untuk Mencuci
b. sebagai bahan fotosintesis
c. Untuk sumber air Minum
d. Untuk mandi
Kunci Jawaban : b. sebagai bahan fotosintesis
12.
Air di permukaan bumi jumlahnya tetap sama karena
adanya .....
a. Siklus air
b. Sungai
c. Laut
d. Danau
Kunci Jawaban : a. Siklus air
13.
Air di
bumi mengalami siklus yang terus berputar, proses penguapan air laut dalam
siklus air disebut juga dengan ….
a. Kondensasi
b. Evaporasi
c. Presipitasi
d. Infiltrasi
Kunci Jawaban : b. Evaporasi
14.
Air tanah mengalami
proses perembesan ke danau atau sungai. Proses ini dinamakan dengan ….
a. Respirasi
b. Evaporasi
c. Kondensasi
d. Infiltrasi
Kunci Jawaban : d. Infiltrasi
15.
Uap
air yang ada di atsmosfer akan berubah menjadi titik-titik air ketika suhu
udara turun. Proses ini disebut….
a. Respirasi
b. Evaporasi
c. Kondensasi
d. Infiltrasi
Kunci Jawaban : c. Kondensasi
16.
Contoh
hasil usaha dari perkebunan adalah ….
a. Padi dan damar
b. Jati dan rotan
c. Stroberi dan anggur
d. Emas dan perak
Kunci Jawaban : c. Stroberi dan anggur
17. Batubara
dan minyak bumi adalah contoh sumber daya alam yang dihasilkan dari ….
a. Pertambangan
b. Perikanan
c. Pertanian
d. Perhutanan
Kunci Jawaban : a. Pertambangan
18. Jenis
usaha yang kegiatannya berupa mengolah barang jadi atau setengah jadi
menggunakan sarana dan peralatan tertentu dinamakan ….
a. Perdagangan
b. Pendistribusian
c. Perindustrian
d. Perkantoran
Kunci Jawaban : c. Perindustrian
19.
1.
Pertanian 4. Usaha Perdagangan
2. Guru
5. Peternakan ayam
3. Dokter 6.
Industri tekstil
Yang termasuk
usaha dibidang jasa adala nomor ...
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 5 dan 6
Kunci Jawaban : b. 2 dan 3
20.
Contoh Kegiatan usaha yang memanfaatkan sumber daya
Alam adalah ........
a. Yayasan Pendidikan
b. Industri Tekstil
c. Salon
d. Pertanian
Kunci Jawaban : d. Pertanian
21.
Yang termasuk ciri tangga nada diatonis mayor adalah
a. Bersifat riang Gembira
b. Lambat
c. bersifat sedih
d. Tidak Bersemangat
Kunci Jawaban : a. Bersifat riang Gembira
22.
Contoh Lagu yang bertangga nada diatonis minor
adalah....
a. Maju tak gentar dan Halo-halo bandung
b. Syukur dan Hari Merdeka
c. Syukur dan Tanah Airku
d. Hari Merdeka dan Halo-halo Bandung
Kunci Jawaban : c. Syukur dan Tanah Airku
23.
Ciri tangga nada diatonis minor adalah.......
a. Bersemangat
b. Lagu bersifat sedih
c. Diawali dengan nada do
d. Bersifat Riang Gembira
Kunci Jawaban : b. Lagu bersifat sedih
24. Contoh tangga nada natural, yaitu . . .
a. G mayor
b. F mayor
c. C mayor
d. E mayor
Kunci Jawaban : C mayor
25.
Nada
diatonis mayor memiliki interval ….
a. 1 – 1 - ½ - 1 – 1
– 1 - ½
b. ½ - 1 – 1
– 1 - ½ - 1 - 1 - 1
c. 1 - ½ - 1 –
1
- ½ - 1 - 1 -
1
d. 1 – 1 – 1
- ½ - 1 – 1
– 1 - ½
Kunci Jawaban : a. 1 – 1 - ½ - 1 – 1 – 1 - ½
0 Comments:
Posting Komentar