MATERI AJAR UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 19 NOVEMBER 2020
Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha kelas V.F...Kita ketemu lagi dalam pembelajaran daring, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam menjalankan kegiatan daring ini. Sebelum anak-anak melakukan aktifitas belajar daring Tema 5 Sub Tema 2 Pembelajaran 1 dan 2, pastikan kalian sudah melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah dan mengisi absen pada link di bawah ini:.
Tema 5 : Ekositem
Subtema 2 : Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem
Pembelajaran 1 dan 2
Muatan Pelajaran : IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), dan SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)
Rangkuman Materi :
IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)
Rantai Makanan
Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan di makan antarmakhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya.
Setiap makhluk hidup memiliki peran masing-masing. Secara umum, terdapat tiga peran makhluk hidup di dalam rantai makanan.
1. Produsen
Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis. Contohnya rumput, padi, jagung, dan semua tumbuhan hijau
Produsen mampu mengubah energy dari cahaya matahari menjadi energy kimia
2. Konsumen
Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat membuat makanannya sendiri sehingga mendapatkan energy dari makhluk hidup lain. Contohnya hewan
3. Pengurai
Pengurai adalah makhluk hidup yang mengurai sisa-sisa tubuh makhluk hidup lain yang telah mati. Pengurai tersebut menghasilkan zat-zat kimia dan nutrisi yang dibutuhkan produsen. Contohnya cacing tanah, jamur, dan bakteri.
Padi >> Tikus >>Ular >>Elang >>Jamur
Produsen Konsumen I Konsumen II Konsumen III Pengurai
Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)
Untuk mengembangkan ide pokok dari teks yang disajikan, lakukan hal-hal berikut:
1. Membaca teks non fiksi dengan seksama
2. Menentukan ide pokok dari teks non fiksi
3. Membuat kalimat baru yang berisi ide pokok tersebut menggunakan bahasa sendiri
4. Menggunakan diksi dan ejaan yang tepat saat mengembangkan ide pokok menjadi kalimat-kalimat utama
Setelah membaca dengan seksama, kita dapat mengetahui kalimat utama dari paragraph tersebut terdapat pada kalimat pertama, yaitu “ meskipun sering dianggan sebagai hewan pengganggu, belalang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan baik bagi tubuh manusia.
Dari kalimat utama itu, barulah kalimat itu, barulah ide poko dapat kamu tentukan. Ide pokok dari paragraph non fiksi tersebut adalah “belalang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi”.
SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)
Property tari daerah dan fungsinya
Property adalah perlengkapan atau alat yang digunakan dalam tarian. Property berfungsi untuk memberikan keindahan pada tarian.
Property juga berfungsi sebagai media entuk menyampaikan makna yang terkandung dalam tarian. Property yang digunakan dalam tarian tradisional bermacam-macam, misalnya selendang, topeng, kipas, caping, piring, dan lilin
Bagaimana anak sholeh/sholeha bu Guru apakah paham dengan materi yang bu Guru ajarkan!
Jika kurang paham dapat kometar di blog ya nak atau bisa bertanya di WA grup kita.
TUGAS LATIHAN SISWA :
Berdasarkan gambar di atas jelaskan urutan rantai makanannya !
Terima kasih sholeh sholeha VF jangan lupa mengirimkan tugas ananda secara voice note ke bu Guru dan kalau ada materi yang kurang paham silahkan ananda tulis komentar di blogger...tetap semangat dan jaga kesehatan.....Waalaikumsalam WR.WB
Di bawah ini dokumentasi hasil pembelajaran Daring sholeh sholeha VF hari Rabu:
1 Comments:
assalamualaikum anak sholeh sholeha bu el....gimana dengan materi hari ini ada yang belum paham gak nak...kalau ada silahkan ananda tanya sama bu el ya...
Posting Komentar