Pages

Jumat, 14 Agustus 2020

TEMA 2 SUBTEMA 1 PB 3 DAN 4

 MATERI AJAR UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 14 AGUSTUS 2020


Hari/tanggal                : Jum’at / 14 Agustus 2020

Tema 2                        : Udara Bersih Bagi Kesehatan

Subtema 1                   : Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih

Pembelajaran ke          : 3 dan 4

Muatan pelajaran         : PKn, IPS

 

A.     TUJUAN

  1. Dengan menyimak penjelasan guru dan membaca informasi, siswa dapat menjelaskan makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat..
  2. Dengan menyimak penjelasan guru dan membaca informasi, siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia dalam bidang jasa.

 

 LINK ABSEN DI BAWAH INI ;

ABSEN SISWA KELAS VF

 

 

Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat

            Tanggung jawab merupakan sikap terpuji yang hendaknya dimiliki setiap individu. Sikap tanggung jawab mencerminkan nilai karakter setiap individu. Jadi karakter seseorang tecermin dalam sikap tanggung jawabnya, baik terhadap diri sendiri, orang lain, masyarakat, maupun bangsa dan negara. Apa makna tanggung jawab dan apa saja jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat? Samakah tanggung jawab dengan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat? Orang yang bertanggung jawab dapat dikatakan sebagai orang yang berkarakter.

1. Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat

Tanggung jawab melekat pada diri setiap manusia di mana pun ia berada, termasuk dalam masyarakat. Bagaimanakah makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat? Untuk memahami makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat, secara urut perlu kamu pahami pengertian tanggung jawab itu sendiri, pengertian masyarakat, dan baru memahami makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat berikut ini.

a.  Pengertian Tanggung Jawab

Tanggung jawab merupakan salah satu nilai karakter bangsa yang diharapkan tertanam pada setiap individu, terutama peserta didik. Tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, baik terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, maupun Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Setiap individu mempunyai tanggung jawab, karena tanggung jawab bersifat kodrati yaitu menjadi bagian dari kehidupan manusia. Jadi, setiap individu mempunyai tanggung jawab.

 

Jenis-jenis kegiatan Ekonomi Masyarakat

 

Contoh bentuk kegiatan ekonomi masyarakat

a.         Pertanian

b.        Perkebunan

c.         Peternakan

d.        Perikanan

e.         Kehutanan

f.         Perindustrian

g.        Pelayanan jasa

 

 

Jenis Usaha Bidang Jasa

Jenis usaha pariwisata merupakan usaha di bidang jasa. Bidang jasa berkaitan dengan pemberian layanan kepada konsumen. Contoh usaha jasa selain pariwisata antara lain perbankan, keuangan, asuransi, kesehatan, dan hukum. Sektor jasa di Indonesia, terutama pariwisata berkembang pesat. Pesatnya jasa pariwisata didukung potensi panorama alam Indonesia yang elok. Sektor pariwisata di Indonesia juga menonjolkan aspek budaya. Contoh objek wisata alam adalah danau, pantai, bukit, pegunungan, gunung, suaka alam, serta flora fauna.  Contoh objek wisata budaya adalah kesenian daerah, upacara adat, keraton, dan candi. Berkembangnya sektor pariwisata menumbuhkan usaha-usaha penunjang jasa pariwisata.

Usaha-usaha di bidang jasa pariwisata antara lain sebagai berikut.

1. Pengelola jasa penginapan, misalnya hotel, motel, wisma, dan losmen.

2. Usaha penjualan barang cendera mata atau suvenir.

3. Penyedia jasa pemandu wisata (tour guide).

4. Penyedia jasa pariwisata dan transportasi (tour and travel).

 

 Berikut video pembelajaran di bawah ini ;

 

 

 

Latihan Soal

1.      Apa yang dimaksud dengan tanggung jawab ?

2.      Sebutkan 7 Contoh bentuk kegiatan ekonomi masyarakat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...