Pages

Minggu, 05 Januari 2020

MATERI AJAR UNTUK HARI SENIN TANGGAL 06 JANUARI 2020

MUATAN IPA TENTANG CAMPURAN

Pengertian Campuran   Campuran merupakan Suatu material yang terbentuk dari penggabungan antara dua Zat atau lebih, yaitu berupa Zat Padat, Gas, Cairan, dan Sifat yang terdapat didalamnya tidak mengalami kehilangan.


Sifat Sifat Campuran

Berdasarkan Zat Penyusun memiliki sifat yang berbeda-beda, tetapi meskipun Zat ini telah tercampur didalam Zat lainnya masih memiliki sifat-sifat bawaannya, yaitu sebagai berikut :
  1. Memiliki dua jenis Zat atau lebih
  2. Zat Penyusun masih memiliki sifat asli
  3. Memiliki perbandingan yang tidak tetap atau sembarangan
  4. Tidak dapat diuraikan kembali dengan menggunakan proses yang biasa
  5. Dapat diuraikan kembali dengan menggunakan proses Fisika

Ciri Ciri Campuran

Berdasarkan dalam kehidupan sehari-hari, Campuran memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini :

1. Proporsi Dapat Berubah

Dalam proses penggabungannya Campuran secara fisik tanpa menggunakan proporsi yang pasti, Misalnya pada Jus Buah dapat berubah-ubah proporsinya, karena antara Sari Buah yang telah tercampur dengan proporsi Air sebagai Zat Penyusunannya.
Hal ini sangat berbeda dengan Senyawa yang memiliki komposisi tetap, Misalnya pada Senyawa Air yang terbentuk dari 2 Atom Hidrogen dan 1 Atom Oksigen.

2. Tidak Menghasilkan Zat Baru

Campuran yang telah terbentuk, tidak dapat menghasilkan Zat yang baru. Karena setiap komponen-komponen penyusunnya mempertahankan sifat-sifat aslinya.
Hal ini sangat berbeda pada Senyawa yang terbentuk, dapat menghasilkan Zat yang baru dan sifat-sifat yang baru.

3. Proses Pemisahan Dilakukan Secara Fisik

Komponen Zat Penyusun dari Campuran dapat dipisahkan dengan menggunakan Proses secara Fisik, Misalnya dengan menggunakan Alat Penyaring atau Alat Pengendapan. Setelah proses pemisahan terjadi, Zat yang sebelumnya telah tercampur dapat dikembalikan dalam kondisi semula.

4. Sifat Campuran Sama Dengan Pembentuk

Campuran tidak dapat dilakukan dengan proses Reaksi Kimia, oleh karena itu perubahan Sifat pada Zat Penyusun dari Campuran tidak mengalami perubahan. Tetapi memiliki sifat-sifat yang sama tetap ketika tercampur kedalam Air.

5. Zat Penyusun Dapat Terlihat

Zat Penyusun yang terdapat pada Campuran, dapat dilihat dengan mata secara mudah dan jelas.

MUATAN BAHASA INDONESIA MENULIS TEKS LAPORAN KEGIATAN

Secara harfiah, laporan merupakan bentuk pemberitahuan atau penyampaian berita dari seorang bawahan terhadap atasannya akan suatu kejadian atau kegiatan, atau laporan bisa juga disebut sebagai penyampaian informasi sepanjang acara berlangsung dari panitia ke sponsor atau pihak-pihak yang terlibat di dalamnya secara profesional. 
Ada 2 metode dalam menyampaikan sebuah laporan. Laporan dapat dilakukan langsung secara lisan maupun tulisan. Adapun jenis dan contoh laporan tertulis dapat dibedakan berdasarkan kegiatan dan tujuannya.
Laporan terbagi atas beberapa jenis. Pengelompokan jenis laporan dibedakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis laporan tersebut:
  • Laporan peristiwa. Laporan peristiwa/berita adalah laporan yang menyajikan tentang proses atau keadaan berlangsungnya sebuah peristiwa. Laporan ini dapat diolah melalui unsur 5W+1H, tetapi dimuat dalam bentuk deskriptif. Misalnya surat kabar, majalah, dan sebagainya.
  • Laporan diskusi. Laporan diskusi disebut juga notulen adalah laporan yang menyajikan mengenai jalannya diskusi.
  • Laporan kegiatan. Laporan kegiatan yaitu laporan mengenai kegiatan yang telah berlangsung. Contohnya: kegiatan OSIS, laporan kegiatan PKL, laporan kegiatan pramuka, dan lainnya.
  • Laporan perjalanan. Laporan perjalanan adalah laporan yang disusun secara naratif dan kronologis yang berisikan pengalaman dari penulis.
  • Laporan penelitian. Laporan penelitian yaitu laporan yang berisi mengenai hasil penelitian yang telah dilakukan.
Dalam menyusun sebuah laporan tidaklah sembarangan. Laporan sendiri memiliki format yang bertujuan agar yang menerima laporan tersebut dapat lebih mudah memahami isi laporan yang telah dibuat dan meminimalisir adanya kebingungan dalam memahami isi dari laporan tersebut. Berikut adalah format penulisan sebuah laporan, yang terdiri atas:
  1. Judul
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. Isi (Pendahuluan, Latar Belakang, Tujuan Kegiatan, Isi, Saran, Penutup, Daftar Pustaka, Lampiran
MUATAN IPS TENTANG PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP KESEHATAN MASYARAKAT

Secara umum globalisasi adalah suatu proses menyeluruh atau mendunia dimana setiap orang tidak terikat oleh negara atau batas-batas wilayah,yang artinya setiap individu dapat terhubung dan dapat saling bertukar informasi dimanapun dan kapanpun melalui bisa melalui media elektronik maupun media cetak.

Kata globalisasi sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu Globalization,yang artinya adalah gabungan dari kata Global yang berarti mendunia dan Lization yang berarti proses.

Bicara tentang globalisasi di bidang kesehatan,ada tidak kaitannya dengan kesehatan ? tentu ada! bahkan ketika Indonesia memasuki abad 21 globalisasi harus di jadikan agenda baru. Karnea apa?,karena globalisasi akan memberikan dampak yang amat banyak dan amat luas kepada negara kita. Di perkirakan dampak globaisasi juga dapat memberikan pengaruh baik dan buruk terhadap kesehatan misal kepada sistem pelayanan,penyakit baru,hingga kondisi sosial lainnya. 

Adapun dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Kesehatan seperti berikut :

Dampak positif 
a.Meningkatnya mobilitas profesional dari suatu negara ke negara yang lain. 

b.Meningkatnya teknologi terhadap alat medis dan dapat menunjang pengobatan terhadap pasien.

c.Mingkatnya perusahaan asing dan perusahaan asuransi di dalam negeri. 

Dampak Negatif 
a.Kecanggihan teknologi dapat membuat banyaknya masyaraka yang meninggalkan cara pengobatan alternatif,sehingga banyaknya mobilitas konsumen kesehatan yang harus pergi ke luar negri hanya sekedar untuk berobat atau mendapat perawatan medis. 

b.Banyaknya kecanggihan teknologi yang di manfaatkan bagi banya orang untuk membuka perusaan sepeti industri tanpa memperdulikan sekitar yang bisa menyebabkan udara tercemar sehingga menyebabkan banyak orang menderita penyakit saluran pernafasan. 

c.Akan semakin memperparah maldistribusi dan kekurangan tenaga kesehatan. Karana banyak terbukanya jalur kesempatan di luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...