Pages

Selasa, 05 November 2019

Materi Ajar Untuk Hari Rabu Tanggal 6 November 2019

Muatan PPKn Tentang Tanggung Jawab Pemilik Usaha

Seorang pengusaha memiliki tanggung jawab yang besar kepada banyak pihak. Dalam tanggung jawab sosial, seorang pengusaha setidaknya memiliki tanggung jawab terhadap empat pihak, yakni lingkunga, konsumen, karyawan dan investornya.

A. Tanggung Jawab Terhadap Lingkungan

Bentuk tanggung jawab pengusaha terhadap lingkungan dapat diwujudkan dengan meminimalkan polusi dan kerusakan lingkungan yang dihasilkan oleh perusahaan. Contohnya, perusahaan dapat menggunakan penghisap zat-zat beracun pada asap yang dikeluarkan dari produksi untuk meminimalkan polusi udara, membuat penampungan limbah yang menyerap zat-zat berbahaya sebelum dialirkan ke aliran sungai untuk meminimalkan polusi air, dan meminimalkan sampah yang dikeluarkan dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat di daur ulang untuk meminimalisir polusi air.

B. Tanggung Jawab Terhadap Konsumen

Bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap konsumen dapat diwujudkan dengan menyediakan produk yang berkualitas dan dengan harga yang sesuai. Konsumen memiliki hak untuk memperoleh produk yang aman, memperoleh informasi mengenai produk yang digunakan, hak untuk didengarkan dan hak untuk memilih apa yang hendak dibeli. Tanggung jawab perusahaan terhadap konsumennya juga termasuk dengan memperhatikan etika dalam beriklan, antara lain dengan tidak membuat janji-janji tentang sebuah produk yang tidak ditepati oleh perusahaan.

C. Tanggung Jawab Terhadap Karyawan

Bentuk tanggung jawab yang dapat diberikan perusahaan kepada karyawan adalah dengan melakukan berbagai aktivitas, seperti rekruitmen, pelatihan, promosi dan kompensasi sesuai dengan hak-hak yang harus diperoleh karyawan.

D. Tanggung Jawab Terhadap Investor

Tanggung jawab terhadap investor dapat dilakukan misalnya dengan memberikan laporan keuangan dengan jujur dan sesuai keadaan, tidak memberikan informasi kepada investor-investor tertentu saja, dan memberikan laporan keuangan sesuai dengan aturan dalam laporan keuangan yang berlaku

Muatan Bahasa Indonesia Tentang Mengidentifikasi Formulir Lembar Jawaban Komputer (LJK)

Lembar Jawaban Komputer

Lembar Jawaban





Contoh Lembar Jawaban Komputer
Di Indonesia, formulir isian berupa kertas yang akan diolah dengan komputer dan pemindai lebih dikenal sebagai Lembar Jawaban Komputer(LJK). LJK tersebut dapat berupa form OMR, form DMR, atau form bebas tipe menggunakan teknologi terbaru berbasis SMR.
LJK biasanya digunakan untuk ujian berbentuk pilihan ganda, kuesioner, formulir registrasi dan pendataan. Penggunaan LJK sebagai pengganti entri data secara manual dapat mempercepat pengolahan data. Kecepatan tersebut juga sangat ditentukan oleh kecepatan pemindaikecepatan perangkat lunak yang digunakan.
Bila dibandingkan dengan sistem pengisian ujian/registrasi/pendataan on-line pada ratusan hingga jutaan peserta, penggunaan LJK masih lebih optimal karena dapat menghemat kebutuhan penyediaan komputer. Dengan sistem on-line harus tersedia 1 komputer untuk 1 responden atau peserta ujian, sedangkan untuk sistem off-line, cukup 1 LJK untuk 1 responden atau peserta ujian.
Penamaan LJK dapat menimbulkan pengertian yang kurang tepat atau ambiguitas. LJK bukanlah lembar yang berisi jawaban komputer, tetapi LJK adalah lembar jawaban yang akan diperiksa menggunakan alat bantu berupa komputer.

Muatan Matematika Tentang Keliling Lingkaran

lingkaran mempunyai unsur – unsur seperti jari – jari lingkaran, diameter lingkaran, busur lingkaran, lingkaran lingkaran dan tali busur lingkaran.

Rumus Keliling Lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran Dengan Diamter :π x d
Rumus Keliling Lingkaran Dengan Jari-Jari :π x 2 x r
Keterangan :
d = Diamter
r = Jari – jari
π = 22/7 atau 3,14
Contoh Soal 11. Terdapat satu buah bangun datar lingkaran yang memiliki nilai diameter sebesar 6 m, Carilah keliling dari lingkaran tersebut ?
Diketahui :
  • d = 6 m
  • π = 22/7
Ditanyakan :
Nilai Keliling Lingkaran ?
Jawaban :K = π x d
K = 22/7 x 6
K = 132/7
K = 18,85 m
Maka, Keliling lingkaran tersebut adalah 18,85
Contoh Soal 22. Terdapat sebuah lingkaran yang mempunyai nilai jari – jari sebesar 14 cm. Hitunglah nilai keliling lingkaran tersebut ?
Diketehui :
  • r = 14 cm
  • π = 22/7
Ditanyakan : Nilai Keliling Lingkaran ?
Jawaban :K = π x 2 x r
K = 22/7 x 2 x 14
K = 22/7 x 28
K = 616/7
K = 88 cm
Maka, Keliling lingkaran tersebut adalah 88 cm
Contoh Soal 33. Diketahui keliling sebuah lingkaran bernilai 62,8 cm. Hitunglah berapa diameter lingkaran tersebut ?
Diketehui :
  • K = 62,8 cm
  • π = 3,14
Ditanyakan : Nilai Diameter Lingkaran ?
Jawaban :K = π x d
62,8 = 3,14 x d
d = 62,5 / 3,14
d = 20 cm
Maka, Diameter lingkaran tersebut adalah 20 cm
Contoh Soal 44. Andi mempunyai roda sepeda motor dengan nilai keliling yaitu 88 m. Hitunglah berapa jari-jari roda sepeda motor andi tersebut ?
Diketehui :
  • K = 88 m
  • π = 3,14
Ditanyakan : Nilai Diameter Lingkaran ?
Jawaban :K = π x 2 x r
88 = 3,14 x 2 x r
K = 6,28 x r
r = 88 / 6,28
r = 14 cm
Maka, jari – jari lingkaran tersebut adalah 14 cm
Contoh Soal 55. Rangga memiliki sebuah mobil yang mempunyai roda dengan diameter 84 cm berputar sebanyak 1000 kali, Hitunglah berapa jarak yang di tempuh oleh mobil rangga tersebut ?
Diketehui :
  • d = 84 cm
  • π = 3,14
Ditanyakan : Jarak Mobil ?
Jawaban :Jarak yang ditempuh mobil sama dengan 1000 kali keliling lingkaran ( roda ) = 1000 / 2 = 500
Maka jarak yang ditempuh mobil = 500 x π x d = 500 x 3,14 x 84 cm = 131.880 cm = 1,32 km

1 komentar:

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...