Minggu, 12 Januari 2025

TEMA 6 SUBTEMA 2 PB 5 DAN 6

By elfida fida - Januari 12, 2025

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI SENIN TANGGAL 13 JANUARI 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

Hari ini kalian kembali ke sekolah setelah melaksanakan weekend selama dua hari, Bu Guru yakin kalian ada yang pergi jalan-jalan bersama keluarga ke tgempat hiburan, ada yang di nrumah saja membantu oraang tua membersihkan rumah dan bahkan ada yang berkunjung ke rumah nenek. Bu Guru harap semoga hari ini para ananda semua sudah lebih semangat lagi dalam mengikuti pelajaran selamjutnya.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

      1. Dengan kegiatan membuat kliping, Peserta didik dapat menunjukkan bacaan berisi ciri-ciri masa pubertas.

      2.Dengan kegiatan membaca, Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya pelaksanaan hak sebagai warga negara.

      3.Dengan kegiatan berlatih, Peserta didik dapat menuliskan kalimat utama dan gagasan utama setiap paragraf.

      4.Dengan kegiatan mengamati gerak tari daerah, Peserta didik dapat menunjukkan gerak tari kreasi jenis tunggal dengan tepat.

   5.Dengan kegiatan berlatih gerak tari kreasi jenis tunggal, Peserta didik dapat memperagakan gerak tari kreasi jenis tunggal dengan tepat.

TEMA 6                             : MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA

SUBTEMA 2                     : MEMBANGUN MASYARAKAT SEJAHTERA

       PEMBELAJARAN             : 5 DAN 6

 MUATAN SBDP (KD. 3.3 DAN 4.3)

 PROPERTI YANG DIGUNAKAN PADA TARI TUNGGAL

Properti yang digunakan untuk pementasan tari tunggal:

a. tali / pita

b. piring

c. bola kecil

d. kipas

e. dbs

Contoh tari tunggal adalah:
  • Tari Pendet.
  • Tari Srimpi.
  • Tari Kancet.
  • Tari Baris.
  • Tari Jaipong.
  • Tari Legong.
  • Tari Gambyong.
  • Tari Kancet Ledo.

Simaklah contoh video tari tunggal pembelajaran di bawah ini :



MUATAN BAHASA INDONESIA (KD.3.8 DAN 4.8)

Cara menggali informasi teks nonfiksi dapat dilakukan dengan membaca saksama teks yang disediakan. Setelah itu, kita dapat menandai atau mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks. Setelah menggali informasi, konsep-konsep yang saling berkaitan akan ditemukan pada teks nonfiksi tersebut.

Berikut cara menggali informasi yang ada di dalam teks nonfiksi, yaitu: 

1. Mendapatkan Informasi Melalui Indeks 

Indeks adalah daftar kata atau istilah yang penting, biasanya indeks terletak pada halaman akhir dan tersusun berurutan berdasarkan abjad.

Jadi, jika tidak mengetahui arti dari istilah penting tersebut ketika membaca teks nonfiksi, kita bisa memeriksanya pada halaman indeks. 

2. Mencatat Informasi dalam Teks Nonfiksi 

Selain itu, catatlah segala informasi penting yang dibutuhkan sesuai yang tercantum dalam teks nonfiksi.

Dari catatan penting itulah kita mendapatkan informasi yang bisa digunakan sebagai sumber dalam penelitian terbaru.

Jika tidak mengetahui kata atau istilah yang dimaksud, bisa dicari dalam kamus dan menghubungkannya dengan kalimat yang ditulis oleh penulis teks nonfiksi. 

3. Teknik Membaca untuk Menemukan Informasi Teks Nonfiksi 

Ketika membaca teks nonfiksi kita membutuhkan teknik khusus agar menemukan informasi lebih cepat dan tepat.

Bacalah teks nonfiksi dengan menggerakkan mata secara cepat dan temukan kata yang dianggap penting.

Tapi meskipun membaca cepat, tetap baca keseluruhan isi teks dengan benar dan memahami isinya. 

4. Menentukan Kalimat Utama dan Gagasan Utama pada Setiap Paragraf 

Cara menemukan kalimat utama adalah dengan menemukan kalimat yang bisa berdiri sendiri dan tidak membutuhkan kalimat penjelas.

Jadi, bersifat umum dan memuat permasalahan yang akan dibahas.

Sedangkan, gagasan utama bisa ditemukan jika kita menemukan kalimat utama dan kalimat penjelas. 

5. Membuat Daftar Pertanyaan 

Tujuan membaca teks nonfiksi adalah untuk mendapatkan informasi.

Caranya bisa dengan membuat daftar pertanyaan yang ingin kita ketahui melalui teks nonfiksi tersebut.


* MEDIA/SUMBER PEMEBELAJARAN:

- BUPENA

- LCD

- Video tari


* METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, pengamatan


 LATIHAN SOAL :

BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. Pola lantai dibuat dengan tujuan untuk ....
a. memperindah pertunjukan tari
b. agar penari tidak bingung
c. menambah jumlah penonton
d. menyesuaikan tempat pertunjukan

2. Diana dan teman-temannya sedang berlatih menari tarian khas daerah. Pada saat menari mereka membentuk garis lingkaran. Pola lantai yang digunakan dalam tarian tersebut adalah ....
a. zig-zag
b. vertikal
c. melengkung
d. horizontal

3. Variasi pola lantai diperlukan agar ....
a. penonton tidak bosan
b. ruangan terlihat sempit
c. tarian lebih indah
d. tarian cepat selesai

4. Keunikan tari daerah dipengaruhi oleh ....
a. ekonomi masyarakat dan daerah
b. pendidikan masyarakat dan budaya
c. keadaan daerah dan latar belakang budaya
d. tingkatan sosial masyarakat

5. Berikut ini merupakan pengembangan pola lantai melengkung adalah ....
a. lingkaran
b. vertikal
c. zig-zag
d. segi empat

6. Tari pendet berasal dari ....
a. Sumatra
b. Bali
c. Papua
d. NTT

7. Pola lantai yang digunakan pada tari tambun dan bungai dari Kalimantan Tengah adalah ....
a. vertikal
b. diagonal
c. horizontal
d. lingkaran

8. Perubahan posisi atau sikap anggota badan pada saat menari disebut ....
a. pola lantai tari
b. gerak tari
c. properti tari
d. posisi tari

9. Tari serampang dua belas dilakukan secara ....
a. berkelompok
b. perorangan
c. perindividu
d. berpasangan

10. Pola lantai pada tari berkelompok harus dilakukan dengan .... 
a. bebas
b. memperhatikan kostum penari
c. memperhatikan jumlah penari
d. dibatasi tiga macam saja

KUNCI JAWABAN:

1. a. memperindah pertunjukan tari
2. c. melengkung
3. c. tarian lebih indah
4. c. keadaan daerah dan latar belakang budaya
5. a. lingkaran
6. b. Bali
7. C. horizontal
8. b. gerak tari
9. d. berpasangan
10. c. memperhatikan jumlah penari 

REFLEKSI/KESIMPULAN:
Pada kegiatan pembelajaran hari ini tentang materi properti yang digunakan pada tari tunggal dan menggali informasi pada teks nonfiksi, alhamdulillah para peserta didik memahami materi dengan baik. Kemudian Bu guru memberikan latihan soal yang diatas alhamdulilah para peserta didik mendapatkan nilai di atas KKM semua. Selain itu hari ini juga beberapat peserta didik melakukan praktek tari tunggal didepan kelas, dengan memberikan contoh video tari yang ada di blogger dan ada tari yang sesuai permintaan peserta didik yang ditampilkan.

Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini :








0 Comments:

Posting Komentar

TEMA 9 SUBTEMAB 2 PB 1 DAN 2

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI SENIN TANGGAL 10 MARET 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum....

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea