Pages

Rabu, 03 Maret 2021

PENYAJIAN DATA

MATERI AJAR KELAS V.F UNTUK HARI RABU TANGGAL 03 MARET 2021




Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha V.F,apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. setelah selesai silahkan absen pada link berikut :


ABSEN KELAS VF

Pada minggu kemarin kita sudah belajar tentang materi bangun ruang tabung dan jaring-jaringnya, dan sekarang kita akan belajar masih tentang penyajian data. Disimak ya nak materi di bawah ini :

 Hari                                       :  Rabu,3 Maret 2021

 Materi                                   : Penyajian Data

Tujuan Pembelajaran          : 

1.    Mengumpulkan data dengan langsung dan dengan lembar isian

2.    Menentukan informasi dari sumber –sumber yang tepat

 

 

Mengenal Data

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), data adalah keterangan yang

benar dan nyata yang diperoleh dari proses pengamatan,wawancara, atau penelitian. Data dapat berwujud suatu

keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol

lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, objek,

kejadian ataupun suatu konsep.

 

DATA BERAT DAN TINGGI BADAN

NO

NAMA SISWA

TINGGI BADAN

BERAT BADAN

1

ANI

130

40

2

DITA

138

42

3

AFI

147

48

4

TINA

150

50

5

LINA

140

45

 

Data di atas diperoleh secara langsung tentang pengukuran tinggi badan dan berat

badan. Data seperti di atas disebut data primer.

Lina  ingin memperoleh data golongan darah teman-temannya. Ia tidak mungkin

memeriksa sendiri golongan darah teman-temannya. Data golongan darah semua

siswa didapatkan dari buku catatan di ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Beni

datang ke ruang UKS untuk mencatat data golongan darah teman-temannya.

 

DATA

GOLONGAN

DARAH

NO

NAMA SISWA

GOLONGAN DARAH

1

ANI

O

2

DITA

B

3

AFI

O

4

TEA

A

5

LINA

AB

 

Data golongan darah di atas diperoleh Lina tidak secara langsung. Ia

mendapatkan dari UKS. Data seperti di atas disebut data sekunder.

Itu tadi materi yang dapat kalian pelajari ya nak jika ada pertanyaan terkait materi yang ibu guru berikan silahkan tanyakan di WA grup atau tinggalkan komentar di blog serta kirimkan tugas dokumentasi rangkuman di grup WA kita ya nak! 

LATIHAN :

1.    Buatlah tabel seperti contoh diatas ukuran sepatu anggota keluarga dirumah ,di buku latihan !

    

   

PEMBAHASAN SOAL PENILAIAN HARIAN TEMA 8 SUBTEMA 2

PPKn

1.    Perilaku budaya dan aturan-aturan yang diterapkan dalam masyarakat secara turun temurun disebut….

a. Kebiasaan

b. Hukum adat

c. Adat istiadat

d. Aturan khas daerah

Kunci jawaban : c. Adat istiadat

 

2.    Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghargai adat istiadat yang berasal dari nenek moyang yaitu....

a. Mematuhi aturan dalam adat istiadat di tiap daerah

b. Malas mempelajari adat istiadat daerah yang akan kita kunjungi

c. Melanggar aturan dalam adat istiadat daerah yang akan dikunjungi

d. Melakukan hal-hal yang dilarang dalam adat istiadat daerah tertentu.

Kunci jawaban : a. Mematuhi aturan dalam adat istiadat di tiap daerah

 

3.    Yang dapat kita lakukan untuk melestarikan kebudayaan dan adat istiadat daerah di Indonesia yaitu….

a. Melakukan upacara adat sesuai keinginan sendiri

b. Malu menggunakan pakaian adat saat acara-acara tertentu

c. Melanggar berbagai aturan adat di suatu daerah

d. Membeli berbagai hasil kebudayaan daerah seperti kain, patung dan lain-lain

Kunci jawaban : d. Membeli berbagai hasil kebudayaan daerah seperti kain, patung dan lain-lain

 

4.    Pelestarian adat istiadat di tiap daerah di Indonesia memiliki tujuan sebagai berikut, kecuali....

a. Memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa

b. Memelihara kelestarian dan keseimbangan lingkungan alam

c. Menumbuhkan semangat kebersamaan dan kegotong-royongan

d. Melindungi dan membina adat istiadat serta nilai sosial budaya masyarakat

Kunci jawaban : a. Memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa

 

5.    Adat istiadat di tiap daerah mengajarkan kita berbagai nilai luhur kehidupan seperti berikut ini, kecuali….

a. Kejujuran

b. Perselisihan

c. Kesederhanaan

d. Bergotong royong

Kunci jawaban : b. Perselisihan

 

BAHASA INDONESIA

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal no. 6 - 7!

Yayasan Sukma Bangsa Bireuen di Aceh menggelar lomba seni tari kreasi nusantara. Lomba ini diikuti oleh sembilan grup tari dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bireuen, Aceh. Anak-anak dari PAUD tampil lucu dengan seragam unik. Penampilan mereka benar-benar menyedot perhatian ratusan pengunjung.

Kebanyakan peserta lomba menampilkan Tari daerah Aceh. Di antara peserta ada yang menampilkan Tari Ranup Lam Puan, Bungong Jeumpa, dan Tarek Pukat. Namun, ada pula beberapa peserta menampilkan seni tari dari provinsi lain di Indonesia. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang.

Anak-anak dari PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari Cublak-Cublak Suweng dari Jawa. Tujuh anak laki-laki menyajikan tarian. Mereka mengenakan kostum yang sederhana. Namun, gaya kocak anak-anak dalam menampilkan tarian berhasil memukau para penonton.

(Sumber: http://edukasi.kompas.com)

6.    Gagasan pokok pada paragraf ketiga terletak pada kalimat ke….

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

Kunci jawaban : a. 1

 

7.    Bacaan di atas menginformasikan tentang….

a. Anak-anak dari PAUD Tun Sri Lanang mengenakan kostum yang lucu

b. Tujuh anak perempuan menyajikan tarian Cublak-Cublak Suweng dari Jawa

c. Yayasan Sukma Bangsa Bireuen di Aceh menggelar lomba menyanyi lagu daerah

d. Anak PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari Cublak-Cublak Suweng dari Jawa

Kunci jawaban : d. Anak PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari Cublak-Cublak Suweng dari Jawa

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal no. 8 - 10!

Siklus Air dan Bencana Kekeringan

 

Peristiwa siklus air merupakan peristiwa sehari-hari yang sering tidak disadari oleh manusia. Siklus air menghasilkan air bersih yang berguna untuk kehidupan manusia. Manusia memerlukan air bersih antara lain untuk keperluan rumah tangga, keperluan industri, dan juga pertanian.

Siklus air menghasilkan air bersih. Pada saat proses penguapan, kotoran pada air tidak ikut menguap. Uap air yang menguap adalah uap air yang bersih. Pada saat turun hujan, air yang dihasilkan pun adalah air bersih dan siap digunakan untuk berbagai keperluan.

Air hujan yang jatuh, sebagian akan diserap oleh tanah, lalu menjadi air tanah. Air tanah adalah air yang mengalir di bawah permukaan tanah. Air ini biasanya lebih jernih dan bersih, karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Untuk mendapatkan air tanah, manusia membuat sumur dengan cara menggali lubang.

Air hujan yang tidak terserap oleh tanah, akan terus mengalir menjadi air permukaan. Lalu, air itu menuju tempat yang lebih rendah seperti sungai, danau, dan laut. Air permukaan adalah air hujan yang tak dapat diserap oleh tanah tetapi diserap oleh permukaan tanah, sehingga mengalir di atas permukaan tanah dan kemudian menguap kembali. Air ini biasanya lebih kotor, karena mengandung lumpur. Air ini juga biasanya membawa berbagai macam material dari proses erosi.

Pada musim kemarau, air hujan yang turun menjadi berkurang. Air hujan yang turun biasanya langsung diserap oleh tanah menjadi air tanah. Jika air sungai dan danau surut akan menyebabkan berkurangnya penguapan air sebagai pembentuk titik-titik air di awan. Akibat dari semakin sedikitnya awan adalah semakin berkurangnya curah hujan. Oleh karena itu, sumur-sumur penduduk pun menjadi kering. Di saat inilah biasanya terjadi kelangkaan airm bersih. Jika kelangkaan air bersih terjadi dalam waktu yang panjang, bencana kekeringan akan terjadi. Mari kita biasakan menghemat penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari.

(Sumber: Scott Foresman. 2010. Science. Illinois)

 

8.    Di bawah ini merupakan peristiwa yang dijelaskan pada teks “Siklus Air dan Bencana Kekeringan” kecuali....

a. Proses siklus air menghasilkan air yang bersih

b. Akibat dari musim kemarau yang panjang

c. Perbedaan air tanah dengan air permukaan

d. Faktor-faktor yang memengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah

Kunci jawaban : d. Faktor-faktor yang memengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah

 

9.    Berdasarkan teks, air hujan yang tak dapat diserap oleh tanah tetapi diserap oleh permukaan tanah, sehingga mengalir di atas permukaan tanah dan kemudian menguap kembali disebut…

a. Air tanah

b. Air hujan

c. Air sumur

d. Air permukaan

Kunci jawaban : d. Air permukaan

 

10.    Gagasan pokok pada paragraf kedua adalah....

a. Siklus air menghasilkan air bersih

b. Manusia memerlukan air bersih untuk berbagai keperluan

c. Air hujan yang turun menjadi berkurang pada musim kemarau

d. Air permukaan biasanya lebih kotor karena mengandung lumpur

Kunci jawaban : a. Siklus air menghasilkan air bersih

 

IPA

 

11.    Evaporasi mengubah air berwujud cair menjadi air berwujud….

a. Gas

b. Cair

c. Beku

d. Padat

Kunci jawaban : a. Gas

 

12.    Berikut ini yang tidak termasuk faktor yang memengaruhi air tanah adalah....

a. Curah hujan

b. Material batuan

c. Keberadaan hewan

d. Lereng pegunungan

Kunci jawaban : c. Keberadaan hewan

 

13.    Fungsi hutan terkait dengan siklus air adalah....

a. Membasahi permukaan bumi

b. Membantu tanah menyimpan air

c. Sumber air minum bagi mahluk hidup

d. Sumber air bagi hewan-hewan perairan

Kunci jawaban : b. Membantu tanah menyimpan air

 

14.    Musim kemarau yang berlangsung terus menerus dapat menyebabkan hal-hal berikut, kecuali....

a. Ketersediaan sumber air minum tetap terjaga

b. Gagal panen karena banyak tumbuhan yang layu dan mati.

c. Persawahan menjadi kering dan tanah menjadi retak-retak.

d. Banyak hewan yang akan mati karena tidak mendapatkan sumber air.

Kunci jawaban : a. Ketersediaan sumber air minum tetap terjaga

 

15.    Air yang mengalir di bawah permukaan tanah disebut....

a. Air tanah

b. Air hujan

c. Air sumur

d. Air permukaan

Kunci jawaban : a. Air tanah

 

IPS

 

16.    Usaha ekonomi yang dikelola sendiri secara sederhana dan memiliki modal terbatas disebut….

a. Usaha ekonomi mandiri

b. Usaha ekonomi bersama

c. Usaha ekonomi kelompok

d. Usaha ekonomi perorangan

Kunci jawaban : d. Usaha ekonomi perorangan

 

17.    Berikut ini merupakan salah satu contoh usaha ekonomi perorangan adalah....

a. CV

b. Firma

c. Koperasi

d. Pertanian

Kunci jawaban : d. Pertanian

 

18.    Ciri usaha ekonomi kelompok adalah….

a. Modal usaha terbatas

b. Dikelola secara bersama

c. Dikelola secara sederhana

d. Modal usaha milik pribadi

Kunci jawaban : b. Dikelola secara bersama

 

19.    Tokoh yang mendapat julukan Bapak Koperasi Indonesia adalah….

a. Moh Yamin

b. Ir. Soekarno

b. Drs. Moh. Hatta

d. Ahmad Soebarjo

Kunci jawaban : b. Drs. Moh. Hatta

 

20.    Jenis usaha kelompok yang modalnya berupa kumpulan saham adalah....

a. CV

b. PT

c. Firma

d. Koperasi

Kunci jawaban : b. PT

 

SBdP

 

21.    Iringan tari merupakan salah satu unsur pertunjukan tari. Di bawah ini iringan tari yang berasal dari tubuh manusia, kecuali….

a. Siulan

b. Alat musik

c. Hentakan kaki

d. Tepukan tangan

Kunci jawaban : b. Alat musik

 

22.    Bentuk pola lantai di bawah ini menunjukkan bahwa....

Description: C:\Users\user\Downloads\WhatsApp Image 2021-02-25 at 12.15.07.jpeg

a. Penari bergerak melalui garis diagonal

b. Penari bergerak melalui garis lingkaran

c. Penari bergerak melalui garis horizontal

d. Penari bergerak melalui garis lurus ke depan

Kunci jawaban : a. Penari bergerak melalui garis diagonal

 

23.    Unsur utama pada sebuah tarian adalah….

a. Kostum

b. Tata rias

c. Gerak tari

d. Lagu pengiring

Kunci jawaban : c. Gerak tari

 

24.    Secara umum, pola lantai berupa garis lurus atau garis lengkung. Bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi pola lantai....

           a. Zig-zag

          b. Diagonal

          c. Segi lima

         d. Angka delapan

Kunci jawaban : d. Angka delapan

 

25.    Tari Jaran Kepang yang berasal dari Yogyakarta berdasarkan bentuk koreografinya termasuk dalam jenis tari….

a. Klasik

b. Kreasi

            c. Rakyat

          d. Modern

Kunci jawaban : c. Rakyat

 

 Di bawah ini dokumentasi hasil pembelajaran Daring sholeh sholeha VF hari Selasa:















 


 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...