Pages

Jumat, 23 Oktober 2020

TEMA 4 ST 2 PB 3 DAN 4

 MATERI AJAR UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 23 OKTOBER 2020

 

Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha kelas V.F...Kita ketemu lagi dalam pembelajaran daring, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam menjalankan kegiatan daring ini. Sebelum anak-anak melakukan aktifitas belajar daring Tema 4 Sub Tema 1 Pembelajaran 3 dan 4,  pastikan kalian sudah melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah dan mengisi absen pada link di bawah ini:.

 ABSEN KELAS VF


Hari/tanggal :   23 Oktober 2020                                                                                                                              

Pembelajaran 3 dan 4                                                                                                              

 Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3. 2, 4.2)

PPkN ( KD : 3.2, 4.2 )

Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan

Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melamgsungkan hidupnya di dalam masyarakat.

Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:

1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.

Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat. Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah: Menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.

2. Saling mengasihi dan membina antar individu.

Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada tujuan yang sama Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dak kesatuan masyarakat, yaitu: Rukun tetangga harus terus dilakukan Menyelesaikan permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama.

3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.

 Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam bergaul di masyarakat Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat daopat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi ileh semua anggota masyarakat tersebut. Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakan tujuan dan budaya antarwarga dalam masyarakat sama. Dengan kepentingan yang sama ini, setiap warga sebaiknya memperkuat hubungan antarwarga dengan mengesampingkan perbedaan yang ada.

4. Sikap solidaritas

Sikap solidaritas tersebut akan membuat setiap warga bisa menerima perbedaan yang ada, karena dapat saling bergaul dan memaklumi perbedaan yang ada. Solidaritas harus terus ditingkatkan di masyarakat, salah satunya dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi. Contoh sikap solidaritas, yaitu saling membantu, peduli satu sama lain, kerja sama, serta berpartisipasi dalam membangun wilayah secara bersama-sama. Kegiatan gotong royong tentu menjadi kegiatan nyata untuk menciptakan solidaritas antarwarga. Bentuk kerja sama tidak hanya dilakukan di pedesaan, melainkan juga daerah perkotaan.

 

IPS ( KD : 3.2 dan 4.2

Interaksi dalam Bidang Pendidikan

4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :

1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya dedi dan jonas bediskusi materi pelajaran yg di sampaikan oleh guru

2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yg diajukan oleh siswa

3. interaksi siswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sumber pelajar dapat bermacam-macam

4. interaksi siswa dengan lingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karyawisata ke pantai, dan lain-lain


Contoh interaksi dalam bidang pendidikan

upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melaluipendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.

 Melalui pendidikan,maka akan tercapai kesejahteraan masyarakat.

 Berikut contoh aktivitasmasyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya :

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

2) Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.

3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.

 Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan socialbudaya melalui pendidikan.

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan olehpemerintah.

2) Mengikuti pelatihan keterampilan, seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.

 

Bahasa Indonesia ( KD : 3.6 dan 4.6 )

Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia

Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.

Contoh pantun anak anak :

Pergi ke warung membeli Koran

Sekalian membeli benang

Ayo bermain kejar kejaran

Badan sehat hati senang

Isi (makna) pantun : bermain kejar kejaran membuat badan sehat dan hati senang.

Amanat pantun : Anak anak sebaiknya bermain agar hati senang.

 Contoh Pantun Orang Muda :

Mengangkat batu setinggi bahu

Batu diangkat berat rasanya

Jikalah boleh aku tahu

Baju biru siapa namanya ?

Isi (makna) pantun : Keinginan seseorang untuk berkenalan.

Amanat pantun : Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun

Pantun di atas memiliki ciri-ciri :

1.    1.Bersajak a-b-a-b

2.    2. Satu bait terdiri dari atas empat baris

3.    3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata

4.    4. Terdiri atas sampiran dan isi

 

       TUGAS LATIHAN :

     Tugas ananda di rumah adalah membaca blogger bu guru dan komentari isi bloggernya di kolom komentar ya nak dan jangan lupa dipoto pada saat ananda membaca blogger bu guru....terimakasih, jaga kesehatan dan tetap semangat.


   
Di bawah ini dokumentasi hasil pembelajaran Daring sholeh sholeha VF hari Kamis :

 









     




18 komentar:

  1. Nama : m.izmi xavier
    Absen : 19
    Kelas : 5f
    Keterangan : HADIR

    SAYA SUDAH MEMPELAJARI MATERI YANG ADA DI DALAM BLOGER INI.

    TRIMAKASIH IBU

    BalasHapus
  2. Azriel Lionel Yuri Raffasya
    5f
    Hadir bu

    BalasHapus
  3. Assalammualaikum
    M.Hanif deski
    Hadir
    Terimakasih bu,pembelajaran di blogger sangat jelas mengenai (tanggung jawab,interaksi dlm bidang pendidikan,isi amanat pantun)

    BalasHapus
  4. Khumeira Anjani Vinny Hidayat
    5F
    Hadir Bu

    BalasHapus
  5. Anas syuja al ghani
    5F
    Hadir Bu
    Sudah mempelajari Materi Nya

    BalasHapus
  6. Trimakasih materinya bu guru
    Inoki maulana maari
    5F
    Hadir buu...

    BalasHapus
  7. Chairul zaky
    5f
    hadir
    trimakasi bu...materynya
    sudah di baca

    BalasHapus
  8. Akhila ulung darma agata
    Hadir
    Terima kasih materinya bu😁

    BalasHapus
  9. Chalissa Fadia Khairunnisa 5F, saya telah mempelajari materi pembelajaran hari ini tentang:

    -Tanggung jawab warga masyarakat dalam
    pengambilan keputusan.
    -interaksi dalam bidang pendidikan.
    -makna dan amanat pantun berdasarkan
    usia.

    Terima kasih bu materinya.

    BalasHapus
  10. Naifah Davina Kiolita
    Hadir
    Terimakasih materinya Bu...

    BalasHapus
  11. M.RAFFA ADITYA SETIAWAN
    KLS:5F
    KET:HADIR

    BalasHapus
  12. Syafa Ezra Al farah
    Hadir

    Saya Sudah membaca

    BalasHapus

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...