Pages

Kamis, 23 Juli 2020

TEMA 1, SUB TEMA 1,PEMBELAJARAN 4 DAN 5

MATERI AJAR UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 23 JULI 2020

TEMA 1                      : Organ Gerak Hewan dan Manusia

SUB TEMA 1              :Organ Gerak Hewan

PEMBELAJARAN 4  : PPKN, IPS, Bahasa Indonesia


# Muatam PKn

Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan. Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis. Mengapa demikian? Karena dengan bergotong royong, masyarakat akan sering melakukan silaturahmi dan kerja sama, sehingga terjalinlah solidaritas. Seiring dengan munculnya rasa solidaritas inilah, akan muncul juga rasa empati dan simpati di antara masyarakat yang akan mempererat dan memperkuat hubungan masyarakat.

Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong. Gotong royong adalah kerja bersama, memeras keringat secara bersama, dan perjuangan saling bantu membantu secara bersama. Gotong royong dilakukan demi mencapai tujuan bersama. Tidak mempedulikan agama, suku, ataupun golongan.

Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional. Karena semua masyarakat merasa saling memiliki. Masyarakat juga merasa mempunyai tujuan yang sama, yakni terwujudnya kehidupan yang sejahtera. Dengan bergotong royong, segala program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah akan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa adanya gangguan yang disebabkan oleh ketidakharmonisan masyarakat. 

Catatan : Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa yang harus terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kebebasan memeluk agama atau kepercayaan adalah hak setiap warga negara.

Selain pengetahuan dan keterampilan dalam beternak kelinci, ternyata Pak Rudi juga memiliki wawasan yang luas tentang bangsa dan negara. Pak Rudi banyak memberikan pengetahuan kepada Edo berkaitan dengan Pancasila dan kondisi geografis wilayah Indonesia.

# Muatan IPS

 

1. Pulau Sumatra merupakan pulau terluas ke lima di dunia. Merupakan wilayah perairan sehingga banyak terdapat daerah rawa. Di wilayah timur terdapat banyak sungai besar seperti sungai Musi, Batanghari, Asahan, Inderagiri, dan lain-lain. Adapun di wilayah barat sampai selatan membentang bukit barisan. Di Sumatra banyak terdapat gunung berapi aktif, seperti Marapi, Talang, Sinabung, dan lain-lain.

2. Pulau Jawa merupakan wilayah terluas ke lima di Indonesia dan merupakan pulau terbesar ke 13 di dunia. Pulau yang relatif muda dan sebagaian besar terbentuk dari aktivitas vulkanik dengan deretan gunung-gunung berapi membentuk jajaran yang terbentang dari timur hingga barat dengan endapan aluvia sungai. Oleh karena itu, sebagian besar tanah di Pulau Jawa dalah tanah yang subur.

3. Kondisi geografis Pulau Kalimantan, wilayah Kalimantan didominasi oleh hutan hujan tropis yang kaya akan pohon berkayu besar. Di Kalimantan bagian selatan terdiri atas dataran rendah, pantai, rawa, perbukitan, dan pegunungan. Di bagian tengah terdapat Pegunungan Maratus yang membujur dari utara hingga selatan. Di bagian timur terdapat daerah berbukit yang ditumbuhi oleh hutan primer, hutan sekunder, semak belukar, dan padang ilalang. Di bagian barat, dataran rendah yang terdiri atas rawa monoton, rawa banjir, rawa pasang surut, dan daerah aluvial. Pada daerah ini ditumbuhi hutan bakau, hutan rawa, dan lahan dengan berbagai jenis rawa.

4. Kondisi geografis Pulau Sulawesi, wilayah ini merupakan daerah yang terjal dan berbukit-bukit sehingga memungkinkan untuk memiliki sungai-sungai yang terjal dan pendek karena terbatasi oleh bukit-bukit tersebut.  Di Sulawesi banyak terdapat palung laut dan basin sehingga basin-basin tersebut membentuk seperti Selat Makasar, Laut Flores, dan Laut Banda. Di Sulawesi terdapat 41 gunung. Sebagian besar wilayah Sulawesi merupakan daerah vulkanik.

5. Kondisi geografis Pulau Papua. Pulau Papua adalah pulau yang terletak di utara Australia dan merupakan bagian dari wilayah Indonesia Timur. Pulau Papua juga merupakan pulau terbesar di Indonesia dan termasuk pulau terbesar kedua di dunia setelah Pulau Greenland. Sebagian besar daratan Papua masih berupa hutan belantara. Lebih dari 71% wilayah Papua merupakan hamparan hutan hujan tropis yang sulit ditembus karena terdiri dari lembah-lembah yang curam dan pegunungan tinggi. Bahkan puncak tertinggi di Indonesia berada di Papua, yakni puncak Jayawijaya yang sebagian puncaknya ditutupi salju.

6. Kondisi geografis pulau Nuasa Tenggara. Keadaan goegrafis Nusa Tenggara Barat dan Timur berbukit-bukit dengan daratan tersebar secara sporadik pada gugusan yang sempit. Pada pulau yang dominan, permukaanya berbukit dan bergunung-gunung, diapit daratan tinggi atau perbukitan dengan kondisi kemiringan tanah yang curam. Dengan kondisi yang demikian, lahan untuk pertanian sangat terbatas, baik pertanian basah ataupun kering.

 

# Muatan Bahasa Indonesia

 

Pengertian : Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf. Nama lain ide pokok adalah gagasan utama, gagasan pokok. Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok.

Fungsi ide pokok adalah memberikan penjelasan dari inti suatu bacaan atau paragraf, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami paragraf tersebut. dan menjelaskan inti dari suatu paragraf. Dengan mengidentifikasi ide pokok, kita dapat mengetahui ide utama dari paragraf tersebut.

Adapun Ciri-ciri Ide Pokok antara lain :

1. Memiliki kalimat pendukung (kalimat pengembang) atau penjelasan

2. Ada yang mendukung, baik itu berupa penjelasan atau alasan yang menguatkannya

3. Inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan

 

Menentukan Ide Pokok Cara menentukan ide pokok secara garis besar ada dua, yaitu sesuai dengan jenis paragrafnya.

·                     Paragraf yang memiliki kalimat utama

Cara menentukan ide pokok pada paragraf yang memiliki kalimat utama sangatlah mudah, yaitu dengan mengambil isi kalimat utama itu sendiri.

Contoh

Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Kekayaan alam tersebut terdiri dari kekayaan alam yang bersumber dari darat, laut, dan dari dalam perut bumi. Kekayaan alam yang bersumber dari darat misalanya hasil hutan. Sedangkan kekayaan alam yang bersumber dari laut misalnya ikan, rumput laut, dan mutiara. Sementara, kekayaan alam yang bersumber dari dalam perut bumi misalnya minyak, batu bara, emas, timah, nikel dan sebagainya.

·                     Ide pokok paragraf di atas terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Dengan demikian, ide pokok paragraf di atas yaitu

Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah atau Kekayaan alam Indonesia sangat melimpah

Paragraf yang tidak memiliki kalimat utama Cara menentukan ide pokok pada paragraf yang tidak memiliki kalimat utama yaitu dengan menyimpulkan isi paragraf tersebut.

Contoh :

Banjir melanda daerah Sumatra Selatan dengan ketinggian satu meter. Banjir juga melanda wilayah Tangerang, Banten dengan ketinggian yang sama, satu meter. Seolah tak mau kalah, ibu kota, Jakarta, pun dilanda banjir dengan ketinggian mencapai satu setengah meter.

Contoh dalam menentukan ide pokok misalnya dibawah ini

Reptilia adalah segala jenis hewan yang berjalan melata atau merayap. Contohnya adalah ular, kadal, buaya, dan penyu. Mereka bertulang keras dan memiliki sisik pada kulit. Umumnya mereka bertelur di darat, walaupun ada juga reptilia yang melahirkan anak. Reptilia adalah hewan berdarah dingin. Suhu tubuhnya menyesuaikan suhu udara luar. Namun hal ini tidak berarti hewan reptilia suka daerah dingin. Reptilia tidak tahan hawa dingin. Tidak ada reptilia yang tinggal di daerah kutub.

Kalimat utama dari paragraf di atas terletak di awal paragraf, yaitu “Reptilia adalah segala jenis hewan yang berjalan melata atau merayap”. Ide pokok dari paragraf ini adalah pembahasan tentang reptilia. Dari ide pokok ini kita dapat mengetahui apa isi dari keseluruhan paragraf.

Istilah Lain Ide Pokok

Istilah lain ide pokok sangat banyak, antara lain

  • gagasan utama,
  • gagasan pokok,
  • pokok pikiran,
  • pokok masalah,
  • pikiran utama,
  • inti paragraf,
  • inti masalah,
  • masalah utama,
  • tema,
  • topik,
  • simpulan.

SOAL LATIHAN SISWA :

1.      Apa yang dimaksud dengan gotong royong ?

2.      Jelaskan kondisi geografis pulau Sumatra !

 

TEMA 1                                 :  Organ Gerak Hewan dan Manusia

SUB TEMA 1                         : Organ Gerak Hewan

PEMBELAJARAN                :  IPA , Bahasa Indonesia, SBDP

Materi Ajar

 

MUATAAN IPA

Alat Gerak pada Hewan Vertebrata dan Hewan Invertebrata

Hewan dapat di bagi menjadi dua kelompok besar yaitu vertebrata dan invertebrate.

Pengelompokan tersebut dilakukan berdasarkan ada atau tidaknya tulang belakang di tubuhnya,

Contoh : kelinci, kucing, paus, ayam, ular, ikan mas, dan katak.

 

Sedangkan alat gerak hewan invertebrata tidak memiliki tulang belakang di dalam tubuhnya,

Contoh : siput, semut, cacing, dan kupu kupu.

 

 

Umumnya, hewan invertebrata memiliki alat gerak yang serupa dengan hewan vertebrata.

Ada yang bergerak dengan otot perutnya, misalnya

Ada yang bergerak dengan sayap, misalnya kupu kupu dan lebah. Ada juga yang bergerak dengan kaki, misalnya semut dan belalang.

 

Bahasa Indonesia

Mengembangkan Ide Pokok

 

Seperti yang di jelaskan pada pembelajaran sebelumnya, ide pokok merupakan inti atau dasar permasalahan dari suatu teks. Ide pokok teks menjadi dalsar dalam pengembangan paragraf atau teks.

Untuk membuat sebuah paragraf berdasarkan ide pokok, ada beberapa langkah yang perlu di lakukan. Langkah langkah tersebut, antara lain sebagai berikut :

1.      Menentukan topik dari paragraf yang akan di buat.

2.      Menentukan ide pokok dari paragraf atau teks yang akan di buat.

3.      Membuar sebuah kalimat yang berisi ide pokok tersebut. Kalimat tersebut akan menjadi kalimat utama dari paragraph yang akan di buat.

4.      Mengembangkan kalimat dan ide pokok tersebut menjadi beberapa kalimat.

5.      Menulis beberapa kalimat yang berisi informasi informasi tambahan untuk mendukung kalimat utama yang telah di buat.

6.      Menyusun kalimat kalimat tersebut menjadi sebuah paragraph yang padu.


Contoh teks bacaan dalam menentukan ide pokok.

 

Gemar Membantu

 

Bersepeda adalah kegiatan kesukaanku, setiap hari aku selalu keliling untuk

 jalan jalan sore di taman , karena di taman aku selalu mendapatkan banyak teman.

Aku juga senang main bersama mereka.

 

SBDP

Jenis Jenis Gambar Ilustrasi

Langkah langkah membuat gambar ilustrasi dilakukan secara berurutan.

 

Jenis Jenis Gambar Ilustrasi :

1.      Gambar Realis

2.      Karikatur

3.      Kartun

4.      Gambar dekoratif

1.Gambar Realis

 

Gambar realis adalah gambar yang di buat sesuai dengan kenyataan atau keadaan yang sebenarnya. Gambar di buat sama dengan objek aslinya.

Contoh :

 

       

 

2. Karikatur

 

Karikatur adalah gambar yang di lebih lebihkan.

Dalam gambar karikatur ada perubahan bentuk pada setiap karakternya. Bentuknya sering kali terlihat unik dan lucu.

Contoh :

 

 

 

 

3.Kartun

 

Kartun adalah  gambar yang mengandung humor. Kartun terlihat lucu dan mengandung tawa. Tokoh kartun sangat bervariasi, bisa berupa tumbuhan, hewan atau manusia.

Contoh :

 

     

 

4.Gambar Dekoratif

 

Gambar dekoratif adalah gambar yang di buat dengan tujuan menggambar bentuk benda menjadi lebih indah. Gambar dekoratif banyak di jumpai pada kain bati dan relief.

Contoh :

 

           

 

Soal Latihan

1.Sebutkan contoh hewan yang memiliki tulang belakang !

2.Apa yang di maksud dengan gambar dekoratif !


 

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...