Pages

Pages - Menu

Minggu, 08 September 2024

TEMA 3 SUBTEMA 1 PB 3 DAN 4

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI SENIN TANGGAL 09 SEPTEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

TEMA 3.  TOKOH DAN PENEMUAN

SUBTEMA  1.  PENEMU YANG MENGUBAH DUNIA

PEMBELAJARAN 3 dan 4


Muatan Pelajaran:
BAHASA INDONESIA KD 3.2 dan 4.2
IPA KD 3.4 dan 4.4
PPKN KD 3.2 DAN 4.2

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.2 DAN 4.2)
MENJELASKAN INFORMASI BERDASARKAN STRUKTUR TEKS EKSPLANASI


1.bacalah kembali teks berjudul"james watt,sang penemu mesin uap" pada pembelajaran - 1
  • 1.bacalah kembali teks berjudul"james watt,sang penemu mesin uap" pada pembelajaran - 1
  • 1.bacalah kembali teks berjudul"james watt,sang penemu mesin uap" pada pembelajaran - 2
Teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai proses terjadinya sesuatu. Teks eksplanasi memiliki struktur agar dapat dipahami dengan mudah. Struktur teks eksplanasi terdiri atas pernytaan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (simpulan).
Baguan pernyataan umum berisi informasi singkat tentang hal yang akan dibicarakan. Bagian penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari suatu peristiwa yang terjadi. Bagian penutup berisi simpulan dari teks atau dapat juga berisi pendapat penulis mengenai fenomena yang dijelaskan dalam teks.;

MUATAN IPA 9KD 3.4 DAN 4.4)
MEMBUAT RANGKAIAN LISTRIK SERI

Rangkaian seri merupakan salah satu contoh rangkaian listrik tertutup. Pada rangkaian seri, alat istrik disusun secara  berseri (berderet) atau tidak bercabang. Pada rangkaian seri, jika salah satu lampu padam, lampu yang lainnya akan ikut padam karena arus listrik terputus. 

Langkah-langkah membuat rangkain listrik:

  1. Hubungkan ujung positif baterai 1 dan ujung negatif baterai 2. Agar posisinya tidak berubah dan lebih stabil, rekatkan kedua baterai tersebut menggunakan lakban.
  2. Hubungkan kabel yang terpasang pada saklar 1 ke lampu 1.
  3. Hubungkan kabel yang terpasang pada saklar 2 ke lampu 2.
  4. Hubungkan kabel yang terpasang pada sisi lain saklar 1 dan 2 pada kabel baru yang sama. Lakukan hal itu pada sisi satunya.
  5. Hubungkan ujung kabel sambungan 1 dengan ujung baterai positif dan ujung kabel sambungan 2 dengan ujung baterai negatif.
Jika sudah tersusun, nyalakan masing-masing saklar. Saklar 1 hanya akan menyalakan lampu 1, begitu pula lampu 2 yang hanya akan menyalakan lampu 2. Berbeda dengan rangkaian seri, masing-masing lampu pada rangkaian paralel menghasilkan cahaya yang sama terangnya.
Berikut video pembelajaran di bawah ini :


MUATAN PPKN(KD 3.2 DAN 4.2)
PENGGUNAAN HAK YAMG BERTANGGUNG JAWAB





MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN

- BUPENA
- ALAT-ALAT LISTRIK
- VIDEO

REFLEKSI/KESIMPULAN :
Berdasarkan pembelajaran hari ini tentang menjelaskan teks eksplanasi dan membuat rangkain listrik seri alhamdulillah peserta didik hampir semua memahami materi yang disampaikan, namum masih ada peserta didik yang masih belum selesai dalam membuat rangkaian listrik disebabkan perlengkapan listriknya tidak lengkap dan rusak. Bagi peserta didik ynag belum selesai ditugaskan untuyk menyelesaikannya di rumah.

Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini :
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar