Pages

Pages - Menu

Kamis, 05 September 2024

TEMA 3 SUBTEMA 1 PB 2

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 06 SEPTEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

TEMA 3        : TOKOH DAN PENEMUAN

SUBTEMA 1    : PENEMU YANG MENGUBAH DUNIA

PEMBELAJARAN  : 2

TUJUAN PEMBELAJARAN ;





MUATAN PPKN 9KD 3.2 DAN 4.2)

HAK DI RUMAH, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT

Hak adalah sesuatu yang harus diperoleh setiap orang sejak lahir. Berikut contoh-contoh hak-hak anak di rumah, sekolah, dan di masyarakat :

. Hak dan Kewajiban di Lingkungan Rumah

Hak sebagai anak di lingkungan rumah, antara lain:

1. Berhak untuk mendapatkan kasih sayang.

2. Berhak untuk mendapatkan perhatian dari orang tua.

3. Berhak untuk mendapatkan jaminan kesehatan dan perlindungan.

Kewajiban anak di lingkungan rumah, yaitu:

1. Wajib mematuhi perintah dan nasihat orang tua.

2. Wajib untuk saling menyayangi, menghormati, dan menghargai setiap anggota keluarga.

3. Wajib berbakti kepada kedua orang tua.

2. Hak dan Kewajiban di Lingkungan Sekolah

Hak sebagai siswa di lingkungan sekolah sebagai berikut:

  1. Berhak untuk mendapatkan pembelajaran dari guru sekolah
  2. Berhak untuk menggunakan semua fasilitas yang ada di lingkungan sekolah
  3. Berhak untuk mengikuti kegiatan organisasi di sekolah
  4. Berhak mendapatkan perlakuan yang adil di sekolah
  5. Berhak mendapatkan toleransi dalam berbagai aspek
  6. Berhak untuk memberikan saran yang sifatnya membangun
Kewajiban sebagai siswa di sekolah:
  1. Wajib mentaati semua peraturan di sekolah
  2. Wajib memelihara fasilitas sekolah
  3. Wajib menghormati dan mematuhi guru dan kepala sekolah
  4. Wajib mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah
  5. Wajib menjaga tingkah laku dan kesopanan saat di sekolah
  6. Wajib mengerjakan tugas (PR) yang diberikan guru
  • Hak dan Kewajiban di Masyarakat
Hak sebagai warga di lingkungan masyarakat
  1. Berhak untuk dihormati dan dihargai
  2. Berhak untuk mendapatkan penghidupan yang layak
  3. Berhak untuk mendapatkan perlindungan hukum
  4. Berhak mengutarakan pendapat
  5. Berhak untuk mengikuti kegiatan di lingkungan masyarakat
  6. Berhak untuk tidak dibeda-bedakan (ras, agama dan budaya)
Kewajiban sebagai warga di lingkungan masyarakat
  1. Wajib menghormati seluruh warga masyarakat
  2. Wajib menghargai pendapat orang lain
  3. Wajib mentaati peraturan yang ada
  4. Wajib ikut menjaga kebersihan, keamanan dan kesejahteraan bersama
  5. Wajib ikut gotong royong
  • Hak dan Kewajiban di Rumah
Hak sebagai anak di rumah
  1. Berhak untuk mendapatkan kasih sayang
  2. Berhak untuk mendapatkan jaminan kesehatan
  3. Berhak untuk bermain
  4. Berhak untuk mendapatkan perhatian dari orang tua
  5. Berhak untuk mendapatkan perlindungan
  6. Berhak untuk mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi
Kewajiban sebagai anak di rumah
  1. Wajib untuk menjaga kebersihan rumah
  2. Wajib patuh terhadap perintah dan nasehat orang tua
  3. Wajib mengerjakan pekerjaan rumah
  4. Wajib membantu orang tua jika dibutuhkan
  5. Wajib untuk saling menyayangi, menghormati dan menghargai setiap anggota keluarga
  6. Wajib berbakti kepada kedua orang tua
MUATAN SBDP (KD 3.2 DAN 4,2)

INTERVAL NADA
Nada merupakan bunyi yang beraturan serta memiliki tinggi dan rendah yang berbeda-beda. Saat menyanyikan sebuah lagu kita perlu memperhatikan tinggi dan rendah nada dalam lagu tersebut. Jarak antara satu nada dengan nada lainnya disebut interval nada.
Nada dalam seni musik dapat dituliskan dalam notasi angka. Notasi angka adalah sistem penulisan lagu dengan menggunakan simbol angka -angka. Angka-angka yang digunakan dalam notasi angka adalah sebagai berikut :
Not angka: 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 1’
Solmisasi: Do – Re – Mi – Fa – Sol – La – Si – Do

Setiap interval mempunyai kualitas dan suasana sendiri. Setiap not akan kita identifikasikan dengan angka, sehingga angka-angka tersebut bisa kita terapkan dalam kunci atau not yang berbeda, karena walaupun not tersebut berbeda kualitas interval yang kita dengarkan akan tetap sama. Kualitas interval perfect 5th antara nada c dan g akan terdengar sama dengan kualitas perfect 5th antara nada g dan d, ataupun kualitas interval perfect 5th pada nada-nada yang lainnya.

Kualitas interval ditunjukan dengan jumlah ½ langkah antara kedua buah nada tersebut. Kita menggunakan tangga nada mayor dengan kunci atau nada dasar c yaitu dengan not balok c d e f g a b c’ atau dengan not angka 1 2 3 4 5 6 7 1 digunakan dengan asumsi menggunakan jarak mayor. Jika kita perhatikan pada tangga nada di atas jarak ½ langkah hanya ada pada jarak nada antara 3 ke 4 dan 7 ke 1.

Selain dari nada-nada tersebut jumlahnya adalah 1 langkah, otomatis di antara nada-nada tersebut masih terdapat satu buah nada lagi yang ditunjukan pada diagram di atas. Nada-nada tersebut juga kita identifikasikan dengan angka-angka untuk mempermudah kita mengenal kualitas interval.

MEDIA/ SUMBER PEMBELAJARAN

- BUPENA

- LCD

- VIDEO PEMEBELAJARAN

REFLEKSI/KESIMPULAN:
Berdasarkan pembelajaran hari ini tentang hak dan mewajiban di rumah,sekolah dan masyarakat dna i terval nada berjalan dengan lancar dan alhamdulillah para peserta didik sebahagian besar memahami materi yang telah disampaikan oleh guru dilihat dari hasil nilai postest yang diberikan oleh guru tapi masih ada beberapa peserta didik yang masih kurang paham dikarenakan metode yang diberikan kurang tepat untuk peserta didik terdebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar