Pages

Pages - Menu

Senin, 09 September 2024

TEMA 3 ST 1 PB 5

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI SELASA TANGGAL 10 SEPTEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

TEMA 3        : TOKOH DAN PENEMUAN

SUBTEMA 1    : PENEMU YANG MENGUBAH DUNIA

PEMBELAJARAN  : 5

TUJUAN PEMBELAJARAN:





MUATAN IPS (KD 3.2 DAN 4.2)

PENGARUH KEMAJUAN TRANSPOSTASI TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

Perkembangan transportasi sekarang membawa dampak kehidupan yang lebih baik. Tenaga manusia berpindah menjadi tenaga mesain sehingga mempermudah masyarakat untuk melakukan aktifitas walaupun tempat tersebut jauh. Sejak ditemukan mesin uap, berkembang pula kendaraan bermesin lainnya.

Perubahan akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi dalam aspek sosial diantaranya: Bertambahnya jumlah penduduk dalam waktu singkat Kebutuhan transportasi massal semakin tinggi untuk menghindari kemacetan Maraknya perdagangan manusia Kerja sama luar negeri semakin mudah.

Lalu, apa saja dampak positif dari modernisasi transportasi yang dirasakan manusia. Adanya modernisasi kendaraan akan memudahkan pekerjaan masyarakat khususnya dalam bidang distribusi suatu barang. Selain itu, semakin majunya alat transportasi juga mempermudah banyak orang untuk bepergian untuk berbagai keperluan.

Gambar transportasi zaman dulu dan sekarang :







MUATAN SBDP (KD 3.2 DAN 4.2)

MENYANYIKAN LAGU DENGAN MEMPERHATIKAN INTERVAL NADA

Dalam kegiatan bernyanyi peran yang sangat penting. Nada merupakan unsur utama terciptanya lagu yang indah.Antara nada yang satu dengan lainnya terdapat jarak tertentu yang disebut interval nada. 

Hari ini para peserta didik akan mempraktekkan lagu daerah yang berjudul APUSE secara berkelompok beserta dengan gerakannya.

Beikut video lagu APUSE :


MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN

- BUPENA

- LCD

- VIDEO

REFLEKSI/KESIMPULAN:

EFLEKSI/KESIMPULAN :
Berdasarkan pembelajaran hari ini tentang menjelaskan PENGARUH KEMAJUAN TRANSPOSTASI TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA dan MENYANYIKAN LAGU DENGAN MEMPERHATIKAN INTERVAL NADA hampir semua peserta didik memahami materi yang disampaikan.. Kendala yang dihadapi peserta didik masih ada beberapa peserta didik yang menyanyikan lagu APUSE yang belum sesuai dengan nadanya. Tindakahan yang dilakukan guru mengajarkan kembali nada lagu APUSE kepada para peserta didik.

Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar