Pages

Pages - Menu

Selasa, 26 Maret 2024

LUS IPA DAN PPKN

 

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI SELASA  TANGGAL 26 MARET 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

JADWAL LUS:


 KISI-KISI LUS IPA :

Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menunjukkan contoh penyesuaian diri tumbuhan/hewan terhadap lingkungan.

Disajikan gambar, peserta didik mampu menunjukkan rantai makanan pada ekosistem tertentu

Disajikan beberapa ilustrasi singkat, peserta didik mampu mengkategorikan hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya.

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik  mampu mengidentifikasi upaya manusia dalam melestarikan lingkungan

Disajikan skema ekosistem tertentu, peserta didik mampu menunjukkan rantai makanan pada ekosistem tertentu

 

 

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik mampu menentukan ciri khusus makhluk hidup (tumbuhan/hewan) sebagai Penyesuaian diri.

Disajikan narasi singkat, peserta didik mampu menyimpulkan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan keseimbangan lingkungan

Disajikan ilustrasi, peserta didik mampu menyimpulkan upaya manusia dalam menjaga keseimbangan dan  pelestarian lingkungan

Disajikan ilustrasi, peserta didik mampu mengidentifikasi akibat yang ditimbulkan dari pencemaran tanah dan air

Disajikan gambar hewan, peserta didik mampu menunjukkan urutan daur hidup hewan.

Disajikan gambar, peserta didik mampu menunjukkan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan tersebut.

Disajikan gambar, peserta didik mampu  menyebutkan cara perkembangbiakan hewan/tumbuhan

Disajikan tabel, peserta didik mampu memilih pasangan hewan/tumbuhan dengan cara perkembangbiakannya

Disajikan beberapa tahapan metamorphosis hewan, peserta didik mampu mengidentifikasi manfaat/kerugian bagi manusia

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan jenis sendi pada anggota gerak manusia

Disajikan beberapa pernyataan tentang  sistem pencernaan,peserta didik mampu menentukan proses pencernaan yang terjadi pada sistem pencernaan manusia

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan fungsi organ pencernaan manusia

Disajikan daftar organ pada manusia,peserta didik mampu memilih pasangan  pemeliharaan system organ yang tepat

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik mampu menentukan fungsi organ pernafasan pada manusia

Disajikan sebuah gambar,peserta didik mampu mengidentifikasi perubahan wujud benda yang terjadi

Disajikan tabel, peserta didik mampu mengidentifikasi perubahan wujud benda

Disajikan gambar, peserta didik mampu menunjukkan sifat bahan dan penyusunnya

Disajikan tabel, peserta didik mampu menganalisis pemanfaatan perubahan wujud benda

Disajikan ilustrasi, peserta didik mampu menentukan perubahan benda dan faktornya

Disajikan gambar, peserta didik mampu menunjukkan benda konduktor dan isolator

Disajikan gambar, peserta didik mampu menunjukkan jenis gaya

Disajikan gambar, peserta didik mampu menunjukkan energy alternatif

Disajikan ilustrasi, peserta didik mampu menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan jenis perpindahan panas

Disajikan tabel, peserta didik mampu menganalisis cara pembuatan magnet

Disajikan daftar bahan, peserta didik mampu memberi contoh benda yang dapat menyerap bunyi

Disajikan gambar, peserta didik mampu menganalisis  sifat-sifat cahaya

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan lampu yang akan menyala atau padam jika satu saklar diputus

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan perubahan bentuk energi

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu

menunjukkan akibat gerakan bumi dan bulan

Disajikan gambar, peserta didik mampu menunjukkan  terjadinya gerhana 

Disajikan tabel, peserta didik mampu memasangkan planet dan ciri-cirinya

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan proses daur air

Disajikan tabel, peserta didik mampu mengklasifikasi sumber daya alam yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui

Disajikan tabel, peserta didik mampu menganalisis sumber daya alam dan manfaatnya

 

 

KISI-KISI PPKN :

Menerapkan dua kegiatan yang sesuai degan sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari hari.

 

 

 

 

 

 

Nilai nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari hari

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan  hak dan kewajiban warga masyarakat

 

 

 

 

 

Menganalisis keberagaman ekonomi masyarakat.

 

Keberagaman ekonomi masyarakat yang ada di sekitar sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kewajiban warga negara

 

 

 

 

Nilai nilai ketuhanan dan kemanusiaan dalam kehidupan

 

 

Hak dan kewajiban warga negara

 

 

 

Teks bacaan tentang makna persatuan dan kesatuan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar