GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 21 OKTOBER 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
TUJUAN PEMBELAJARAN
A. Pengertian Norma dan Aturan
-
Norma adalah aturan atau ketentuan yang berlaku dalam suatu lingkungan, yang mengatur perilaku seseorang agar sesuai dengan nilai-nilai yang dianut masyarakat.
-
Aturan adalah petunjuk atau tata tertib yang dibuat untuk mengatur tindakan dan sikap seseorang dalam suatu lingkungan tertentu.
B. Fungsi Norma dan Aturan
-
Menjaga ketertiban dan keharmonisan dalam kehidupan bersama.
-
Menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung jawab.
-
Membimbing manusia agar berperilaku baik sesuai dengan nilai dan budaya yang berlaku.
C. Contoh Norma dan Aturan
1. Di Rumah
Contoh Aturan | Tujuan |
---|---|
Bangun pagi dan merapikan tempat tidur | Membiasakan disiplin dan tanggung jawab |
Membantu orang tua di rumah | Menumbuhkan sikap gotong royong dan peduli |
Tidak berkata kasar kepada anggota keluarga | Menjaga keharmonisan keluarga |
Meminta izin sebelum pergi keluar rumah | Menumbuhkan rasa hormat dan tanggung jawab |
Makan bersama keluarga pada waktu tertentu | Menjalin kebersamaan dalam keluarga |
2. Di Sekolah
Contoh Aturan | Tujuan |
---|---|
Datang tepat waktu | Melatih kedisiplinan |
Menggunakan seragam sekolah yang rapi | Menumbuhkan rasa kebersamaan dan tanggung jawab |
Menghormati guru dan teman | Menanamkan sikap sopan santun dan toleransi |
Mengikuti pelajaran dengan serius | Meningkatkan prestasi belajar |
Tidak menyontek saat ujian | Menumbuhkan kejujuran dan integritas |
3. Di Masyarakat
Contoh Aturan | Tujuan |
---|---|
Mengikuti kegiatan kerja bakti | Menumbuhkan semangat gotong royong |
Tidak membuang sampah sembarangan | Menjaga kebersihan lingkungan |
Mematuhi peraturan lalu lintas | Menjaga keselamatan bersama |
Menghormati adat dan budaya setempat | Menjaga kerukunan antarwarga |
Melapor jika ada kejadian mencurigakan | Meningkatkan keamanan lingkungan |
D. Akibat Melanggar Norma dan Aturan
-
Diingatkan atau ditegur oleh orang tua/guru/masyarakat
-
Mendapatkan sanksi atau hukuman
-
Dikucilkan dari lingkungan sosial
-
Menyebabkan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain
E. Sikap yang Perlu Dikembangkan
-
Disiplin
-
Tanggung jawab
-
Jujur
-
Toleransi
-
Peduli terhadap sesama
F. KESIMPULAN
Norma dan aturan penting untuk menciptakan kehidupan yang tertib, aman, dan nyaman. Setiap orang perlu memahami dan melaksanakan norma dan aturan yang berlaku, baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat.
Latihan Soal Sederhana
-
Sebutkan tiga contoh aturan di rumah!
-
Mengapa kita harus mematuhi peraturan sekolah?
-
Apa akibat jika membuang sampah sembarangan di masyarakat?
-
Sebutkan dua sikap baik yang harus kita lakukan di lingkungan sekolah!
-
Apa manfaat mengikuti kerja bakti di lingkungan tempat tinggal?
Tujuan Pembelajaran:
Murid mampu melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika dengan benar.
MATERI AJAR: PECAHAN CAMPURAN
✅ A. PENGERTIAN PECAHAN CAMPURAN
Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa.
Contoh:
→ dibaca: dua satu per empat
→ dibaca: lima tiga per lima
✅ B. MENGUBAH PECAHAN CAMPURAN KE PECAHAN BIASA
Langkah-langkah:
Kalikan bilangan bulat dengan penyebut.
Tambahkan pembilang.
Hasilnya jadi pembilang baru, penyebut tetap.
Contoh:
Ubah menjadi pecahan biasa:
✅ C. MENGUBAH PECAHAN BIASA KE PECAHAN CAMPURAN
Langkah-langkah:
Bagi pembilang dengan penyebut.
Hasil bagi menjadi bilangan bulat.
Sisa pembagian menjadi pembilang baru, penyebut tetap.
Contoh:
Ubah menjadi pecahan campuran:
✅ D. OPERASI HITUNG PECAHAN CAMPURAN
1. Penjumlahan dan Pengurangan
Langkah:
Ubah semua pecahan campuran ke pecahan biasa.
Samakan penyebut jika berbeda.
Lakukan operasi (tambah/kurang).
Ubah kembali ke pecahan campuran jika perlu.
Contoh:
2. Perkalian
Langkah:
Ubah ke pecahan biasa.
Kalikan pembilang dengan pembilang, penyebut dengan penyebut.
Ubah ke pecahan campuran jika perlu.
Contoh:
3. Pembagian
Langkah:
Ubah ke pecahan biasa.
Kali dengan kebalikan dari pecahan kedua.
Ubah ke pecahan campuran jika perlu.
Contoh:
✅ E. LATIHAN SOAL
1. Ubah ke pecahan biasa:
a. = …
b. = …
2. Ubah ke pecahan campuran:
a. = …
b. = …
MATA PELAJARAN SENI RUPA
Tujuan Pembelajaran
Mengungkapkan pendapat terhadap karya seni rupa milik sendiri dan orang lain secara lisan ataupun tulisan dengan menggunakan istilah seni rupa yang telah dipelajarai.
Materi :
A. Apa Itu Mengungkapkan Pendapat?
Mengungkapkan pendapat artinya menyampaikan apa yang kita pikirkan dan rasakan tentang suatu hal. Dalam seni rupa, kita bisa menyampaikan pendapat tentang:
Karya seni milik sendiri (refleksi)
Karya seni milik orang lain (apresiasi)
Pendapat bisa disampaikan secara:
Lisan (dengan berbicara)
Tulisan (dengan menulis)
B. Menggunakan Istilah Seni Rupa
Ketika menyampaikan pendapat, kita sebaiknya menggunakan istilah seni rupa yang sudah dipelajari, seperti:
Istilah Seni Rupa | Artinya |
---|---|
Garis | Unsur seni rupa berupa goresan nyata atau batas antara bidang |
Warna | Unsur yang memberikan kesan keindahan pada karya |
Tekstur | Kesan permukaan benda (halus, kasar, licin, dll) |
Komposisi | Cara menata unsur-unsur seni rupa agar terlihat menarik |
Proporsi | Perbandingan ukuran bagian-bagian dalam karya |
Simetri | Keseimbangan bentuk antara sisi kiri dan kanan |
Irama | Pengulangan unsur secara teratur sehingga terlihat menarik |
C. Contoh Kalimat Mengungkapkan Pendapat
✅ Menggunakan Bahasa yang Baik dan Sopan
"Saya suka karya ini karena warnanya cerah dan membuat suasana ceria."
"Menurut saya, komposisi gambarnya sudah bagus, tapi bagian kanan terlihat terlalu kosong."
"Karya saya belum rapi, terutama di bagian garis. Saya akan memperbaikinya."
"Tekstur pada lukisan ini terlihat nyata, seperti permukaan kayu asli."
❌ Hindari Kalimat yang Kurang Baik
"Karyanya jelek."
"Aku nggak suka gambarnya."
"Warnanya aneh."
D. Cara Menyampaikan Pendapat
Amati karya seni rupa yang akan dinilai.
Gunakan mata seni untuk memperhatikan unsur-unsurnya.
Sampaikan pendapat dengan jujur, sopan, dan membangun.
Gunakan istilah seni rupa yang sesuai.
Hargai setiap karya, karena setiap orang punya cara berbeda dalam berkarya.
E. Latihan
Amati gambar berikut (guru dapat menampilkan contoh karya seni rupa 2D atau 3D), lalu jawab pertanyaan berikut secara lisan atau tulisan:
Apa yang kamu lihat pada karya ini?
Unsur seni rupa apa saja yang terlihat?
Apa pendapatmu tentang komposisi dan warna dalam karya ini?
Bagian mana yang kamu suka? Mengapa?
Apa saran kamu agar karya ini bisa lebih baik?
- Buku MAPEL P PANCASILA, SENI RUPA, MATEMATIKA KELAS IV
- LCD
- VIDEO PEMBELAJARAN
- GAMBAR-GAMBAR
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, Discovery Learning
R REFLEKSI/KESIMPULAN:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar