Pages

Pages - Menu

Minggu, 19 Oktober 2025

MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 20 OKTOBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

MAPEL MATEMATIKA

Tujuan Pembelajaran:

Murid mampu melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika dengan benar. 

MATERI AJAR: PECAHAN CAMPURAN


✅ A. PENGERTIAN PECAHAN CAMPURAN

Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa.

Contoh:

  • 2142\frac{1}{4} → dibaca: dua satu per empat

  • 5355\frac{3}{5} → dibaca: lima tiga per lima


✅ B. MENGUBAH PECAHAN CAMPURAN KE PECAHAN BIASA

Langkah-langkah:

  1. Kalikan bilangan bulat dengan penyebut.

  2. Tambahkan pembilang.

  3. Hasilnya jadi pembilang baru, penyebut tetap.

Contoh:
Ubah 3253\frac{2}{5} menjadi pecahan biasa:

(3×5)+2=15+2=17175(3 \times 5) + 2 = 15 + 2 = 17 \\ \Rightarrow \frac{17}{5}


✅ C. MENGUBAH PECAHAN BIASA KE PECAHAN CAMPURAN

Langkah-langkah:

  1. Bagi pembilang dengan penyebut.

  2. Hasil bagi menjadi bilangan bulat.

  3. Sisa pembagian menjadi pembilang baru, penyebut tetap.

Contoh:
Ubah 227\frac{22}{7} menjadi pecahan campuran:

22÷7=3 sisa 131722 \div 7 = 3 \text{ sisa } 1 \\ \Rightarrow 3\frac{1}{7}


✅ D. OPERASI HITUNG PECAHAN CAMPURAN

1. Penjumlahan dan Pengurangan

Langkah:

  • Ubah semua pecahan campuran ke pecahan biasa.

  • Samakan penyebut jika berbeda.

  • Lakukan operasi (tambah/kurang).

  • Ubah kembali ke pecahan campuran jika perlu.

Contoh:

213+123=73+53=123=42\frac{1}{3} + 1\frac{2}{3} = \frac{7}{3} + \frac{5}{3} = \frac{12}{3} = 4

2. Perkalian

Langkah:

  • Ubah ke pecahan biasa.

  • Kalikan pembilang dengan pembilang, penyebut dengan penyebut.

  • Ubah ke pecahan campuran jika perlu.

Contoh:

212×114=52×54=258=3182\frac{1}{2} \times 1\frac{1}{4} = \frac{5}{2} \times \frac{5}{4} = \frac{25}{8} = 3\frac{1}{8}

3. Pembagian

Langkah:

  • Ubah ke pecahan biasa.

  • Kali dengan kebalikan dari pecahan kedua.

  • Ubah ke pecahan campuran jika perlu.

Contoh:

312÷134=72÷74=72×47=2814=23\frac{1}{2} \div 1\frac{3}{4} = \frac{7}{2} \div \frac{7}{4} = \frac{7}{2} \times \frac{4}{7} = \frac{28}{14} = 2


✅ E. LATIHAN SOAL

1. Ubah ke pecahan biasa:
a. 4254\frac{2}{5} = …
b. 7137\frac{1}{3} = …

2. Ubah ke pecahan campuran:
a. 194\frac{19}{4} = …
b. 356\frac{35}{6} = …

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

TUJUAN PEMBELAJARAN

;Murid dapat membedakan antara kalimat transitif dan intransitif dengan benar.

A. PENGERTIAN

1. Kalimat Transitif

Kalimat transitif adalah kalimat yang mempunyai objek setelah predikat.
Biasanya menggunakan kata kerja (verba) transitif, yaitu kata kerja yang harus diikuti objek agar maknanya lengkap.

Contoh:

  • Ibu membeli sayur di pasar.
    👉 (Predikat: membeli, Objek: sayur)

  • Sinta membaca buku cerita.
    👉 (Predikat: membaca, Objek: buku cerita)

2. Kalimat Intransitif

Kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak memerlukan objek setelah predikat.
Menggunakan kata kerja intransitif, yaitu kata kerja yang bisa berdiri sendiri tanpa objek.

Contoh:

  • Ayah tidur di kamar.
    👉 (Predikat: tidur, tidak butuh objek)

  • Adik menangis keras.
    👉 (Predikat: menangis, tidak diikuti objek)


✅ B. CIRI-CIRI

Kalimat TransitifKalimat Intransitif
Menggunakan kata kerja yang membutuhkan objekKata kerja bisa berdiri sendiri
Ada objek setelah predikatTidak ada objek
Dapat diubah ke bentuk pasifSulit atau tidak bisa diubah ke bentuk pasif


CONTOH KALIMAT

Kalimat Transitif:

  1. Rudi memainkan gitar.

  2. Mereka membawa tas besar.

  3. Siska menonton film horor.

Kalimat Intransitif:

  1. Ayah berangkat pagi-pagi.

  2. Anak-anak berenang di sungai.

  3. Kakek tersenyum bahagia.


✅ E. LATIHAN SOAL

Petunjuk: Tentukan apakah kalimat berikut ini termasuk transitif atau intransitif!

  1. Siti menanam bunga di taman. (….)

  2. Burung itu terbang tinggi. (….)

  3. Mereka membaca puisi bersama. (….)

  4. Ibu memasak di dapur. (….)

  5. Andi tidur siang. (….)

  6. Guru menjelaskan pelajaran. (….)

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA

 KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

- KARTU BILANGAN

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, Discovery Learning

 REFLEKSI/KESIMPULAN:

Kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik hari ini para murid belajar tentang pecahan campuran di mana dalam materi ini masih ada beberapa murid yang masih kurang memahami cara menjumlahkan mengurangkan pecahan campuran dengan penyebutnya yang berbeda dalam hal ini guru menjelaskan lebih mendetail tentang pecahan campuran ini kepada para murid yang masih kurang memahaminya dan memberikan tugas tambahan di rumah.


1 komentar: