GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 20 OKTOBER 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MAPEL MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran:
Murid mampu melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika dengan benar.
MATERI AJAR: PECAHAN CAMPURAN
✅ A. PENGERTIAN PECAHAN CAMPURAN
Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa.
Contoh:
-
→ dibaca: dua satu per empat
-
→ dibaca: lima tiga per lima
✅ B. MENGUBAH PECAHAN CAMPURAN KE PECAHAN BIASA
Langkah-langkah:
-
Kalikan bilangan bulat dengan penyebut.
-
Tambahkan pembilang.
-
Hasilnya jadi pembilang baru, penyebut tetap.
Contoh:
Ubah menjadi pecahan biasa:
✅ C. MENGUBAH PECAHAN BIASA KE PECAHAN CAMPURAN
Langkah-langkah:
-
Bagi pembilang dengan penyebut.
-
Hasil bagi menjadi bilangan bulat.
-
Sisa pembagian menjadi pembilang baru, penyebut tetap.
Contoh:
Ubah menjadi pecahan campuran:
✅ D. OPERASI HITUNG PECAHAN CAMPURAN
1. Penjumlahan dan Pengurangan
Langkah:
-
Ubah semua pecahan campuran ke pecahan biasa.
-
Samakan penyebut jika berbeda.
-
Lakukan operasi (tambah/kurang).
-
Ubah kembali ke pecahan campuran jika perlu.
Contoh:
2. Perkalian
Langkah:
-
Ubah ke pecahan biasa.
-
Kalikan pembilang dengan pembilang, penyebut dengan penyebut.
-
Ubah ke pecahan campuran jika perlu.
Contoh:
3. Pembagian
Langkah:
-
Ubah ke pecahan biasa.
-
Kali dengan kebalikan dari pecahan kedua.
-
Ubah ke pecahan campuran jika perlu.
Contoh:
✅ E. LATIHAN SOAL
1. Ubah ke pecahan biasa:
a. = …
b. = …
2. Ubah ke pecahan campuran:
a. = …
b. = …
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TUJUAN PEMBELAJARAN
;Murid dapat membedakan antara kalimat transitif dan intransitif dengan benar.
A. PENGERTIAN
1. Kalimat Transitif
Kalimat transitif adalah kalimat yang mempunyai objek setelah predikat.
Biasanya menggunakan kata kerja (verba) transitif, yaitu kata kerja yang harus diikuti objek agar maknanya lengkap.
Contoh:
-
Ibu membeli sayur di pasar.
👉 (Predikat: membeli, Objek: sayur) -
Sinta membaca buku cerita.
👉 (Predikat: membaca, Objek: buku cerita)
2. Kalimat Intransitif
Kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak memerlukan objek setelah predikat.
Menggunakan kata kerja intransitif, yaitu kata kerja yang bisa berdiri sendiri tanpa objek.
Contoh:
-
Ayah tidur di kamar.
👉 (Predikat: tidur, tidak butuh objek) -
Adik menangis keras.
👉 (Predikat: menangis, tidak diikuti objek)
✅ B. CIRI-CIRI
Kalimat Transitif | Kalimat Intransitif |
---|---|
Menggunakan kata kerja yang membutuhkan objek | Kata kerja bisa berdiri sendiri |
Ada objek setelah predikat | Tidak ada objek |
Dapat diubah ke bentuk pasif | Sulit atau tidak bisa diubah ke bentuk pasif |
CONTOH KALIMAT
Kalimat Transitif:
-
Rudi memainkan gitar.
-
Mereka membawa tas besar.
-
Siska menonton film horor.
Kalimat Intransitif:
-
Ayah berangkat pagi-pagi.
-
Anak-anak berenang di sungai.
-
Kakek tersenyum bahagia.
✅ E. LATIHAN SOAL
Petunjuk: Tentukan apakah kalimat berikut ini termasuk transitif atau intransitif!
-
Siti menanam bunga di taman. (….)
-
Burung itu terbang tinggi. (….)
-
Mereka membaca puisi bersama. (….)
-
Ibu memasak di dapur. (….)
-
Andi tidur siang. (….)
-
Guru menjelaskan pelajaran. (….)
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- Buku MAPEL MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA
KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
- KARTU BILANGAN
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, Discovery Learning
REFLEKSI/KESIMPULAN:
Assalamualaikum bu guru, Naura sudah membaca bloger dan mencatat
BalasHapus