Pages

Pages - Menu

Rabu, 02 Oktober 2024

TEMA 4 SUBTEMA 1 PB 3

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 03 OKTOBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajarai materi tentang proses menghasilkan energi listrik, pengertian reklame dan ciri-ciirnya . Hari ini kita akan mempelajari tentang mengidentifikasi proses menyalurkan energi listrik..

TUJUAN PEMBELAJARAN :

1.   1.Dengan membaca, Peserta didik mampu menyebutkan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan tepat.

3.   2. Dengan pengamatan, Peserta didik mampu mengidentifikasi cara menyalurkan energi listrik dari model rangkaian listrik dengan tepat.

 MUATAN IPA (KD 3.6 DAN 4.6)

MENGIDENTIFIKASI PROSES MENYALURKAN ENERGI LISTRIK

Perhatikan skema penyaluran energi listrik berikut beserta keterangannya :

Penyaluran listrik - Wikipedia bahasa Indonesia ... 

 

Inilah Alur Perjalanan Listrik, Mengalir Dari Pembangkit ... 

 MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.2 DAN 4.2)

MENEMUKAN INFORMASI PENTING DALAM TEKS EKSPLANASI

Informasi penting dapat digali dan ditemukan , salah satunya dengan menjawab pertanyaan. Berikut kata tanya yang dapat digunakan untuk menggali informasi dari teks eksplanasi.

Berikut kata tanya yang digunakan adalah;

1. Apa

Kata tanya yang pertama adalah “apa”. Apa biasanya berfungsi untuk menanyakan situasi, kondiri, perbuatan, hingga benda. Jawaban yang diberikan untuk pertanyaan “apa” berupa penjelasan hingga pernyataan tentang hal yang ditanyakan.
Contoh kalimat dengan kata tanya sebagai berikut:
  • Apa yang sedang kamu lakukan?
  • Apa kabarmu selama ini?

2. Siapa

“Siapa” merupakan kata tanya yang digunakan untuk menanyakan subjek (pelaku) ataupun orang. Jawaban dari “siapa” adalah nama orang atau subjek. Contohnya sebagai berikut:
  • Siapa orang yang baru datang itu?
  • Siapa nama anak itu?

3. Kapan

“Kapan” merupakan kata tanya yang fungsinya menanyakan waktu kejadian atau peristiwa. Jawaban dari kata tanya tersebut adalah waktu terjadinya peristiwa seperti jam, tanggal, bula, tahun, hari, dan sebagainya yang menunjukan waktu. Contohnya sebagai berikut:
  • Kapan ibu pulang?
  • Kapan kue ulang tahunku selesai dibuat?

4. Berapa

Kata tanya selanjutnya adalah “berapa”. Kata tersebut digunakan untuk menanyakan satuan, jumlah, atau banyaknya suatu benda. Contohnya sebagai berikut:
  • Berapa harga satu kilo apel?
  • Berapa ongkos untuk pergi ke pasar?
Itu tadi adalah pengertian kata tanya. Ternyata dalam bahasa Indonesia ada banyak kata tanya. Selain kata tanya tersebut, masih ada kata lain seperti : “di mana”, “ke mana” serta “bagaimana”.

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- BUPENA
- VIDEO PEMBELAJARAN

METODE PEMBELAJARAN :
- Pengamatan, ceramah, tanya jawab

REFLEKSI/KESIMPULAN :
Berdasarkan pembelajaran hari ini tentang mengidentifikasi proses menyalurkan aliran listrik alhamdulillah para peserta didik memahami materi yang diajarkan setelah diberikan penjelasan dari guru dan diperjelas dengan video pembelajaran tentang proses menyalurkana liran listrik.

Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar