GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI RABU TANGGAL 02 OKTOBER 202
Selamat pagi,,,,Tabik pun
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. 1. .Setelah membaca teks, peserta didik mampu mengidentifikasi contoh keberagaman ekonomi dengan benar.
1. 2. Setelah mengamati reklame, Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri reklame dari contoh yang diberikan dengan cermat.
t TEMA 4 : GLOBALISASI
SUBTEMA 1 : GLOBALISASI DI SEKITAR KITA
PB. : 2
MUATAN SBDP (KD 3.1 DAN 4.1 )
PENGERTIAN REKLAME DAN CIR-CIRI REKLAME
Pengertian reklame dalam KBBI adalah pemberitahuan kepada umum mengenai barang dagangan. Pemberitahuan ini dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang menarik, serta bergambar. Tujuan penggunaan gambar dan kata-kata yang menarik tersebut supaya laku terjual.
Ciri-ciri Reklame sebagai berikut :
1. Reklame menggunakan gambar yang menarik
Ciri-ciri pertama sebuah reklame adalah penggunaan gambarnya. Gambar yang digunakan di dalam reklame adalah gambar yang menarik, besar dan umumnya mencolok. Gambar di reklame berukuran lebih besar dari tulisan-tulisannya. Hal ini berguna untuk menarik perhatian dari public.
Gambar di dalam reklame umumnya menggunakan warna yang mencolok. Selain itu, dapat juga menggunakan peraga gambar yang iconic dan mudah iingat. Gambar yang digunakan tentu terkait dengan karakteristik jasa atau produk yang sedang ditawarkan.
2. Menggunakan kalimat jelas, singkat, dan mudah dimengerti
Ciri-ciri kedua dari reklame adalah menggunakan kalimat yang jelas, singkat dan mudah dimengerti. Hal ini karena reklame umumnya dipasang di pinggir jalan. Sehingga orang hanya akan melihat secara sekilas saja.
3. Berisi informasi yang jujur
Informasi yang terkandung di dalam reklame adalah informasi yang jujur. Jujur disini berarti informasi tersebut adalah fakta nyata dari produk atau jasa yang ada atau yang dipromosikan. Informasi tersebut tentunya dapat dipertanggungjawabkan perihal kebenarannya.
4. Dilakukan secara berulang
Ciri-ciri kali ini sesuai dengan pengertian reklame. Reklame dibuat untuk menarik perhatian public. Maka dari itu, reklame harus dilakukan secara berulang-ulang.
Contoh reklame :
MUATAN PPKN (KD 3.3 DAN 4.3)
SIKAP TERHADAP KEBERAGAMAN KEGIATAN EKONOMI
Sikap yang harus kita terapkan dalam keberagaman ekonomi di lingkungan sekitar adalah :
1. Saling menghargai dan menghormati antarpelaku kegiatan ekonomi.
2. Membayar barang yang dibeli sesuai dengan harganya.
3. Bermain dengan teman tanpa membedakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang tuanya.
4. Tidak bersikap sombong terhadap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh oramg tua.
5. Memudahkan kurir dalam mengirimkan barang dengan cara memberikan alamat yang jelas.
6. Memuji barang yang dihasilkan oleh pelaku kegiatan ekonomi lain.
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- - BUPENA
- Lembaran reklame
METODE PEMBELAJARAN :
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, penugasan
REFLEKSI/KESIMPULAN :
Bd Berdasarkan pembelajaran hari in tentang pengertian reklame dan ciri-cirinya serta sikap kegiatan di bidang ekonomi, alhamdulillah para peserta didik hampir semuanya memahami materi yang diberikan.
Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar