Pages

Pages - Menu

Rabu, 11 September 2024

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 1

 MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 12 SEPTEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

Muatan Pelajaran:
Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2
IPA KD 3.4 dan 4.4
IPS KD 3.2 dan 4.2
 
MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.2 DAN 4.2)
 
MENGIDENTIFIKASI KALIMAT EFEKTIF DALAM TEKS EKSPLANASI
 
Teks eksplanasi adalah merupakan teks yang berisi informasi tentang suatu hal atau fenomena yang terjadi di masyarakat. Informasi tersebut ditulis menggunakan kalimat efektif aagar dapat dipahami pembaca dengan mudah. Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun dengan memperhatikan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia.
Baacalah yteks bacaan di bawah ini :
 
                                                        RADIO DAN MANFAATNYA

Sejak ditemukan pada tahun 1929, radio menjadi salah satu penemuan yang
berpengaruh. Radio merupakan salah satu dari banyak media massa elektronik yang
digunakan untuk menyampaikan suatu informasi atau berita. Radio juga dapat
digunakan untuk mendengarkan lagu-lagu terbaru.
Selain untuk menyampaikan berita dan mendengarkan lagu, ada beberapa
manfaat radio yaitu; (1) Radio memudahkan orang-orang yang belum atau tidak bisa
baca tulis untuk mendapatkan informasi atau berita. (2) Mendengarkan radio akan
melatih kita untuk fokus terhadap apa yang kita dengar. (3) Dapat melatih konsentrasi
kita, karena kita perlu berkonsentrasi dalam mendengarkan agar seluruh informasi
dapat kita terima dengan baik.(4) Seiring dengan perkembangan zaman, radio dapat
didengarkan melalui koneksi internet. Sehingga banyak para pendengar juga dapat
mendengarkan radio dari ponsel pintar mereka. (5) Kita dapat mendengarkan radio
hanya indera pendengaran yang dipakai. (6) Radio adalah media elektronik termurah
dan tercepat dalam menyampaikan berita. Pesan dapat didengar para pendengar dalam
waktu yang bersamaan disetiap wilayah setelah berita diudarakan.

 MUATAN IPA (KD 3.4 DAN 4.4)

RANGKAIAN LISTRIK PARALEL

Rangkain listrik paralel adalah rangkaian listrik di mana alat-alat listriknya tersusun bercabang. Pada rangkain paralel, jika aliran listrik ke salah satu alat listrik diputus, alat listrikmyang lain belum tentu ikut putus.
Untuk memahaminya ananda bisa mencermati gambar rangkaian listrik paralel berikut ini.

Gambar Rangkaian Listrik Paralel


Nah, terlihatkan bedanya rangkaian seri dan paralel dari gambar tersebut? Rangkaian seri memiliki letak resistor atau lampu yang tersusun secara berjejer atau memanjang ke kanan dan kiri, sedangkan rangkaian paralel memiliki letak resistor atau lampu yang bertingkat atau memanjang ke atas dan bawah.

Oleh karena itu lah, pada rangkaian paralel, arus listrik (I) dari sumber akan terbagi untuk mengaliri resistor yang ada di rangkaian listrik. Misalnya ada tiga resistor, maka arus listrik akan terbagi menjadi tiga. Dengan demikian, kuat arus pada hambatan 1 dengan yang lainnya tidak akan sama, sehingga kuat arus total (I) akan sama dengan jumlah dari seluruh kuat arus di semua hambatan.

Sementara itu, tegangan yang ada pada hambatan 1 dan hambatan 2 akan bernilai sama besar. Kita dapat menuliskan rumusnya menjadi:

Beberapa keuntungan rangkaian seri antara lain:

  • Butuh sedikit kabel sehingga lebih hemat biaya.
  • Hemat daya.

Sebaliknya, kekurangan jika rangkaian listrik dipasang secara seri:

  • Satu lampu mati, semua akan mati
  • Nyala redupnya lampu akan berbeda-beda. Semakin dekat lampu dengan sumber listrik, nyala lampu akan semakin terang.

Sementara itu, rangkaian listrik paralel memiliki kelebihan:

  • Semua lampu terangnya sama.
  • Jika satu lampu mati, tidak akan mempengaruhi lampu lainnya. Lampu lain akan tetap menyala.

Kekurangan rangkaian paralel:

  • Butuh kabel lebih panjang sehingga biaya akan lebih mahal.
  • Baterai akan lebih boros.

Vtot = V1 = V2 = V…

MUATAN IPS (KD 3.2 DAN 4.2)

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DALAM BIDANG IPTEK DAN PENDIDIKAN

Dahulu, mayarakat memperoleh ilmu pengetahuan hanya dari sekolah dan buku. Teknologi pada saat itu masih terbatas. Lama kelamaan teknologi pun berkembang. Hadirlah radio. Masyarakat pun memperoleh informasi dan pengetahuan dari radio. Berbagai informasi didengar di radio atau disampaikan secara lisan. 

Para siswa zaman dulu hanya belajar melalui buku


 
Seiring kemajuan IPTEK, hadir pula televisi yang dapat menyampaikan informasi berupa gambar dan suara. Melalui televisi, masyarakat memperoleh informasi lebih lengkap. Misalnya, informasi tentang kemajuan pembangunan di Indonesia. Tayangan berita di televisi menginformasikan kemajuan pembangunan yang dapat dilihat contoh nyatanya, seperti pembangunan jalan, waduk, sekolah, dan rumah sakit.
Hadirnya radio dan televisi sebagai akibat kemajuan teknologi 
semakin memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi


Selain informasi dan berita, banyak acara kebudayaan ditayangkan di televisi. Hal itu membuat masyarakat lebih mengenal keragaman budaya Indonesia. Masyarakat juga memperoleh informasi dari acara talkshow yang membahas berbagai informasi penting. Kini, masyarakat memperoleh lebih banyak informasi dan ilmu pengetahuan. Kehadiran televisi membawa perubahan sosial budaya di masyarakat

Namun demikian, tayangan televisi harus disikapi secara bijaksana. Kita harus bisa memilih tayangan-tayangan yang sesuai dengan usia kita. Selain itu, waktu menonton televisi harus kita perhatikan agar tidak mengganggu waktu belajar kita.

Pengaruh Komputer dalam Bidang Pendidikan

Komputer adalah alat elektronik yang sangat canggih untuk membantu aktivitas kita

Perhatikan gambar di atas! Pernahkah kalian melihat benda pada gambar tersebut? Benda tersebut adalah komputer. Komputer adalah alat elektronik yang dapat menghitung atau mengolah data, serta memutar film dan musik. Selain itu, komputer juga dapat menjadi alat komunikasi melalui surat elektronik dan media sosial.

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
-BUPENA
- LCD
- GAMBAR-GAMBAR

REFLEKSI/KESIMPULAN :
Berdasarkan pembelajaran hari ini tentang mengidentifikasi kalimat efektif dalam teks eksplanasi  alhamdulillah peserta didik hampir semua memahami materi yang disampaikan, namum masih ada peserta didik yang masih kurang memahami dalam membuat kalimat efektif dalam teks eksplanasi. Peserta didik yang masib kurang memahaminya diberikan tugas dan latihan tambahn di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar