Pages

Pages - Menu

Minggu, 25 Agustus 2024

TEMA 2 SUBTEMA 2 PB 4 DAN 5

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI SENIN TANGGAL 26 AGUSTUS 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

 

Tema 2    : Persatuan dalam Perbedaan

Subtema 2   : Bekerja Sama Mencapai Tujuan

Pembelajaran :  4 dan 5

 TUJUAN PEMEBELAJARAN :

  1.      1. Setelah menggali informasi dari berbagai sumber, peserta didikk mampu menyebutkan makna upaya mempertahankan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari melalui peta pikiran dengan tepat

2.     2.  Setelah menggali informasi dari berbaga isumber, peserta didik mampu mempresentasikan contoh makna upaya mempertahankan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari melalui peta pikiran dengan benar

3.  3. Setelah mengamati gambar dan meonton video tari di blogger guru, peserta didik mampu mengidentifikasi gerakan pada tari Indang dengan benar.

 

PPkn (kd 3.4 dan 4.4)

Meneladani Kerja Sama Para Pejuang sebagai Bentuk Penerapan Nilai Persatuan dan Kesatuan

Latar belakang para pahlawan kemerdekaan Indonesia berasal dari Suku bangsyang berbeda-beda. Namun, perbedaan itu tidak melemahkan semangat mereka untuk bersatu melawan penjajah. Para pahlawan juga memiliki keahlian yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kemampuan menggunakan senjata dan bela diri. Ada pula pahlawan yang memiliki kemampuan negosiasi (berunding) atau orasi (menyampaikan pidato). Perbedaan keahlian tersebut mereka gunakan untuk tujuan yang sama, yaitu menggapai kemerdekaan Indonesia. Mereka bekerja sama untuk berjuang dengan cara mereka masing-masing. Apabila salah satu dari para pejuang tidak ikut bekerjasama, tentu kemerdekaan akan lebih sulit diraih. Kerja sama mereka merupakan bentuk dari penerapan nilai persatuan dan kesatuan. Hal itu sesuai dengan bunyi sila ketiga Pancasila, yaitu "Persatuan Indonesia'".

Mengerjakansesuatu secara bekerja sama membawa banyakmanfaat, antara lain sebagai berikut.

1. Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

2. Pekerjaan terasa lebih ringan.

3. Memperkuat semangat persatuan.

Sikap Rela Berkorban sebagai Penerapan Nilai Persatuan dan Kesatuan

Nilai persatuan dan kesatuan memiliki makna vang penting bagi bangsa Indonesia. Persatuan dan kesatuan merupakan kunci tercapainva kemerdekaan Indonesia. Makna nilai persatuan dan kesatuan terwujud dalam periuangan bangsa Indonesia yang bersatu meraih kemerdekaan.

Salah satu bagian penting dalam menjunjung persatuan adalah kerelaan untuk berkorban. Banyak pahlawan yang gugur di medan perang dan diasingkan oleh penjajakarena dianggap berbahaya. Mereka harus meninggalkan keluarga demi membelanega ra. Mereka mengalami masa-masa penderitaan demi bangsa Indonesia. 

Contoh-contoh sikap rela berkorban di lingkungan sekolah.

1. Menyisihkan uang saku untuk membantu korban bencana alam.

2. Membersihkan ruang kelas setelah jam pulang sekolah.

3. Mengurangi waktu bermain untuk belajar bersama teman.

 

MUATAN BAHASA INDONESIA (3.4 DAN 4.4 )

MEMBUAT PETA PIKIRAN DARI TEKS SEJARAH

Peta pikiran digunakan untuk membandingkan inforemasi penting dari teks sejarah. Berdasarkan peta pikiran yang berisi informasi akan lebihn mudah membandingkan isi dan informasi dari teks. Bereikut langkah-langkah membuat peta pikiran dari teks sejarah :

1. Baca teks dengan cermat

2. Buat kerangka peta pikiran menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

3. Tulis informasi setiap bagian teks berdasarkan kerangkan peta pikiran.

IPS (KD 3.4 DAN 4.4)

Kerja Sama dalam Upaya Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Sebelum proklamasi kemerdekaan, perjuangan bangsa Indonesia sering kali mengalami kegagalan. Hal itu disebabkan oleh perjuangan yang masihbersifatKedaerahan. Kondisi tersebut mengubah pemikiran para pejuang untuk bersatu meraih kemerdekaan. Setelah proklamasi kemerdekaan,semangat persatuan terus terjaga. Bangsa Indonesia kembali bersatu untuk mempertahankan kemerdekaan dari ancaman bangsa asing. Mereka bekerja sama mengusir bangsa asing yang kembali inginmenguasai Indonesia.

Kerja sama ini diwujudkan dengan pertempuran yang melibatkan bangsa Indonesia di berbagai wilayah. Misalnya, Pertempuran Surabaya. Bung Tomo dan arek-arek Surabaya bekerja sama untuk meraih sebuah tujuan, yaitu mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan mengusir sekutu dari Surabaya. Tujuan ini dapat tercapai karena kerja sama yang berlandaskan semangat persatuan. Melakukan suatu kegiatan dengan cara bekerja sama memudahkan kita dalam meraih sebuah tujuan.Begitupun ketika kamu belajar di sekolah. Kamu dan kelompokmu bekerja sama untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh gurumu. Kerja sama membuat pekerjaan menjadi ringan dan cepat selesai. Sama halnya dengan kerja sama mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

 

SBDP (3.3 DAN 4.3)


Mempraktikan Pola Lantai Tari Daerah

Pola lantai berfungsi untuk mengatur posisi penari dalam ruang gerak ketika menari. Gerakan dalam tari dapat memiliki pola lantai yang berbeda. Setiap pola lantai juga dapat dikembangkan menjadi beberapa pola lantai lainnya. Perhatikan contoh tarian berikut ini.:



MEDIA SUMBER PEMBELAJARAN
- BUPENA
- PRAKTEK TARI

REFLEKSI / KESIMPULAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini bahwa sebahagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang (yang tercantum di atas) namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam materi menggunakan kalimat efektif dikarenakan sulit dalam menentukan unsur-unsur yang terdapat pada kalimat efektif tersebut.Untuk mengatasi hal tyersebut maka guru akan menjelaskan materi tersebut sampai peserta didik itu paham dengan memberikan contoh-contoh kalimat yang menggunakan kalimat efektif, melakukan tanya jawab dan postest sampai peserta didik tersebut paham. 
Peserta didik mempraktekkan bermcam-macam tari daerah untuk pemgambilan nilai secara berkwlompok yang tergabi menjadi lima kelompok
Hari ini juga peserta didik kelas 6A melaksanakan kunjungan ke perpustakaan serta kegiatan pemebelajaran di perpustakaan tentang teks sejarah.


Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini :

































Tidak ada komentar:

Posting Komentar