Pages

Pages - Menu

Senin, 19 Agustus 2024

TEMA 2 SUBTEMA 1 PB 6

 GURU KELAS VI. A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI SELASA TANGGAL 20 AGUSTUS 2024


 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.


Tema 2 : Persatuan dalam Perbedaan 

Subtema 1 : Rukun dalam Perbedaan 

PB : 6

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah membaca teks tentang tokoh Proklamasi Kemerdekaan, peserta didik mampu menyebutkan informasi penting menggunakan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.

2.    Setelah berdiskusi, peserta didik mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail

3.   Setelah berdiskusi, peserta didik mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. 6. Setelah berdiskusi, peserta didik mampu menerapkan tiga kegiatan yang sesuai dengan nilai persatuan dan kesatuan dalam kegiatannya di kelas.



MUATAN PPKN  (KD 3.4 DAN 4.4)

Nilai-Nilai Persatuan dalam Perbedaan di Lingkungan Sekolah

Untuk menjaga  semangat persatuan di tengah-tengah perbedaan yang ada, kita perlu memupuk sikap peduli, toleransi, dan mendahulukan kepentingan bersama. Ada banyak penerapan nilai-nilai persatuan di sekolah. berikut contoh kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam perbedaan di sekolah:

1. membantu teman yang kesulitan memahami materi pelajaran,

2. melakukan piket kelas bersama-sama,

3. bermain bersama pada jam istirahat, tanpa membeda-bedakan, dan 

4. mengumpulkan sumbangan untuk teman yang terkena musibah.

Berikut manfaat yang diperoleh jika kita menerapkan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di sekolah:

1. dapat saling membantu jika ada pelajaran yang tidak dimengerti,

2. suasana belajar dikelas menjadi nyaman,

3. persahabatan semakin erat, dan 

4. membangun kekompakan ketika berolahraga.


MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.4 DAN 4.4)

MENULISKAN INFORMASI PENTING DALAM TEKS SEJARAH

Mengidentifikasi informasi penting dari suatu teks menggunakan kata tanya apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana.

 MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
- BUPENA
- LCD
- TEKS BACAAN TENTANG SEJARAH

REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini bahwa sebahagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang menuliskan informasi penting dalam teks sejarah dengan menggunakan kata tanya yang tepat, namun masih ada beberapa pesertavdiidk yang mengalami kesulitan dalam materi tersebut dikarenakan peserta didik sulit membedakan penggunaan kata tanya dalam membuat informasi penting yang terdapat pada teks.. Untuk mengatasi hal tyersebut maka guru akan menjelaskan materi tersebut sampai peserta didik itu paham dengan memberikan contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata tanya, melakukan tanya jawab dan postest sampai peserta didik tersebut paham.

Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini :













Tidak ada komentar:

Posting Komentar