GURU KELAS VI. A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI RABU TANGGAL 14 AGUSTUS 2024
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Tema 2 : Persatuan dalam Perbedaan
Subtema 1 : Rukun dalam Perbedaan
PB 4
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks tentang peristiwa penting menjelang Proklamasi Kemerdekaan, peserta didik mampu menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.
2. Setelah mengamati gambar situasi, peserta didik mampu menemukan contoh pelaksanaan nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
MUATAN PPKN (KD 3.4 DAN 4.4)
Nilai-Nilai Persatuan dalam Perbedaan di Lingkungan Sekolah
Untuk menjaga semangat persatuan di tengah-tengah perbedaan yang ada, kita perlu memupuk sikap peduli, toleransi, dan mendahulukan kepentingan bersama. Ada banyak penerapan nilai-nilai persatuan di sekolah. berikut contoh kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam perbedaan di sekolah:
1. membantu teman yang kesulitan memahami materi pelajaran,
2. melakukan piket kelas bersama-sama,
3. bermain bersama pada jam istirahat, tanpa membeda-bedakan, dan
4. mengumpulkan sumbangan untuk teman yang terkena musibah.
Berikut manfaat yang diperoleh jika kita menerapkan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di sekolah:
1. dapat saling membantu jika ada pelajaran yang tidak dimengerti,
2. suasana belajar dikelas menjadi nyaman,
3. persahabatan semakin erat, dan
4. membangun kekompakan ketika berolahraga.
BAHASA INDONESIA (KD 3.4 DAN 4.4)
Mengidentifikasi informasi penting dari suatu teks menggunakan kata tanya apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana.
Semoga materi yang Bu Guru berika ananda semua dapat memahaminya dengan baik, seandainyab ada yang masih kurang paham dengan materi yang di atas ananda silahkan bertanya kepada Bu Guru.
MEDIA/ SUMBER PEMBELAJARAN
- BUPENA
- LCD
- TEKS BACAAN
REFLEKSI PEMBELAJARAN HARI INI :
Alhamdulillah seluruh peserta didik melaksanakan UPCARA HUT PRAMUKA YAMG KE-63 di lapangan PKOR. Untuk pembelajaran hari ini materi diberikan di blogger, para peserta didik membaca dan membuat kesimpulan materi yang ada di blogger. Kemudian guru mengulang dan menjelaskan kembali materi karena peserta didk masih kurang memahaminya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar