Pages

Pages - Menu

Rabu, 18 September 2019

Materi Ajar Untuk Hari Kamis Tanggal 19 September 2019

Materi Ajar IPS Tentang Dampak Penemuan Baru bagi Masyarakat


Dalam akhir-akhir ini, teknologi yang pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Karena itu pada makalah ini kami membuat dampak-dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia. Berikut dampak positif dan negatif dari keempat aspek tersebut.
1. Bidang Ekonomi
-- Positif:
  • Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi
  • Pertumbuhan ekonomi akan semakin tinggi
  • Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
  • Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan
  • Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk
  • Perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas, karena pembeli yang mengakses internet tidak dibatasi tempat dan waktu
  • Perusahaan tidak perlu membuka cabang distribusi
  • Pengeluaran lebih sedikit, karena pegawai tidak banyak
  • Harga barang lebih murah, karena biaya operasionalnya murah
  • Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commercedapat mempermudah transaksi-transaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
  • Pemanfaatan teknologi untuk membuat layanan baru dalam perekonomian dan bisnis antara lain internet banking, SMS banking, dan e-commerce
-- Negatif:
  • Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
  • Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental instant
  • Adanya aksi tipu menipu dalam proses jual beli online yang dapat merugikan beberapa pihak;
  • Dengan jaringan yang tersedia seperti yang terdapat pada beberapa situs yang menyediakan perjudian secara online, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya
  • Resistensi Membeli Secara Online. Bagi orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online, akan merasa janggal ketika harus bertransaksi tanpa bertatap muka atau melihat penjualnya. Belum lagi ketakutan bila pembayaran tak terkirim atau tak diterima. Atau barang tak dikirim, atau bahkan barang dikirim tetapi tak diterima.

Bidang Sosial
-- Positif:
  • Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antar manusia dari suatu tempat ke tempat yang lain
  • Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat
  • Informasi yang ada di masyarakat dapat langsung dipublikasikan dan diterima oleh masyarakat
-- Negatif:
  • Dengan makin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah,yang asalnya face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi hampa
  • Seseorang yang terus-menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis
  • Dengan pesatnya teknologi informasi, baik internet maupun media lainnya,membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau pornografi,pornoaksi,maupun kekerasan makin mudah
  • Interaksi anak dan computer yang bersifat satu (orang) menhadap satu (mesin) mengakibatkan anak menjadi tidak cerdas secara sosial
  • Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi "kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani.
Materi Ajar SBdP Tentang Nama-nama Interval Nada

Interval adalah jarak antara nada satu dengan nada yang lain. Interval juga bisa disebut selang nada 



Nama-nama interval atau selang nada yaitu :

Selang nada 1 – 1 disebut Prim

Selang nada 1 – 2 disebut Sekon

Selang nada 1 – 3 disebut Terts

Selang nada 1 – 4 disebut Kuart

Selang nada 1 – 5 disebut Kwint

Selang nada 1 – 6 disebut Sekst

Selang nada 1 – 7 disebut Septim

Selang nada 1 – 8 disebut Oktaf

Contoh :



Interval bisa digunakan untuk menyusun akord-akord trinada (tiga nada) dari suatu tangga nada, misalnya tangga nada C mayor. Untuk menyusun akord-akord trinada ada syaratnya dan syarat ini juga berlaku untuk menyusun akord trinada dari tangga nada mayor yang lain, misalnya F mayor, G mayor dsb.

Adapun syarat-syarat itu sebagai berikut :

a. Di atas nada dasar trinada kita tumpuk dua buah nada

b. Tumpukan kesatu berselang nada terts. (perhatikan : dihitung dari nada paling bawah!)

c.  Tumpukan kedua berselan nada kwint. (juga dihitung dari nada paling bawah)

Berikut ini contoh interval atau selang nada dalam akord-akord trinada dalam tangga nada C mayor :

 Tingkat I               : c – e, selang nada terts besar (1 ; 1)

                                c – g, selang nada kwint murni (1 ; 1 ; ½ ; 1)

Tingkat II              : d – f, selang nada terts kecil (1 ; ½ )

                                d – a, selang nada kwint murni (1 ; ½ ; 1 ; 1)

Tingkat III            : e – g, selang nada terts kecil ( ½ ; 1)

                               e – b, selang nada kwint murni ( ½ ; 1 ; 1 ; 1)

Tingkat IV            : f – a, selang nada terts besar (1 ; 1)

                               f – c’, selang nada kwint murni (1 ; 1 ; 1 ; ½)

Tingkat V             : g – b, selang nada terts besar (1 ; 1)

                               g – d’, selang nada kwint murni (1 ; 1 ; ½ ; 1)

Tingkat VI            : a – c’, selang nada terts kecil (1 ; ½ )

                                a – e’, selang nada kwint murni (1 ; ½ ; 1 ; 1)                       

Tingkat VII           : b – d’, selang nada terts kecil ( ½ ; 1)

                                b – f’, selang nada kwint kurang ( ½ ; 1 ; 1 ; ½ )

 contoh :


Dari uraian di atas, kesimpulannya adalah :

a. Akord trinada yang memiliki selang nada terts besar dan kwint murni disebut trinada besar atau akord mayor yakni tingkat I, IV dan V

b. Akord trinada yang memiliki selang nada terts kecil dan kwint murni disebut trinada kecil atau akord minor yakni tingkat II, III dan VI

c. Akord trinada yang memiliki selang nada terts kecil dan kwint kurang disebut trinada kurang atau akord diminished yakni tingkat VII

Materi Ajar Matematika Tentang Menyebutkan Bilangan Desimal Sampai Ribuan


Konsep Pecahan Desimal
Pecahan desimal adalah pecahan yang mempunyai penyebut khusus yaitu sepuluh, seratus, seribu, dan seterusnya.
a. Konsep persepuluhan
    Untuk penyebut persepuluhan maka dibelakang koma ada 1           angka yang merupakan angka pembilang.
    1/10 = 0,1
    1/2 = 5/10 = 0,5
b. Konsep perseratusan
    Untuk penyebut perseratusan maka dibelakang koma ada 2           angka, yang merupakan angka pembilang.
    1/100 = 0,01
    2/100 = 0,02
    3/4 = 75/100 = 0,75

. Konsep perseribuan
    Untuk penyebut perseribuan maka dibelakang koma ada 3             angka, yang merupakan angka pembilang.
    1/1000 = 0,001
    1/8 = 125/1000 = 0,125
Nilai Tempat Desimal
Untuk mempelajari bilangan pecahan desimal, kita perlu memahami nilai tempat dan arti dari penulisan bilangan pecahan desimal. Untuk itu, perhatikan bilangan-bilangan pecahan yang penyebutnya kelipatan 10  seperti  1/10 , 1/(100 ) , 1/1000 , dan  1/10000
Jika bilangan-bilangan pecahan itu ditulis dalam bentuk pecahan desimal, maka penulisannya adalah sebagai berikut:
1/10 ditulis 0,1
1/100 ditulis 0,01
1/1000 ditulis 0,001
1/10000 ditulis 0,0001
Nilai tempat pada pecahan desimal dapat dijelasakan seperti contoh di bawah ini
1 2 3 , 4 5 6
6= Perseribuan
5= Perseratusan
4= Persepuluhan
3= Satuan
2= Puluhan
1= Ratusan
Dengan memperhatikan sistem nilai tempat, kita dapat menyatakan bentuk panjang dari bilangan pecahan desimal seperti 456,789 yaitu
456,789 = 400+50+6+ 0,7 + 0,08 + 0,009
456,789 = 400 + 50 + 6 + 7/10 + 8/100 + 9/1000
456,789 = 400+50+6 + 700/1000 + 80/1000 + 9/1000
456,789 = 400 + 50 + 6 + 789/1000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar