Pages

Pages - Menu

Minggu, 31 Agustus 2025

BAHASA INDONESIA DAN MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 01 SEPTEMBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

MAPEL BAHASA INDONESIA

Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan membaca cerita "Awas! " Murid dapat memahami dan menggunakan kata - kata dengan tepat. 

Alur Tujuan Pembelajaran 

Murid membaca dan mengucapkan kata-kata yang panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengertahuannya terhadap kombinasi huruf. 

Materi : Memahami kosa kata baru. (Pada teks "Awas")

📖 Materi Pelajaran: Memahami Kosakata Baru dalam Teks “Awas!”

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik dapat:

Mengidentifikasi kosakata baru yang terdapat dalam teks cerita “Awas!”

Menjelaskan makna dari kosakata baru tersebut

Menggunakan kosakata baru dalam kalimat sederhana


B. Teks Cerita Pendek: "Awas!"

AWAS!

Hari itu, Dita dan Rino bermain sepeda di sekitar rumah. Mereka berlomba-lomba melintasi jalan kecil di samping sungai.

"Ayo balapan sampai pohon besar itu!" kata Rino sambil mengayuh cepat.

"Tunggu aku!" teriak Dita sambil tertawa.

Tiba-tiba, roda sepeda Dita terpeleset karena batu kecil di jalan. Ia hampir terjatuh ke arah sungai!

"AWAS, Dita!" Rino berteriak sambil cepat menghentikan sepedanya dan membantu Dita berdiri.

Untunglah Dita hanya tergores sedikit.

"Kamu harus hati-hati. Di sini bahaya kalau terlalu kencang," kata Rino.

"Iya, terima kasih sudah menolongku," jawab Dita.

Sejak itu, mereka sepakat untuk bermain sepeda dengan lebih hati-hati.


C. Kosakata Baru dari Teks "Awas!"

Kata Baru Makna

Awas Peringatan agar berhati-hati terhadap bahaya yang mungkin terjadi

Terpeleset Tergelincir atau kehilangan keseimbangan karena permukaan licin atau tidak rata

Menolong Memberikan bantuan kepada orang lain yang sedang kesulitan

Bahaya Keadaan yang bisa menyebabkan kecelakaan atau kerugian

Hati-hati Bersikap waspada agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan

Tergelincir Hampir sama dengan terpeleset; kehilangan pijakan

Tergores Luka ringan karena tergesek sesuatu yang tajam atau kasar

D. Contoh Kalimat Menggunakan Kosakata Baru

Awas – Awas, ada lubang besar di depan jalan!

Terpeleset – Rino terpeleset karena lantai kamar mandi licin.

Menolong – Ayah menolong nenek yang membawa barang berat.

Bahaya – Bermain di pinggir sungai sangat berbahaya.

Hati-hati – Ibu selalu berkata agar aku berjalan dengan hati-hati.

Tergelincir – Sepeda itu tergelincir karena jalan yang berlumpur.

Tergores – Tanganku tergores ranting saat bermain di kebun.


E. Latihan Singkat

1. Pilihlah arti kata yang benar!

a. Menolong artinya …

A. Membiarkan orang kesulitan

B. Memberi bantuan kepada orang lain

C. Marah kepada teman


b. Terpeleset terjadi karena …

A. Berlari sangat cepat

B. Permukaan yang licin atau tidak rata

C. Memanggil teman


2. Lengkapi kalimat berikut dengan kata yang tepat (pilih dari: awas, menolong, hati-hati, bahaya):

a. Ibu berkata, “___, jangan main api!”

b. Dika selalu ___ saat memegang benda tajam.

c. Polisi ___ orang tua menyeberang jalan.

d. Bermain di jalan raya bisa sangat ___.


F. Penutup

Memahami kosakata baru sangat penting agar kita lebih mudah memahami isi teks dan bisa berkomunikasi dengan lebih baik.

Jangan takut bertanya saat menemukan kata yang belum kamu mengerti!

MAPEL MATEMATIKA

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid dapat menyelesaikan  masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.

MATERI AJAR SOAL CERITA YANG MELIBATKAN OPERASI HITUNG UANG PERKALIAN DNA PEMBAGIAN

 Penjelasan Materi

1. Operasi Perkalian Uang

Digunakan ketika kita ingin mengetahui total harga beberapa barang yang sama.

Contoh:
Harga 1 buku = Rp5.000
Jika membeli 3 buku, maka total uang yang dibutuhkan:
➡️ Rp5.000 × 3 = Rp15.000

2. Operasi Pembagian Uang

Digunakan ketika kita ingin mengetahui harga satuan atau pembagian uang secara rata.

Contoh:
Uang Rp20.000 dibagikan kepada 4 orang sama banyak.
➡️ Rp20.000 ÷ 4 = Rp5.000 per orang


 Contoh Soal Cerita

✏️ Soal 1 – Perkalian

Ibu membeli 6 bungkus nasi goreng. Harga satu bungkus adalah Rp12.000.
Berapa total uang yang harus dibayar Ibu?

✅ Jawaban:
Rp12.000 × 6 = Rp72.000


✏️ Soal 2 – Perkalian

Ali membeli 4 pensil. Harga satu pensil adalah Rp2.500.
Berapa total harga semua pensil?

✅ Jawaban:
Rp2.500 × 4 = Rp10.000


✏️ Soal 3 – Pembagian

Dina memiliki uang Rp36.000 dan ingin membagikannya sama rata kepada 3 temannya.
Berapa uang yang diterima setiap teman?

✅ Jawaban:
Rp36.000 ÷ 3 = Rp12.000


✏️ Soal 4 – Pembagian

Satu pak permen berisi 10 permen dan harganya Rp15.000.
Jika Dito ingin membeli 1 permen saja, berapa harga satu permen?

✅ Jawaban:
Rp15.000 ÷ 10 = Rp1.500


✏️ Soal 5 – Campuran (Perkalian dan Pembagian)

Andi membeli 5 kotak kue. Setiap kotak berisi 8 kue, dan harga satu kue adalah Rp2.000.
Berapa total uang yang harus dibayar Andi?

✅ Langkah:

  • Total kue: 5 × 8 = 40 kue

  • Total harga: 40 × Rp2.000 = Rp80.000


 Latihan Soal Mandiri

  1. Rina membeli 7 potong roti. Jika harga satu roti Rp4.000, berapa total uang yang harus dibayar?

  2. Uang Rp60.000 dibagi kepada 5 anak sama rata. Berapa uang yang diterima setiap anak?

  3. Sebuah toko menjual 1 lusin gelas seharga Rp48.000. Berapa harga 1 gelas?

  4. Deni membeli 3 kotak pensil. Setiap kotak berisi 12 pensil, dan harga satu pensil adalah Rp1.500. Berapa total yang harus dibayar?

  5. Ayah membeli 4 bungkus gula. Harga satu bungkus gula adalah Rp13.000. Berapa total harga?


 Kesimpulan:

👉 Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melakukan pembelian atau pembagian uang. Dengan memahami operasi perkalian dan pembagian, kita bisa menyelesaikan soal-soal cerita dengan tepat dan cepat.

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL BAHASA INDONESIA, MATEMATIK KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

 REFLEKSI/KESIMPULAN:

1 komentar: