MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI RABU TANGGAL 03 APRIL 2024
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Dengan kegiatan berlatih, peserta didik dapat membandingkan informasi setelah membaca judul teks dengan informasi setelah membaca teks dengan tepat.
2. Dengan kegiatan berdiskusi tentang pelaksanaan tanggung jawab, peserta didik mampu menyebutkan tanggung jawab yang telah dilaksanakan beserta dampak melaksanakan tanggung jawab tersebut.
3. Dengan kegiatan mengamati poster, peserta didik mampu menyebutkan ciri-ciri poster dengan tepat
TEMA 6 : MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA
SUBTEMA 3 : MASYARAKAT SEJAHTERA, NEGARA KUAT
PEMBELAJARAN : 5 DAN 6
MUATAN BAHASA IINDONESIA (KD. 3.8 DAN 4.8)
MEMBANDINGKAN INFORMASI YANG SETELAH MEMBACA TEKS NONFIKSI DALAM BENTUK DIAGRAM
Kita dapat memperkirakan informasi yang terdapat pada teks nonfiksi dengan membaca judulnya. Setelah mencatat perkiraan tersedbut kita dapat membaca teks secara keseluruhan. Setelah itu catat lagi informasi yang diperoleh setelahb membaca keseluruhan teks. Tukis kembali adakah persamaan dan perbedaan dua cara tersebut.
Setelah mencatat persamaan dan perbedaan informasi tersebut, kita dapat menyajikannnya dalam bentuk diagram. Diagram memudahkan pembaca untuk mengetahui hasil dari penyajian data.
MUATAN PPKN (KD.3.2 DAN 4.2)
MELAKSANAKAN TANGGUNG JAWAB SEBAGAI WARGA NEGARA
Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.
- Memahami nilai-nilai luhur Pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
- Belajar dengan giat sesuai dengan program wajib belajar 12 tahun.
- Mempertahankan ideologi Pancasila sebagai dasar negara.
- Menjaga nama baik bangsa dan negara di mata dunia.
- Ikut menjaga kerukunan antar warga negara.
- Memahami wawasan nusantara dan menanamkan rasa nasionalisme.
- Menggunakan dan memelihara fasilitas umum dan sekolah sebagaimana mestinya.
- Kepatuhan terhadap hukum yang berlaku.
- Ikuti norma-norma yang berlaku menurut agama, adat istiadat dan lingkungan sekitar.
- Patuhi peraturan lalu lintas.
- Ikuti peraturan sekolah.
- Menghormati anggota keluarga, seluruh warga sekolah dan masyarakat pada umumnya.
MUATAN SBDP (KD. 3.1 DAN 4.1)
CIRI-CIRI MEMBUAT POSTER
Berikut adalah ciri-cirinya:
1. Sederhana
Sebagai media satu arah, poster dibuat dengan menggunakan metode yang sederhana. Baik itu sederhana secara tampilan atau ornamen-ornamen yang ada di dalam poster. Apabila poster dibuat, akan tetapi sulit untuk dipahami, itu artinya termasuk ke dalam kategori gagal posternya dalam menyampaikan maksud pesan.
Ciri sederhana itulah yang nantinya akan membuat orang-orang yang sengaja ataupun tidak sengaja melihat, langsung paham dengan pesan yang ada di dalam poster. Selain itu, desain yang dibuat juga sederhana karena biasanya poster akan ditempelkan di tiang listrik atau tempat-tempat umum yang sering dilewati oleh orang-orang.
Oleh karena itu, hanya dengan selintas saja orang melihat poster tersebut, mereka akan langsung memahami pesan yang ada di dalamnya.
2. Menyajikan Ide dan Bertujuan Mencapai Satu Tujuan Pokok
Ciri-ciri poster berikutnya yaitu menyajikan satu ide. Jika satu ide tersebut sudah tersampaikan, maka tujuan pokok dari poster juga demikian.
Misalnya, untuk tujuan kesehatan supaya terhindar dari kuman. Maka, poster tersebut akan menampilkan orang yang sedang mencuci tangan, menggunakan sabun anti kuman, dan lainnya yang menggambarkan kebersihan. Ide dan tujuannya yaitu supaya orang-orang menerapkan hidup bersih.
3. Berwarna
Idealnya, penampilan poster selalu berwarna. Dimana dari warna-warna yang ada akan dipadukan secara kreatif. Sehingga orang-orang akan tertarik untuk melihatnya. Apabila melihat poster yang tidak berwarna, maka mungkin itu termasuk poster zaman dulu yang hanya berwarna hitam dan putih saja.
Selain itu, biasanya poster juga tidak memuat hanya satu warna. Itu artinya, sebuah poster bisa saja memuat berbagai warna yang kemudian dikombinasikan. Satu warna dengan yang lainnya saling menyeimbangkan dan melengkapi.
4. Ada Slogan
Poster biasanya mempunyai kata-kata pamungkas. Umumnya akan ditampilkan secara jelas melalui kata-kata. Kata-kata tersebutlah yang dinamakan slogan.
Akan terasa aneh jika sebuah poster tidak ada slogan di dalamnya. Sebab, slogan tersebut bersifat menegaskan pesan yang ingin disampaikan. Sehingga, dengan adanya slogan tersebut, pesan akan langsung sampai kepada para pembaca yang melihatnya.
5. Tulisannya Jelas
Kejelasan dari sebuah tulisan dalam poster wajib hukumnya. Karena saat tulisan tersebut tidak jelas, maka pesan yang akan disampaikan juga sulit untuk dipahami.
Oleh karena itu, penjelasan singkat juga sangat dibutuhkan di dalam poster. Selain bisa mempertegas, hal itu juga akan menjelaskan slogan yang ada di dalam poster tersebut. Umumnya, penjelasan tulisan juga didesain dengan semenarik mungkin dan mudah untuk dipahami.
6. Motif
Ada motif ataupun maksud yang ingin dicapai si pembuat poster. Pembuat desain poster secara tersurat ataupun tidak akan menampilkan pesan pada desain visual poster. Poster tidak akan mungkin dibuat tanpa adanya motif tertentu.
Motif tersebut akan muncul menjadi ide. Lalu saat sudah menjadi ide, akhirnya diwujudkan melalui pengembangan desain visual yang diinginkan.
7. Tulisannya Bervariasi
Ciri-ciri poster yang terakhir adalah adanya tulisan yang bervariasi. Di dalam satu desain visual poster, bisa saja lebih dari dua ataupun tiga jenis tulisan. Bahkan, ukuran tulisan yang ada di dalam satu poster juga bisa sangat bervariasi. Tulisan yang sangat variatif ini mempunyai estetikanya sendiri dan pastinya akan mudah untuk dipahami.
LATIHAN SOAL TEMA 6 :
Sumber Artikel berjudul "25 Soal PAT Tema 6 kelas 6 SD MI Semester 2, Lengkap dengan Kunci Jawaban Tahun Ajaran 2021-2022", selengkapnya dengan link: https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-204272340/25-soal-pat-tema-6-kelas-6-sd-mi-semester-2-lengkap-dengan-kunci-jawaban-tahun-ajaran-2021-2022?page=all
Sumber Artikel berjudul "25 Soal PAT Tema 6 kelas 6 SD MI Semester 2, Lengkap dengan Kunci Jawaban Tahun Ajaran 2021-2022", selengkapnya dengan link: https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-204272340/25-soal-pat-tema-6-kelas-6-sd-mi-semester-2-lengkap-dengan-kunci-jawaban-tahun-ajaran-2021-2022?page=all
Pilihan Ganda
1. Bacalah teks bacaan berikut!
Bangsa Indonesia harus menyadari betapa mulia dan terpujinya
perjuangan para pahlawan. Pengorbanan diri sebagai pahlawan bangsa dalam
mencapai suatu kemerdekaan merupakan
wujud tekad yang kuat dalam
menentang penjajahan di muka bumi ini. Kemerdekaan Indonesia merupakan
anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri. Oleh karena itu
kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan tidak boleh
disia-siakan.
Menurut teks bacaan di atas, kemerdekaan Indonesia merupakan ....
a. bonus dari negara sekutu
b. anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri
c. hadiah negara lain
d. kenang-kenangan Jepang
Jawaban: b
2. Bacalah paragraf berikut!
Tak hanya sukses dengan muatan lokal untuk generasi muda, bentuk kepedulian Nadine terhadap lingkungan juga dibuktikan lewat revitalisasi taman kota. Bersama rekannya di Leaf Plus, ia membentuk gerakan dan kampanye bertajuk Hidden Park. Gerakan ini mencakup upaya mengaktifkan taman kota sebagai ruang publik kreatif sehingga menciptakan pengalaman baru berupa interaksi di Ruang Terbuka Hijau (RTH).
Paragraf di atas bertema tentang ....
a. pendidikan
b. keterampilan
c. kepedulian lingkungan
d. kemasyarakatan
Jawaban: c
3. Perhatikan teks bacaan berikut!
Tari klana topeng merupakan bentuk karya tari tunggal, Tari ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari klana topeng pada umumnya ditarikan oleh penari putra. Tema yang menjadi sumber tarian ini mengambil dari cerita Panji. Cerita itu tentang Raja Klana Sewandana yang sedang jatuh cinta. Berikut yang bukan merupakan informasi dari paragraf di atas adalah .
a. Tari klana topeng merupakan bentuk karya tari tunggal.
b. Tari klana topeng berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta.
c. Tari klana topeng pada umumnya ditarikan oleh penari putri.
d. Tema yang menjadi sumber tarian klana topeng mengambil dari cerita Panji.
Jawaban: c
4. Berikut yang merupakan ciri kata kunci suatu paragraf adalah .
a. kata awal paragraf
b. kata akhir paragraf
c. kata di tengah paragraf
d. kata yang selalu diulang-ulang
Jawaban: d
5. Gagasan utama dalam sebuah paragraf juga disebut ....
a. pokok pikiran
b. kalimat penjelas
c. kerangka pikiran
d. ringkasan
Jawaban: a
Teks bacaan untuk nomor 6-10.
Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau
perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung
jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya dilaksanakan dengan
cara memenuhi hak dan kewajibannya sebagai warga negara seperti yang
tercantum dalam landasan konstitusional negara Indonesia, yakni
Undang-Undang Dasar 1945. Berbagai bentuk sikap dan perilaku dapat
diwujudkan sebagai cermin dari tanggung jawab warga
negara Indonesia
dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah memahami dan
mengamalkan Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan, baik politik,
ekonomi, sosial maupun budaya.
6. Judul yang tepat untuk paragraf di atas adalah ....
Teks bacaan untuk nomor 6-10.
Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau
perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung
jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya dilaksanakan dengan
cara memenuhi hak dan kewajibannya sebagai warga negara seperti yang
tercantum dalam landasan konstitusional negara Indonesia, yakni
Undang-Undang Dasar 1945. Berbagai bentuk sikap dan perilaku dapat
diwujudkan sebagai cermin dari tanggung jawab warga
negara Indonesia
dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah memahami dan
mengamalkan Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan, baik politik,
ekonomi, sosial maupun budaya.
6. Judul yang tepat untuk paragraf di atas adalah ....
a. Tanggung Jawab sebagai Siswa
b. Tanggung Jawab Seorang Anak
c. Tanggung Jawab Warga Negara
d. Hak sebagai Warga Negara
Jawaban: c
7. Gagasan utama dari paragraf yang disajikan adalah ....
a. Hak warga negara terhadap negaranya.
b. Kewajiban warga negara kepada negaranya.
c. Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya.
d. Kewenangan warga negara terhadap bangsa dan negaranya.
Jawaban: c
8. Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
a. Berbagai bentuk sikap dan perilaku dapat diwujudkan sebagai cermin
dari tanggung jawab warga negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
b Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.
c. Pancasila sebagai nilai luhur bangsa.
d. Perwujudan dari sila ke empat Pancasila.
Jawaban: b
9. Kalimat utama paragraf yang disajikan terdapat pada. paragraf ....
a. awal
b. akhir
c. tengah
d. awal dan akhir
Jawaban: a
10. Paragraf yang disajikan termasuk teks ....
a. fiksi
b. nonfiksi
c. legenda
d. cerita
Jawaban: c
Tidak ada komentar:
Posting Komentar