MUATAN PPKN
Sikap positif terhadap keberagaman kegiatan ekonomi
Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain dapat dilihat dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi.
Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji dari produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.
Konsumen adalah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor). Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut (produsen, distributor, dan konsumen) akan saling berhubungan membentuk arus diagram ekonomi.
Setiap pelaku kegiatan ekonomi memiliki peran yang saling menguntungkan. Menurut kodratnya, manusia berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial, manusia akan berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain. Sebagai makhluk ekonomi, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun makhluk ekonomi, manusia hendaknya memiliki etika moral. Dengan etika moral, manusia dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang lain.
Bagaimana kita menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain? Cara menghargai kegiatan usaha ekonomi dapat dilakukan sebagai berikut.
- Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian.
- Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
- Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain.
- Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.
MUATAN SBDP
Syarat brosur yang baik
Brosur adalah media promosi iklan yang ditujukan kepada konsumen agar mengetahui kelebihan jasa dan produk atau knowledge yang ditawarkan dalam bentuk selembaran dan terbit hanya sekali.
Syarat brosur yang baik adalah :
- judul berukuran besar dan mudah terbaca
- Memiliki pesan tunggal.
- Memiliki isi yang jelas
- Memiliki tujuan menginformasikan produk, layanan, atau program kepada masyarakat luas.
- Memiliki desain menarik
- Tulisan jelas dan mudah terbaca oleh pembaca
- Bahasa mudah dipahami dan diingat
- judul berukuran besar dan mudah terbaca
- Memiliki pesan tunggal.
- Memiliki isi yang jelas
- Memiliki tujuan menginformasikan produk, layanan, atau program kepada masyarakat luas.
- Memiliki desain menarik
- Tulisan jelas dan mudah terbaca oleh pembaca
- Bahasa mudah dipahami dan diingat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar